Urgensi Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Penyelenggaraan Administrasi Yang Efektif di SMP 9 Watampone Kab. Bone
Muh. Akbar/02.14. 3188 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Pemberdayaan Tenaga Kependidikan
Dalam Penyelenggaraan Administrasi Yang Efektif di SMP 9 Watampone Kab.
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan
tenaga kependidikan, administrasi yang efektif dan konstribusi tenaga kependidikan
dalam penyelenggaraan administrasi yang efektif di SMP 9 Watampone Kab. Bone.
Metode digunakan penelitifield research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di perolehdiolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Urgensi
Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Penyelenggaraan Administrasi Yang
Efektif di SMP 9 Watampone Kab.Bone. dalam menganalisis data, penulis
menggunakan reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, a). perencanaan kepala sekolah di
SMP 9 Watampone, Kab. Bone telah menetapkan tenaga kependidikan yang
berkualitas sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik. b). pemberdayaan
tenaga kependidikan di SMP 9 Watampone, Kab. Bone sangat baik dalam
menjalangkan tugas dengan membagi tugas masing-masing mulai dari kesiswaan
sampai dengan sarana dan prasarana sehingga tenaga kependidikan mampu
mengelola dan mengevaluasi tugasnya dengan baik. c). penyelenggaraan administrasi
di SMP 9 Watampone, Kab. Bone terlaksana dengan baik adanya ketersediaan sarana
dan prasarana kerja merupakan faktor penting mendukung kelancaran pelayanan
administrasi di sekolah dan juga kepala tata usaha sebagai pemimpin sangat
berkomitmen dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dan bisa menjadi
suri teladan yang baik kepada bawahan dengan hal yang positif. Hal ini dibuktikan
dengan mengupayakan berbagai bentuk kedisiplinan waktu, mematuhi tata tertib
sekolah dan meneladani bawahan dengan bersikap humoris.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitin yang penulis yang lakukan maka disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pemberdayaan tenaga kependidikan di smp 9 watampone cukup kondusif
karena di dukung oleh komunikasi yang memberikan informasi tentang
perkembangan pada pemberdayaan tenaga kependidikan dengan baik, di
tunjang oleh kepribadian kepala sekolah yang patut di contoh serta keahlian
dalam memipin. Selain itu ditunjang pula oleh kesedian manerima saran serta
senantiasa memotivasi kepala sekolah yang dipimpinnya.
2. Penyelenggaraan administrasi yang efektif dapat dikatakan baik, hal itu
dibuktikan dimana para tenaga administrasi di sekolah tersebut cukup
menghargai waktu, dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Meraka
menunjukkan merolitas yang lebih tinggi dan bertanggung jawab dalam
memajukan sekolah di samping itu, mereka juga bersikap jujur dan percaya
diri dalam melaksanakan tugasnya.
B. Saran
Berdasarkan hasil peneitian tersebut, terdapat beberapa implikasi dan
rekomendasi kepada pihak yang berkompeten demi meningkatkan proses tenaga
kependidikan .
1. Kepada pihak kepala sekolah, hendaknya selalu memberikan motivasi dan
dukungan kepada para tenaga kependidikan di lapangan untuk menunjang
dalam proses pemberdayaan tenaga kependidikan berjalan dengan baik karena
tanpa adanya tenaga kependidikan di sekolah tidak akan berjalannya suatu
proses pendidikan.
2. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan administrasi
material dan keuangan, administrasi personil, administrasi pelayanan,
administrasi sarana dan prasarana.
Maka kepala sekolah menyediakan kebutuhan tersebut untuk
menyesuaikan perilaku yang berorientasi pada tujan, meskin pun menjadi tenaga
kependidikan adalah pilihan seseorang kembali di luruskan bahwa potensi yang
di miliki manusia dalam adalah ketentuan yang di berikan oleh Allah SWT, jadi
bahwa segala potensi yang dimiliki oleh manusia adalah ketetapaan dari Allah
SWT, dan barus di terima dengan sabar yang hadapi seorang guru.
