Pengaruh Digitalisasi Produk Terhadap Keputusan Nasabah pada Pegadaian Cabang Bone
Siti Nurhaliza/01.18.5071 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh Digitalisasi Produk Terhadap Keputusan Nasabah pada
Pegadaian Cabang Bone menggunakan rumusan masalah 1) Digitalisasi produk
berpengaruh terhadap keputusan pada Pegadaian Cabang Bone. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah digitalisasi produk berpengaruh
terhadap keputusan pada Pegadaian Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Populasi dalam penelitian
ini adalah nasabah Pegadaian Cabang Bone tahun 2021 dengan menggunakan sampel
100 responden. Data-data tersebut diuji dengan uji validitas, uji reabilitas, uji
normalitas, uji regresi sederhana, uji korelasi, uji signifikansi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi produk berpengaruh terhadap
keputusan nasabah pada Pegadaian Cabang Bone dan memiliki hubungan korelasi
sedang. Implikasi pada penelitian ini adalah pihak Pegadaian harus terus melakukan
inovasi-inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan
produknya sehingga keputusan masyarakat dalam membeli produk semakin tinggi
dan hal ini akan memberikan keuntungan bagi Pegadaian.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian hipotesis yang
telah dibahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan tersebut adalah
digitalisasi produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah pada Pegadaian
Cabang Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa digitalisasi produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah
pada Pegadaian Cabang Bone. Hal ini mengandung implikasi bahwa pihak
Pegadaian harus terus melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan
teknologi digital dalam memasarkan produknya sehingga keputusan masyarakat
dalam membeli produk semakin tinggi dan hal ini akan memberikan keuntungan
bagi Pegadaian.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi pihak Pegadaian Cabang Bone agar terus meningkatkan pelayanan
digital yang diberikan karena hal ini terbukti menjadi faktor penting terkait
keputusan nasabah membeli produk.
2. Bagi peneliti selanjutnya, dengan adanya penelitian ini diharapkan mendorong
penelitian sejenis berikutnya agar tercipta suatu penelitian yang saling
melengkapi. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini masih sangat sederhana
sehingga masih perlu pengembangan untuk peneliti berikutnya sehingga
penelitian menjadi lebih luas dan menyeluruh.
Pegadaian Cabang Bone menggunakan rumusan masalah 1) Digitalisasi produk
berpengaruh terhadap keputusan pada Pegadaian Cabang Bone. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah digitalisasi produk berpengaruh
terhadap keputusan pada Pegadaian Cabang Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Populasi dalam penelitian
ini adalah nasabah Pegadaian Cabang Bone tahun 2021 dengan menggunakan sampel
100 responden. Data-data tersebut diuji dengan uji validitas, uji reabilitas, uji
normalitas, uji regresi sederhana, uji korelasi, uji signifikansi, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi produk berpengaruh terhadap
keputusan nasabah pada Pegadaian Cabang Bone dan memiliki hubungan korelasi
sedang. Implikasi pada penelitian ini adalah pihak Pegadaian harus terus melakukan
inovasi-inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan
produknya sehingga keputusan masyarakat dalam membeli produk semakin tinggi
dan hal ini akan memberikan keuntungan bagi Pegadaian.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian hipotesis yang
telah dibahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan tersebut adalah
digitalisasi produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah pada Pegadaian
Cabang Bone.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa digitalisasi produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah
pada Pegadaian Cabang Bone. Hal ini mengandung implikasi bahwa pihak
Pegadaian harus terus melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan
teknologi digital dalam memasarkan produknya sehingga keputusan masyarakat
dalam membeli produk semakin tinggi dan hal ini akan memberikan keuntungan
bagi Pegadaian.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi pihak Pegadaian Cabang Bone agar terus meningkatkan pelayanan
digital yang diberikan karena hal ini terbukti menjadi faktor penting terkait
keputusan nasabah membeli produk.
2. Bagi peneliti selanjutnya, dengan adanya penelitian ini diharapkan mendorong
penelitian sejenis berikutnya agar tercipta suatu penelitian yang saling
melengkapi. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini masih sangat sederhana
sehingga masih perlu pengembangan untuk peneliti berikutnya sehingga
penelitian menjadi lebih luas dan menyeluruh.
Ketersediaan
| SFEBI20220157 | 157/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
157/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
