Peranan Relationsip Manager dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat KCP Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Peranan Relationsip Manager dalam
Meningkatkan Loyalitas Nasabah Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat
KCP Bone). Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana
model relationship Manager Bank Muamalat KCP Bone, dan untuk mengetahui
bagaimana peranan relationship Manager dalam meningkatkan loyalitas nasabah di
Bank Muamalat KCP Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
deksriptif kualitatif. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh peneliti di lapangan akan
diolah dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa pertama, Model Relationship Management
Bank Muamalat KCP Bone yaitu mengidentifikasi nasabah berdasarkan informasi atau
biodata nasabah (database), differensiasi yaitu mengsegmentasikan pelanggan
berdasarkan tingkah laku, demografi, ekspektasi pelanggan, mengenali siapa
pelanggan yang benar-benar menguntungkandan yang tidak menguntungkan,
Interakasi dengan nasabah baik pelayanan, komunikasi yang baik, personalisasi yakni
menawarkan produk jasa yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kedua Relationship
Manager dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat KCP Bone
memberikan peran yang baik. hal ini dapat dilihat dari usaha yang dilakukan oleh Bank
Muamalat KCP Bone dalam meningkatkan prospek manageral, memiliki customer
based karyawan, menggunakan data based, dan menjalin hubungan dengan nasabah.
selain dari itu Bank Muamalat KCP Bone juga menerapkan program yakni pemasaran
berkelanjutan, Individual (one to one marketing), serta menjaga kemitraan
A. Kesimpulan
Berdasarkan beberapa hasil penelitian di atas maka peneliti dapat
menyimpulkan yakni sebagai berikut:
1. Model Relationship Management Bank Muamalat KCP Bone yaitu
mengidentifikasi nasabah berdasarkan informasi atau biodata nasabah
(database), differensiasi yaitu mengsegmentasikan pelanggan berdasarkan
tingkah laku, demografi, ekspektasi pelanggan, mengenali siapa pelanggan
yang benar-benar menguntungkandan yang tidak menguntungkan, Interakasi
dengan nasabah baik pelayanan, komunikasi yang baik, personalisasi yakni
menawarkan produk jasa yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
2. Relationship Manager dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank
Muamalat KCP Bone memberikan peran yang baik. hal ini dapat dilihat dari
usaha yang dilakukan oleh Bank Muamalat KCP Bone dalam meningkatkan
prospek manageral, memiliki customer based karyawan, menggunakan data
based, dan menjalin hubungan dengan nasabah. selain dari itu Bank Muamalat
KCP Bone juga menerapkan program yakni pemasaran berkelanjutan,
Individual (one to one marketing), serta menjaga kemitraan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah disajikan di atas
maka selanjutnya peneliti menyampaikan saran-saran yang kiranya dapat
memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang terkait atas hasil penelitian ini.
Adapun saran-saran yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut:
1. Model Relationship Management Bank Muamalat KCP Bone bukan hanya
terfokus kepada kepuasan pelayanan terhadap pelanggan, Komunikasi yang
baik serta penyediaan produk jasa saja, tetapi memperhatikan faktor eksternal
dari nasabah karena tidak semua nasabah memiliki keadaan yang sama. Terlebi
uang telah dijelaskan menganai pembagian pelayanan nasabah prioritas dan non
prioritas, seharusnya semua nasabah dijadikan sebagai nasabah prioritas.
2. Untuk membangun loyalitas nasabah, Bank Muamalat KCP Bone perlu
mengadakan interaksi yang rutin kepada nasabah yang dinilai menguntungkan
bagi bank. Selain itu Bank juga perlu memberikan pelayanan nasabah secara
perorangan dengan layanan yang cepat dan memuaskan, serta tanggap terhadap
keluhan yang dialami oleh nasabah. Bank dapat memaksimalkan penggunaan
telepon, SMS, email atau alat komunikasi lain yang sifatnya personal untuk
dapat selalu melakukan komunikasi dengan nasabah. Komunikasi yang terjalin
dengan baik ini akan dapat memperkuat hubungan Bank dengan nasabah dalam
jangka panjang. Serta menjaga kepercayaan yang telah diberikan nasabah untuk
hubungan jangka panjang yang lebih baik.
Ketersediaan
SFEBI20202239239/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

239/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top