Peran Dan Fungsi Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri 4 Manurunge Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Peran Dan Fungsi Pengawasan Kepala
Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri 4 Manurunge Kabupaten
Bone’, hal yang paling penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui peran
pengawasan kepala sekolah, fungsi pengawasan kepala sekolah dan kinerja guru di
SD Negeri 4 Manurunge Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian adalah
penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan manajemen. Data dianalisis dengan
metode reduksi data, display data (model data), penarikan dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama Peran pengawasan kepala sekolah
diantaranya sebagai koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, dan evaluator, sebelum
melakukan pengawasan kepala sekolah merencanakan hal-hal apa yang perlu dilakukan.
Kepala sekolah yang ada di SD Negeri 4 Manurunge telah melaksanakan peran
pengawasannya dengan baik, hal itu dapat dilihat dari cara-cara kepala sekolah dalam
menjalankan peran pengawasan tersebut. Kedua ada beberapa fungsi pengawasan kepala
sekolah diantaranya menetapkan standar, pengukuran kegiatan, membandingkan
pelaksanaan dan melakukan tindakan. Fungsi pengawasan kepala sekolah yang ada di
SD Negeri 4 Manurunge telah dijalankan dengan baik, terlihat dari terlaksananya
kegiatan yang tersebut diatas. Ketiga Kinerja guru yang ada di SD Negeri 4
Manurunge sudah terlaksana dengan baik sehingga dapat mempermudah kepala
sekolah dalam melakukan pengawasan dengan adanya kompetensi yang dimiliki oleh
guru di sekolah tersebut. Kompetensi itu diantaranya kompetensi paedagogik,
kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial.
Peran dan fungsi pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru di SD Negeri 4 Manurunge Kabupaten Bone telah dijalankan dengan baik hal
ini dapat dilihat dari pengawasan kepala sekolah dan kinerja guru yang baik pula.
Kepala sekolah dan guru-guru saling bekerja sama, membantu dalam menyelesaikan
tugas dan tanggung jawab agar dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efesien,
selain itu peserta didik dan orang tua siswa juga diikutsertakan dalam pencapaian
tujuan tersebut.
A. Simpulan
Dari hasilpenelitian
yang telahdipaparkan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Peran pengawasan kepala sekolah diantaranya sebagai koordinator, sebagai
konsultan, pemimpin kelompok, dan evaluator. sebelum melakukan pengawasan
kepala sekolah merencanakan hal-hal apa yang perlu dilakukan. Kepala sekolah yang
ada di SD Negeri 4 Manurunge telah melaksanakan peran pengawasannya dengan
baik, hal itu dapat dilihat dari cara-cara kepala sekolah dalam menjalankan peran
pengawasan tersebut. Sebagai koordinator kepala sekolah telah mengkoordinasikan
semua program kegiatan belajar mengajar dengan baik dan sebagai konsultan
kepala sekolah selalu memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi oleh
guru dan peserta didik, serta sebagai pemimpin kelompok kepala sekolah telah
melakukan pengambilan keputusan yang baik dan tepat, dan sebagai evaluator
kepala sekolah telah membantu guru-guru dalam menilai atau mengevaluasi
hasil proses belajar mengajar.
2. Fungsi pengawasan kepala sekolah diantaranya menetapkan standar,
pengukuran pelaksanaan kegiatan, membandingkan pelaksanaan kegiatan, dan
melakukan tindakan. Fungsi pengawasan kepala sekolah yang ada di SD
Negeri 4 Manurunge telah dijalankan dengan baik pula hal ini dapat dilihat
dari cara kepala sekolah dalam menetapkan standar, melakukan pengukuran
pelaksanaan, perbandingan pelaksanaan kegiatan, dan melakukan tindakan
terhadap masalah-masalah yang di hadapi.
3. Kinerja guru yang ada di SD Negeri 4 Manurunge sudah terlaksana dengan
baik, sehingga dapat mempermudah kepala sekolah dalam melakukan
pengawasan, hal ini dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh guru.
Kompetensi itu diantaranya kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi profesional, dan sosial. Dalam kompetensi
paedagogik guru telah mampu mengelola pembelajaran peserta didik,
kompetensi kepribadiaan guru telah menjadi teladan yang baik bagi peserta
didiknya, kompetensi profesional guru telah mampu melakukan penilaian
dalam proses pembelajaran,dan melakukan bimbingan kepada siswa untuk
mencapai tujuan program, serta kompetensi sosial guru telah melaksanakan
tugasnya dengan baik yaitu menjalin hubungan yang baik dengan siswa,
sesama guru dan orang tua peserta didik.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengembang amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teoritis maupun
secara praktis terutama dalam hal menjadikan peserta didik menjadi pribadi
yang lebih baik .
2. Kepala sekolah sebaiknya mampu mengarahkan dan menggerakkan
bawahannya, karena dengan arahan dari kepala sekolah sangat membantu
dalam pencapaian tujuan pendidikan.
3. Kepala sekolah sebaiknya lebih sering memantau dan memonitoring guru-
guru dalam melaksanakan tugasnya masing-masing agar proses peningkatan
kinerja guru dapat berjalan dengan baik. Disamping itu, hendaknya selalu
membimbing guru dalam melaksanakan tugasnya.
Ketersediaan
STAR20200247247/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

247/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top