Implementasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam dalam Jual Beli Sembako (Studi pada Pasar Palakka Kabupaten Bone)
SWANDI RENALDHY/01.16.3160 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang Implementasi Prinsip-prinsip Ekonomi Islam dalam Jual
Beli Sembako (Studi pada Pasar Palakka). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam jual beli sembako di pasar sentral
Palakka. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan field research (penelitan lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik descriptive analysis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 9 (Sembilan) prinsip ekonomi Islam yang ada dalam penelitian
ini, yakni prinsip kesatuan (tauhid), prinsip kebolehan (ibahah), prinsip keadilan (al-
„Adl), prinsip kehendak bebas (al-Hurriyah), prinsip pertanggungjawaban, prinsip
kejujuran, prinsip kerelaan, prinsip kemanfaatan (maslahat), dan prinsip larangan riba
belum diterapkan secara menyeluruh atau belum diterapkan oleh semua penjual
sembako yang ada di pasar Palakka karena masih ada penjual yang menjalankan
usahanya hanya untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan konsumennya.
Implikasi penelitian ada dua yaitu implikasi praktis dan ilmiah. Implikasi ilmiah
berhubungan dengan kontribusinya dalam perkembangan ilmu ekonomi Islam terkait
pasar dan praktik jual beli, sedangkan implikasi praktis berkaitan dengan kontribusi
penelitian berupa sumbangsi pemikiran dan pemasukan kepada pedagang di pasar
Palakka.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan
bahwa 9 (Sembilan) prinsip ekonomi Islam yang ada dalam penelitian ini, yakni
prinsip kesatuan (tauhid), prinsip kebolehan (ibahah), prinsip keadilan (al-„Adl),
prinsip kehendak bebas (al-Hurriyah), prinsip pertanggungjawaban, prinsip
kejujuran, prinsip kerelaan, prinsip kemanfaatan (maslahat), dan prinsip larangan
riba belum diterapkan secara menyeluruh atau belum diterapkan oleh semua
penjual sembako yang ada di pasar palakka karena masih ada penjual yang
menjalankan usahanya hanya untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan konsumennya.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka saran yang dapat
diberikan sebagai berikut:
1. Pedagang perlu meningkatkan sifat kejujuran terkait kekurangan dan
kelebihan barang dagangan yang dijual agar bisnis yang dijalankan selama ini
bertahan dan pembeli dapat menaruh kepercayaan yang tinggi bagi pedagang
tersebut.
2. Pedagang hendaknya menyetarakan harga untuk semua pembeli tanpa
membeda-bedakan.
C. Implikasi
Implikasi dari penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah dan
praktis.Implikasi ilmiah berhubungan dengan kontribusinya dalam
perkembangan ilmu ekonomi Islam terkait pasar dan praktik jual beli, sedangkan
implikasi praktis berkaitan dengan kontribusi penelitian berupa sumbangsi
pemikiran dan pemasukan kepada pedagang di pasar Palakka.
Beli Sembako (Studi pada Pasar Palakka). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam jual beli sembako di pasar sentral
Palakka. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan field research (penelitan lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik descriptive analysis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 9 (Sembilan) prinsip ekonomi Islam yang ada dalam penelitian
ini, yakni prinsip kesatuan (tauhid), prinsip kebolehan (ibahah), prinsip keadilan (al-
„Adl), prinsip kehendak bebas (al-Hurriyah), prinsip pertanggungjawaban, prinsip
kejujuran, prinsip kerelaan, prinsip kemanfaatan (maslahat), dan prinsip larangan riba
belum diterapkan secara menyeluruh atau belum diterapkan oleh semua penjual
sembako yang ada di pasar Palakka karena masih ada penjual yang menjalankan
usahanya hanya untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan konsumennya.
Implikasi penelitian ada dua yaitu implikasi praktis dan ilmiah. Implikasi ilmiah
berhubungan dengan kontribusinya dalam perkembangan ilmu ekonomi Islam terkait
pasar dan praktik jual beli, sedangkan implikasi praktis berkaitan dengan kontribusi
penelitian berupa sumbangsi pemikiran dan pemasukan kepada pedagang di pasar
Palakka.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan
bahwa 9 (Sembilan) prinsip ekonomi Islam yang ada dalam penelitian ini, yakni
prinsip kesatuan (tauhid), prinsip kebolehan (ibahah), prinsip keadilan (al-„Adl),
prinsip kehendak bebas (al-Hurriyah), prinsip pertanggungjawaban, prinsip
kejujuran, prinsip kerelaan, prinsip kemanfaatan (maslahat), dan prinsip larangan
riba belum diterapkan secara menyeluruh atau belum diterapkan oleh semua
penjual sembako yang ada di pasar palakka karena masih ada penjual yang
menjalankan usahanya hanya untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan konsumennya.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka saran yang dapat
diberikan sebagai berikut:
1. Pedagang perlu meningkatkan sifat kejujuran terkait kekurangan dan
kelebihan barang dagangan yang dijual agar bisnis yang dijalankan selama ini
bertahan dan pembeli dapat menaruh kepercayaan yang tinggi bagi pedagang
tersebut.
2. Pedagang hendaknya menyetarakan harga untuk semua pembeli tanpa
membeda-bedakan.
C. Implikasi
Implikasi dari penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah dan
praktis.Implikasi ilmiah berhubungan dengan kontribusinya dalam
perkembangan ilmu ekonomi Islam terkait pasar dan praktik jual beli, sedangkan
implikasi praktis berkaitan dengan kontribusi penelitian berupa sumbangsi
pemikiran dan pemasukan kepada pedagang di pasar Palakka.
Ketersediaan
| SFEBI20210041 | 41/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
41/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