Dalam Penyelenggaraan Administrasi Yang Efektif di SMP 9 Watampone Kab.
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan
tenaga kependidikan, administrasi yang efektif dan konstribusi tenaga kependidikan
dalam penyelenggaraan administrasi yang efektif di SMP 9 Watampone Kab. Bone.
Metode digunakan penelitifield research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di perolehdiolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Urgensi
Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Penyelenggaraan Administrasi Yang
Efektif di SMP 9 Watampone Kab.Bone. dalam menganalisis data, penulis
menggunakan reduksi data, display data, conclusion drawing/verification (penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, a). perencanaan kepala sekolah di
SMP 9 Watampone, Kab. Bone telah menetapkan tenaga kependidikan yang
berkualitas sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik. b). pemberdayaan
tenaga kependidikan di SMP 9 Watampone, Kab. Bone sangat baik dalam
menjalangkan tugas dengan membagi tugas masing-masing mulai dari kesiswaan
sampai dengan sarana dan prasarana sehingga tenaga kependidikan mampu
mengelola dan mengevaluasi tugasnya dengan baik. c). penyelenggaraan administrasi
di SMP 9 Watampone, Kab. Bone terlaksana dengan baik adanya ketersediaan sarana
dan prasarana kerja merupakan faktor penting mendukung kelancaran pelayanan
administrasi di sekolah dan juga kepala tata usaha sebagai pemimpin sangat
berkomitmen dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya dan bisa menjadi
suri teladan yang baik kepada bawahan dengan hal yang positif. Hal ini dibuktikan
dengan mengupayakan berbagai bentuk kedisiplinan waktu, mematuhi tata tertib
sekolah dan meneladani bawahan dengan bersikap humoris.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitin yang penulis yang lakukan maka disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pemberdayaan tenaga kependidikan di smp 9 watampone cukup kondusif
karena di dukung oleh komunikasi yang memberikan informasi tentang
perkembangan pada pemberdayaan tenaga kependidikan dengan baik, di
tunjang oleh kepribadian kepala sekolah yang patut di contoh serta keahlian
dalam memipin. Selain itu ditunjang pula oleh kesedian manerima saran serta
senantiasa memotivasi kepala sekolah yang dipimpinnya.
2. Penyelenggaraan administrasi yang efektif dapat dikatakan baik, hal itu
dibuktikan dimana para tenaga administrasi di sekolah tersebut cukup
menghargai waktu, dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Meraka
menunjukkan merolitas yang lebih tinggi dan bertanggung jawab dalam
memajukan sekolah di samping itu, mereka juga bersikap jujur dan percaya
diri dalam melaksanakan tugasnya.
B. Saran
Berdasarkan hasil peneitian tersebut, terdapat beberapa implikasi dan
rekomendasi kepada pihak yang berkompeten demi meningkatkan proses tenaga
kependidikan .
1. Kepada pihak kepala sekolah, hendaknya selalu memberikan motivasi dan
dukungan kepada para tenaga kependidikan di lapangan untuk menunjang
dalam proses pemberdayaan tenaga kependidikan berjalan dengan baik karena
tanpa adanya tenaga kependidikan di sekolah tidak akan berjalannya suatu
proses pendidikan.
2. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan administrasi
material dan keuangan, administrasi personil, administrasi pelayanan,
administrasi sarana dan prasarana.
Maka kepala sekolah menyediakan kebutuhan tersebut untuk
menyesuaikan perilaku yang berorientasi pada tujan, meskin pun menjadi tenaga
kependidikan adalah pilihan seseorang kembali di luruskan bahwa potensi yang
di miliki manusia dalam adalah ketentuan yang di berikan oleh Allah SWT, jadi
bahwa segala potensi yang dimiliki oleh manusia adalah ketetapaan dari Allah
SWT, dan barus di terima dengan sabar yang hadapi seorang guru.
Ketersediaan
| STAR20210143 | 143/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
143/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
