Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sistem Pelayanan di MTs DDI Lonrong Kec. Ponre Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas
tentang strategi dalam mengembangkan sistem
pelayanan. Hal penting yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini yakni
bagaimana gambaran sistem pelayanan di MTs DDI Lonrong ? Bagaimana strategi
kepala sekolah dalam mengembangkan sistem pelayanan di MTs DDI Lonrong?
Tujuan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui gambaran sistem pelayanan di
MTs DDI Lonrong dan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam
mengembangkan sistem pelayanan di MTs DDI Lonrong.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara,
dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis Deskriptif Kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi, penyajian
data(Display Data) dan tahap kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang
Strategi Kepala Sekolah dalam
Mengembangkan Sistem Pelayanan di MTs DDI Lonrong Kec. Cina Kabupan Bone,
bahwa sekolah tersebut telah menerapkan sistem pelayanan dengan baik karena telah
memenuhi kriteria dalam dasar-dasar pelayanan, yaitu percaya diri, bersikap akrab
dan senyum, berusaha menyebutkan nama, tenang, sopan, tidak memotong
pembicaraan, mampu meyakinkan pelanggan dan meminta bantuan jika tidak
sanggup menangani permasalahan. kemudian didukung oleh strategi kepala sekolah
yang sangat menunjang terhadap keberhasilan dalam pelayanan. Strategi yang
digunakan, yaitu strategi pemasaran, perekrutan, pemeliharaan dan pengembangan.
Dengan adanya strategi kepala sekolah yang tepat, maka sistem pelayanan akan
semakin baik pula sehingga mampu bersaing dengan sekolah lain.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Sistem pelayanan di MTs DDI Lonrong sudah diterapkan dengan baik, karena
kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga administrasi menjalin komunikasi
dengan baik dan saling bekerjasama dalam mencapai tujuan serta memiliki
rasa tanggung jawab terhadap kepuasan pelanggan. Pelanggan sangat dihargai
dan diperlakukan dengan sebaik mungkin.
2. Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sistem pelayanan di MTs DDI
Lonrong, yaitu menerapkan strategi pemasaran, perekrutan, pemeliharaan dan
pengembangan. Adapun dasar-dasar pelayanan yaitu: percaya diri, bersikap
akrab dan senyum, berusaha menyebutkan nama, tenang, sopan, tidak
memotong pembicaraan, mampu meyakinkan pelanggan
dan meminta
bantuan jika tidak sanggup menangani permasalahan.
B. Implikasi
1. Pelayanan sangatlah penting dalam kepuasan pelanggan, maka dari itu
pihak-pihak yang terkait hendaknya menjaga kestabilan organisasi serta
menunjang sarana dan prasarana agar pelayanan akan lebih maksimal.
2. Kepala sekolah, tenaga pendidik dan tenaga administrasi dapat lebih sabar
dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya dan mampu menghadapi
permasalahan-permasalahan yang ada.
Ketersediaan
STAR2021006969/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

69/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top