Efektivitas Metode Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Media Manipulatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDN 4 Manurungnge Kabupaten Bone
Ufi Puspita Sari Umar/ 02.18.5001 - Personal Name
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari penerapan
metode Realistic Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 4
Manurungnge Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitan one sample
group pretest-posttest. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Tes
digunakan untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata
pelajaran matematika di SDN 4 Manurungnge Kabupaten Bone. Kemudian dilakukan
analisis data menggunakan analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan hasil
belajar peserta didik dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui
program Statistical Package Sosial Science (SPSS) Versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode Realistic Mathematic
Education (RME) berbasis media manipulatif memiliki pengaruh terhadap hasil
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dimana sebelum diberikan perlakuan
rata-rata nilai Pre-test siswa sebesar 35 dan mengalami peningkatan menjadi 84,20
setelah diterapkannya metode RME. Terdapat perbedaan setelah diterapkannya
metode RME berbasis media manipulatif. Metode RME efektif meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran matematika di
SDN 4 Manurungnge Kabupaten Bone. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji
keefektifan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menggunakan
uji One-Sample T-Test dengan menggunakan fasilitas komputer pengolah data
melalui software windows SPSS (Statistical Package Sosial Science) versi 26,
diperoleh hasil nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai
alpha 0,05 (p-value < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis null ( ) ditolak.
Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan metode
Realistic Mathematic Education berbasis media manipulatif efektif ditinjau dari
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas metode
realistic mathematic education (RME) berbasis media manipulatif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 4
Manurungnge Kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan:
1. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diajarkan metode
Realistic Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif
memiliki nilai rata-rata sebesar 35,00, standar deviasi sebesar 15,022 dan
persentase ketuntasan sebesar 8%. Setelah diterapkan metode Realistic
Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif kemampuan
pemecahan masalah peserta didik memiliki rata-rata sebesar 84,20, standar
deviasi sebesar 8,602 dan persentase ketuntasan sebesar 92%.
2. Pembelajaran dengan metode Realistic Mathematic Education (RME)
berbasis media manipulatif efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran matematika.
3. Ada perbedaan antara sebelum dan setelah diterapkannya metode Realistic
Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan temuan
yang diperoleh selama proses pelaksanaan penelitian, maka peneliti
memberikan saran yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya yang
serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun saran-saran
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan agar dapat menerapkan metode realistic mathematic
education (RME) berbasis media manipulatif dalam proses pembelajaran,
dengan meyesuaikan karakteristik mata pelajaran dalam rangkat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, khususnya
pada mata pelajaran matematika.
2. Setiap metode maupun media pembelajaran memilki karakteristik, serta
kelebihan dan kelemahan tersendiri. Oleh karena itu guru harus mampu
memilih matode maupun media pembelajaran yang efektif dan sesuai
dengan materi yang diajarkan, tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
waktu serta saran dan prasarana yang dimiliki.
3. Kepada pihak sekolah hendaknya memberikan dorongan dan arahan kepada
guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai serra pengenalan
media pembelajaran kepada siswa.
metode Realistic Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 4
Manurungnge Kabupaten Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitan one sample
group pretest-posttest. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Tes
digunakan untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata
pelajaran matematika di SDN 4 Manurungnge Kabupaten Bone. Kemudian dilakukan
analisis data menggunakan analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan hasil
belajar peserta didik dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui
program Statistical Package Sosial Science (SPSS) Versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode Realistic Mathematic
Education (RME) berbasis media manipulatif memiliki pengaruh terhadap hasil
kemampuan pemecahan masalah peserta didik dimana sebelum diberikan perlakuan
rata-rata nilai Pre-test siswa sebesar 35 dan mengalami peningkatan menjadi 84,20
setelah diterapkannya metode RME. Terdapat perbedaan setelah diterapkannya
metode RME berbasis media manipulatif. Metode RME efektif meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran matematika di
SDN 4 Manurungnge Kabupaten Bone. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji
keefektifan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menggunakan
uji One-Sample T-Test dengan menggunakan fasilitas komputer pengolah data
melalui software windows SPSS (Statistical Package Sosial Science) versi 26,
diperoleh hasil nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai
alpha 0,05 (p-value < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis null ( ) ditolak.
Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan metode
Realistic Mathematic Education berbasis media manipulatif efektif ditinjau dari
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas metode
realistic mathematic education (RME) berbasis media manipulatif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN 4
Manurungnge Kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan:
1. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebelum diajarkan metode
Realistic Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif
memiliki nilai rata-rata sebesar 35,00, standar deviasi sebesar 15,022 dan
persentase ketuntasan sebesar 8%. Setelah diterapkan metode Realistic
Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif kemampuan
pemecahan masalah peserta didik memiliki rata-rata sebesar 84,20, standar
deviasi sebesar 8,602 dan persentase ketuntasan sebesar 92%.
2. Pembelajaran dengan metode Realistic Mathematic Education (RME)
berbasis media manipulatif efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran matematika.
3. Ada perbedaan antara sebelum dan setelah diterapkannya metode Realistic
Mathematic Education (RME) berbasis media manipulatif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan temuan
yang diperoleh selama proses pelaksanaan penelitian, maka peneliti
memberikan saran yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian selanjutnya yang
serupa dengan penelitian ini bisa berjalan lebih baik. Adapun saran-saran
tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan agar dapat menerapkan metode realistic mathematic
education (RME) berbasis media manipulatif dalam proses pembelajaran,
dengan meyesuaikan karakteristik mata pelajaran dalam rangkat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, khususnya
pada mata pelajaran matematika.
2. Setiap metode maupun media pembelajaran memilki karakteristik, serta
kelebihan dan kelemahan tersendiri. Oleh karena itu guru harus mampu
memilih matode maupun media pembelajaran yang efektif dan sesuai
dengan materi yang diajarkan, tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
waktu serta saran dan prasarana yang dimiliki.
3. Kepada pihak sekolah hendaknya memberikan dorongan dan arahan kepada
guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai serra pengenalan
media pembelajaran kepada siswa.
Ketersediaan
| STAR20220276 | 276/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
276/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
