Penerapan Melalui Gambar Dalam Mengembangkan Pengenalan Huruf Pada siswa TK Bhayangkari Kec. Tanete Riattang Kab. Bone.
Tiara Lestari/02.18.6026 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode gambar
dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada siswa Kelompok B TK
Bhayangkari. 2) Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam kemampuan
pengenalan huruf melalui metode gambar.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1) Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan
oleh pendidik atau guru TK BHYANGKARI Kec. Tanete Riattang Kab. Bone dalam
penerapan melului gambar dalam mengembangkan pengenalan huruf pada siswa
kelompok B Yaitu : 1) Pendidik selaku yang mengarahkan dan membimbing siswa
mampu mengajarkan metode gambar pada siswa kelompok B TK Bhayangkari,
dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada siswa dalam bentuk
metode gambar. Baik dalam bentuk gambar tiga dimensi benda sekitar dan suara.
2) Siswa sebagai murid dalam hal ini telah mampu memperlihatkan dan menjelaskan
metode gambar dalam bentuk huruf,angka di depan teman-temannya, Namun dalam
penerapan ini masih ada juga siswa yang belum mampu dalam hal tersebut. Serta
perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf melalui metode gambar
memiliki sisi baik dan berguna bagi pendidik dalam mengajar siswa di TK
Bhayangkari kelompok B walaupun tidak semua siswa cepat dalam menanggapi
metode gambar tersebut.
A. Simpulan
1. Penerapan metode gambar dalam mengembangkan kemampuan
pengenalan huruf pada siswa Kelompok B TK Bhayangkari yaitu :
a. Guru mampu memperlihatkan benda-benda yang nyata dan digunakan
sebagai bahan belajar
b. Guru memanfaatkan gambar tiga dimensi
c. Guru memperlihatkan gambar display yang dipasang di tempat tertentu
2. perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf melalui metode
gambar
a. Siswa mampu membaca gambar yang dalam satu halaman hanya
memuat satu jenis gambar
b. Siswa mampu mengenal gambar dan huruf dengan cara membaca huruf
yang sesuai dengan huruf awal gambar
c. Siswa mampu mengeal gambar dan kata dengan cara memperlihatkan
gambar dan tulisan makna gambar, anak sudah mampu mengusai kosa
kata dan anak sudah mampu mebaca buku maupun surat kabar
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui penerapan metode gambar dalam kemamuan pengenalan
huruf sebagaimana guru mengajarkan metode gambar pada siswa kelompok B
TK Bhayangkari, dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada
siswa dalam bentuk metode gambar. Baik dalam bentuk gambar tiga dimensi,
benda sekitarnya dan suara.
2. Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf
melalui metode gambar dimana siswa sebagai murid mampu memperlihatkan dan
menjelaskan metode gambar dalam bentuk huruf, angka di depan teman-
temannya. Namun dalam penerapan ini masih ada juga siswa yang belum mampu
dalam hal tersebut.
3. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman
serta menjadi pedoman secara mendalam kepada penulis dan pembaca
dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada siswa Kelompok B TK
Bhayangkari. 2) Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam kemampuan
pengenalan huruf melalui metode gambar.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1) Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan
oleh pendidik atau guru TK BHYANGKARI Kec. Tanete Riattang Kab. Bone dalam
penerapan melului gambar dalam mengembangkan pengenalan huruf pada siswa
kelompok B Yaitu : 1) Pendidik selaku yang mengarahkan dan membimbing siswa
mampu mengajarkan metode gambar pada siswa kelompok B TK Bhayangkari,
dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada siswa dalam bentuk
metode gambar. Baik dalam bentuk gambar tiga dimensi benda sekitar dan suara.
2) Siswa sebagai murid dalam hal ini telah mampu memperlihatkan dan menjelaskan
metode gambar dalam bentuk huruf,angka di depan teman-temannya, Namun dalam
penerapan ini masih ada juga siswa yang belum mampu dalam hal tersebut. Serta
perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf melalui metode gambar
memiliki sisi baik dan berguna bagi pendidik dalam mengajar siswa di TK
Bhayangkari kelompok B walaupun tidak semua siswa cepat dalam menanggapi
metode gambar tersebut.
A. Simpulan
1. Penerapan metode gambar dalam mengembangkan kemampuan
pengenalan huruf pada siswa Kelompok B TK Bhayangkari yaitu :
a. Guru mampu memperlihatkan benda-benda yang nyata dan digunakan
sebagai bahan belajar
b. Guru memanfaatkan gambar tiga dimensi
c. Guru memperlihatkan gambar display yang dipasang di tempat tertentu
2. perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf melalui metode
gambar
a. Siswa mampu membaca gambar yang dalam satu halaman hanya
memuat satu jenis gambar
b. Siswa mampu mengenal gambar dan huruf dengan cara membaca huruf
yang sesuai dengan huruf awal gambar
c. Siswa mampu mengeal gambar dan kata dengan cara memperlihatkan
gambar dan tulisan makna gambar, anak sudah mampu mengusai kosa
kata dan anak sudah mampu mebaca buku maupun surat kabar
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui penerapan metode gambar dalam kemamuan pengenalan
huruf sebagaimana guru mengajarkan metode gambar pada siswa kelompok B
TK Bhayangkari, dalam mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada
siswa dalam bentuk metode gambar. Baik dalam bentuk gambar tiga dimensi,
benda sekitarnya dan suara.
2. Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam kemampuan pengenalan huruf
melalui metode gambar dimana siswa sebagai murid mampu memperlihatkan dan
menjelaskan metode gambar dalam bentuk huruf, angka di depan teman-
temannya. Namun dalam penerapan ini masih ada juga siswa yang belum mampu
dalam hal tersebut.
3. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman
serta menjadi pedoman secara mendalam kepada penulis dan pembaca
Ketersediaan
| STAR20220308 | 308/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
308/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
