Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Pada Mata Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang Di Kab. Bone
Rina Srianingsih/02.15.5012 - Personal Name
enelitian ini membahas “Pengaruh Model pembelajaran Team Quiz dalam
Mata Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MI Syamsu
Rasyidi Majang di Kab. Bone”. Hal yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana
tahapan pelaksanaan Pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran Tematik di Kelas
IV MI Syamsu Rasyidi Majang di Kab.Bone dan Bagaimana Keaktifan Siswa Setelah
Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz oleh Guru di kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kab.Bone.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis
penelitian kuantitatif dengan metode survey, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan pedagogik dan pendekatan psikologis. Lokasi penelitian di MI Syamsu
Rasyidi Majang di Kab. Bone, adapun populasi 22 orang dan menggunkan sampel
Jenuh. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Observasi, Angket,
dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat dilihat dari nilai analisis
respon peserta didik dengan jumlah rata-rata adalah 65.36, presentase dan kriteria
adalah 72.62%,
dan termasuk kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran team quiz pada mata pelajaran tematik ini baik digunakan
di kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang di Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya mengenai pengaruh model pembelajaran team quiz terhadap
keaktifan siswa pada mata pelajaran Tematik kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Tahap model pembelajaran teamquiz pada mata pelajaran tematik di kelas
IV MI Syamsu Rasyidi Majang adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan
Team Quizini baik untuk digunakan di Sekolah, sesuai dengan proses
pembelajaran guru yang mengacu kepada Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan
inti, dan kegiatan penutup.
2. Keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Team Quiz oleh
guru di kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang adalah termasuk kategori
Baik karena menunjukkan nilai rata-rata yaitu 65.36, dengan presentase
72.62%. Hal ini berarti hipotesis H1 diterima. Dengan demikian, ada
pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran team quiz terhadap
keaktifan siswa pada mata pelajaran Tematik kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
B. Implikasi
Telah terbuktinya model pembelajaran team quiz dapat meningkatan
keaktifan siswa pada mata pelajaran tematik, maka penulis sarankan hal-hal
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
pembelajaran team quiz sebagai suatu alternative untuk meningkatkan
keaktifan siswa.
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk model pembelajaran team quiz lainnya sehingga
terdapat variasi dalam penambahan wawasan tentang keaktifan siswa.
Mata Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MI Syamsu
Rasyidi Majang di Kab. Bone”. Hal yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana
tahapan pelaksanaan Pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran Tematik di Kelas
IV MI Syamsu Rasyidi Majang di Kab.Bone dan Bagaimana Keaktifan Siswa Setelah
Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz oleh Guru di kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kab.Bone.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis
penelitian kuantitatif dengan metode survey, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan pedagogik dan pendekatan psikologis. Lokasi penelitian di MI Syamsu
Rasyidi Majang di Kab. Bone, adapun populasi 22 orang dan menggunkan sampel
Jenuh. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Observasi, Angket,
dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dapat dilihat dari nilai analisis
respon peserta didik dengan jumlah rata-rata adalah 65.36, presentase dan kriteria
adalah 72.62%,
dan termasuk kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran team quiz pada mata pelajaran tematik ini baik digunakan
di kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang di Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada
bab sebelumnya mengenai pengaruh model pembelajaran team quiz terhadap
keaktifan siswa pada mata pelajaran Tematik kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Tahap model pembelajaran teamquiz pada mata pelajaran tematik di kelas
IV MI Syamsu Rasyidi Majang adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan
Team Quizini baik untuk digunakan di Sekolah, sesuai dengan proses
pembelajaran guru yang mengacu kepada Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), terdapat tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan
inti, dan kegiatan penutup.
2. Keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Team Quiz oleh
guru di kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang adalah termasuk kategori
Baik karena menunjukkan nilai rata-rata yaitu 65.36, dengan presentase
72.62%. Hal ini berarti hipotesis H1 diterima. Dengan demikian, ada
pengaruh yang sangat signifikan model pembelajaran team quiz terhadap
keaktifan siswa pada mata pelajaran Tematik kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
B. Implikasi
Telah terbuktinya model pembelajaran team quiz dapat meningkatan
keaktifan siswa pada mata pelajaran tematik, maka penulis sarankan hal-hal
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
pembelajaran team quiz sebagai suatu alternative untuk meningkatkan
keaktifan siswa.
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk model pembelajaran team quiz lainnya sehingga
terdapat variasi dalam penambahan wawasan tentang keaktifan siswa.
Ketersediaan
| STAR20210081 | 81/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
81/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
