Efktivitas Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Di Kelas V SDN 256 Malimongeng
Ilmayani/02.18.5092 - Personal Name
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap
penggunaan media roda putar pada pembelajaran IPA di kelas V di SDN 256
Malimongeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian
kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest
desain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tentang
motivasi belajar IPA setelah dan sebelum perlakuan menggunakan media roda putar.
Penggunaan media roda putar pada pembelajaran IPA dilakukan di kelas V SDN 256
Malimongeng dengan jumlah responden 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan
statistik inferensial.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil uji âtâ diperoleh nilai
t hitung = 10.998 sedangkan t tabel = 2.056. Dengan demikian t hitung > t tabel (10.443 >
2.056) artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima karena perolehan nilai thitung. Hal ini
berarti ada keefektifan penggunaan media roda putar terhadap peningkatan motivasi
belajar IPA di kelas V SDN 256 Malimongeng.
A. Kesimpulan
Penggunaan media roda putar efektif dalalam meningkatkan motivasi
belajar IPA. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada distribusi yang diperoleh
pada nilai posttest > Pretest. Keefektifan penggunaan media roda putar terhadap
peningkatan motivasi belajar IPA juga dapat dilihat pada uji-t diperoleh nilai
t hitung = 10.998 > t tabel = 2.056 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti
ada perbedaan keefektivan penggunaan media roda putar terhadap peningkatan
motivasi belajar IPA di kelas V SDN 256 Malimongeng.
B. Saran
Berdasarkan penelitian ini ada saran-saran yang perlu diperhatikan, antara
lain:
1. Diharapkan kepada guru, hendaknya menggunakan media roda putar sebagai
sarana alternatif yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran khusunya
IPA maupun pelajaran lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Diharapkan bagi siswa, melalui penggunaan media roda putar siswa dapat
lebih bersamangat dalam belajar supaya dapat meningkatkan kemampuan
akademiknya.
3. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif
dalam meningkatkan motivasi belajar IPA maupun mata pelajaran lain
dengan menerapkan media roda putar.
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan penelitian
dengan menggunakan berbagai media pembelajaran yang bervariasi untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.
penggunaan media roda putar pada pembelajaran IPA di kelas V di SDN 256
Malimongeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode penelitian
kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest
desain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tentang
motivasi belajar IPA setelah dan sebelum perlakuan menggunakan media roda putar.
Penggunaan media roda putar pada pembelajaran IPA dilakukan di kelas V SDN 256
Malimongeng dengan jumlah responden 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan
statistik inferensial.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil uji âtâ diperoleh nilai
t hitung = 10.998 sedangkan t tabel = 2.056. Dengan demikian t hitung > t tabel (10.443 >
2.056) artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima karena perolehan nilai thitung. Hal ini
berarti ada keefektifan penggunaan media roda putar terhadap peningkatan motivasi
belajar IPA di kelas V SDN 256 Malimongeng.
A. Kesimpulan
Penggunaan media roda putar efektif dalalam meningkatkan motivasi
belajar IPA. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada distribusi yang diperoleh
pada nilai posttest > Pretest. Keefektifan penggunaan media roda putar terhadap
peningkatan motivasi belajar IPA juga dapat dilihat pada uji-t diperoleh nilai
t hitung = 10.998 > t tabel = 2.056 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti
ada perbedaan keefektivan penggunaan media roda putar terhadap peningkatan
motivasi belajar IPA di kelas V SDN 256 Malimongeng.
B. Saran
Berdasarkan penelitian ini ada saran-saran yang perlu diperhatikan, antara
lain:
1. Diharapkan kepada guru, hendaknya menggunakan media roda putar sebagai
sarana alternatif yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran khusunya
IPA maupun pelajaran lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Diharapkan bagi siswa, melalui penggunaan media roda putar siswa dapat
lebih bersamangat dalam belajar supaya dapat meningkatkan kemampuan
akademiknya.
3. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif
dalam meningkatkan motivasi belajar IPA maupun mata pelajaran lain
dengan menerapkan media roda putar.
4. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan penelitian
dengan menggunakan berbagai media pembelajaran yang bervariasi untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.
Ketersediaan
| STAR20220405 | 405/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
405/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
