Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Organisasi yang Kondusif di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khaer Mare Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini merupakan pembahasan mengenai peran kepala sekolah dalam
menciptakan iklim organisasi yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khaer
Mare Kabupaten. Hal ini penting untuk dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui Taraf Iklim Organisasi dan Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan
Iklim Organisasi yang kondusif di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khaer Mare
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara
(interview)dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif,
Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepala sekolah di
Madrasah Miftahul Khaer mare kabupaten Bone sebagai pemimpin, admistrator dan
manager dalam menciptakan iklim organisasi telah melaksanakan tugas dan
tanggung jawabnya dengan baik. Dapat dilihat dari cara beliau memperlakukan
bawahannya dengan adil, tidak menegur didepan umum apabila bawahannya
melakukan kesalahan, selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang akan peserta didik
laksanakan selama itu positif dan selalu menyapa apabila berpapasan dengan warga
Madrasah. Selain itu kepala madrasah juga selalu memberikan bimbingan, arahan dan
motivasi kepada pendidik dan peserta didik. Iklim organisasi yang kondusif tersebut
telah direncanakan dengan baik, demi tercapainya visi atau tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya. 2) Kepala madrasah di Madrasah Miftahul Khaer mare
kabupaten Bone sebagai pendidik, innovator dan motivator dalam menciptakan iklim
organisasi yang kondusif melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.
Dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang telah dilakasanakan seperti kerja bakti dan
rapat sekolah. Kegiatan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku di sekolah dan
berjalanan dengan efektif dan efisien.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai peran kepala sekolah dalam menciptakan iklim organisasi yang
kondusif di Madrasah Miftahul Khaer mare kabupaten Bone, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Kepala sekolah di Madrasah Miftahul Khaer Mare Kabupaten Bone sebagai
pemimpin, admistrator dan manager dalam menciptakan iklim organisasi telah
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Dapat dilihat dari
cara beliau memperlakukan bawahannya dengan adil, tidak menegur didepan
umum apabila bawahannya melakukan kesalahan, selalu mendukung kegiatan-
kegiatan yang akan peserta didik laksanakan selama itu positif dan selalu
menyapa apabila berpapasan dengan warga Madrasah. selain itu kepala
madrasah juga selalu memberikan bimbingan, arahan dan motivasi kepada
pendidik dan peserta didik. Tapi masih ada beberapa masalah yang terjadi
dalam sekolah tersebut maka dari itu kita menciptakan iklim organisasi yang
kondusif tersebut dengan baik yang telah direncanakan, demi tercapainya visi
atau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
2. Kepala madrasah di Madrasah Miftahul Khaer Mare Kabupaten Bone sebagai
pendidik, innovator dan motivator dalam menciptakan iklim organisasi yang
kondusif melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Dapat
dilihat dari beberapa kegiatan yang telah dilakasanakan seperti kerja bakti dan
rapat sekolah. Kegiatan tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku di
sekolah dan berjalanan dengan efektif dan efisien.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Kepada kepala madrasah di Madrasah Miftahul Khaer Mare Kabupaten Bone,
hendaknya lebih menegaskan dam memperhatikan guru, staf dan pesereta didik
dalam proses pelaksanaan organisasi sehingga iklim menjadi kondusif atau
lebih baik. Menaati peraturan yang berlaku dalam sekolah sehingga berjalan
dengan efektif dan efisien.
2. Kepada guru dan pegawai/staf di Madrasah Miftahul Khaer Mare Kabupaten
Bone, hendaknya lebih antusias dan teliti dalam memberikan pelajaran kepada
peserta didik. selain itu dalam proses belajar mengajar agar kiranya tetap
memberikan arahan yang dapat menciptakan iklim oragnisasi yang kondusif
agar mereka terarahkan dalam melakukan hal-hal yang baik dan tidak
melanggar aturan-aturan yang telah ditetapkan di Sekolah.
3. Kepada peserta didik di Madrasah Miftahul Khaer Mare Kabupaten Bone,
dalam proses pembelajran agar kiranya ikut berpartisipasi dan berperan aktif
dalam pelaksanaan kegiatan tersebut guna untuk menciptakan iklim organisasi
yang kondusif.
Ketersediaan
STAR20200250250/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

250/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top