Penerapan Melalui Gambar Dalam Mengembangkan Pengenalan Huruf Pada siswa TK Bhayangkari Kec. Tanete Riattang Kab. Bone.

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode gambar
dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada siswa Kelompok B TK
Bhayangkari. 2) Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam kemampuan
pengenalan huruf melalui metode gambar.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1) Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan
oleh pendidik atau guru TK BHYANGKARI Kec. Tanete Riattang Kab. Bone dalam
penerapan melului gambar dalam mengembangkan pengenalan huruf pada siswa
kelompok B Yaitu : 1) Pendidik selaku yang mengarahkan dan membimbing siswa
mampu mengajarkan metode gambar pada siswa kelompok B TK Bhayangkari,
dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada siswa dalam bentuk
metode gambar. Baik dalam bentuk gambar tiga dimensi benda sekitar dan suara.
2) Siswa sebagai murid dalam hal ini telah mampu memperlihatkan dan menjelaskan
metode gambar dalam bentuk huruf,angka di depan teman-temannya, Namun dalam
penerapan ini masih ada juga siswa yang belum mampu dalam hal tersebut. Serta
perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf melalui metode gambar
memiliki sisi baik dan berguna bagi pendidik dalam mengajar siswa di TK
Bhayangkari kelompok B walaupun tidak semua siswa cepat dalam menanggapi
metode gambar tersebut.
A. Simpulan
1. Penerapan metode gambar dalam mengembangkan kemampuan
pengenalan huruf pada siswa Kelompok B TK Bhayangkari yaitu :
a. Guru mampu memperlihatkan benda-benda yang nyata dan digunakan
sebagai bahan belajar
b. Guru memanfaatkan gambar tiga dimensi
c. Guru memperlihatkan gambar display yang dipasang di tempat tertentu
2. perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf melalui metode
gambar
a. Siswa mampu membaca gambar yang dalam satu halaman hanya
memuat satu jenis gambar
b. Siswa mampu mengenal gambar dan huruf dengan cara membaca huruf
yang sesuai dengan huruf awal gambar
c. Siswa mampu mengeal gambar dan kata dengan cara memperlihatkan
gambar dan tulisan makna gambar, anak sudah mampu mengusai kosa
kata dan anak sudah mampu mebaca buku maupun surat kabar
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui penerapan metode gambar dalam kemamuan pengenalan
huruf sebagaimana guru mengajarkan metode gambar pada siswa kelompok B
TK Bhayangkari, dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada
siswa dalam bentuk metode gambar. Baik dalam bentuk gambar tiga dimensi,
benda sekitarnya dan suara.
2. Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf
melalui metode gambar dimana siswa sebagai murid mampu memperlihatkan dan
menjelaskan metode gambar dalam bentuk huruf, angka di depan teman-
temannya. Namun dalam penerapan ini masih ada juga siswa yang belum mampu
dalam hal tersebut.
3. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman
serta menjadi pedoman secara mendalam kepada penulis dan pembaca
Ketersediaan
STAR20220308308/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

308/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top