Penerapan Metode Penugasan dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo Kabupaten Bone
Chilma Nihayatul Ulya/02.16.1140 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “ Penerapan Metode Penugasan dalam
Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo Kabupaten
Bone.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
Penugasan dalam meningkatkan efektifitas Pembelajaran PAI?, apa faktor pendukung
dan penghambat dalam penerapan metode penugasan dalam meningkatkan efektifitas
pembelajaran PAI?, serta bagaimana kontribusi metode penugasan dalam
meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitative research) data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Melakukan pendekatan paedagogik, psikologis, dan theologis normatif
dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap
yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan (conclusion drawing).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Penugasan dalam
Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo Kab.Bone dapat
diuraikan berdasarkan dimensi pertama, penerapan metode penugasan dalam
meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI meliputi 1. pemberian tugas yakni
memberikan tugas kepada siswa untuk di kerjakan, 2. pelaksanaan tugas yakni siswa
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan memberikan bimbingan,
mengarahkan, dan mendorong siswa, 3. dan pertanggungjawaban tugas berupa siswa
mempertanggungjawabkan tugas yang telah dikerjakan dan guru menilai hasilnya..
Kedua, faktor pendukung penerapan metode penugasan yakni ketersediaan sarana dan
prasaran yang memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas dan dari faktor
penghambatnya yaitu guru kurang memahami dan menguasai tentang inovasi
pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan kecakapan untuk
melaksanakan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran untuk menunjang
keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ketiga, kontribusi yang
sangat besar terhadap hasil belajar siswa karena dengan metode penugasan siswa
lebih rajin mengulangi materi pelajaran sehingga pemahaman mereka bertambah luas.
Secara langsung maupun tidak bahwa itu akan menjadi suatu kebiasaan belajar siswa
sehingga memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran.
A.
Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini yang telah diteliti yang berjudul Penerapan
Metode Penugasan dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2
Barebbo Kabupaten Bone yaitu:
1. Penerapan
metode
penugasan
dalam
meningkatkan
efektifitas
pembelajaran PAI meliputi 1. pemberian tugas yakni memberikan tugas
kepada siswa untuk di kerjakan, 2. pelaksanaan tugas yakni siswa
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan memberikan
bimbingan,
mengarahkan,
dan
mendorong
siswa,
3.
dan
pertanggungjawaban tugas berupa siswa mempertanggungjawabkan tugas
yang telah dikerjakan dan guru menilai hasilnya. Yang disajikan dalam
pembelajaran efektif sebagai bentuk efektifitas atau keberhasilan metode
dalam pembelajaran di SMPN 2 Barebbo.
2. faktor pendukung penerapan metode penugasan dalam meningkatkan
efektifitas pembelajaran PAI yakni ketersediaan sarana dan prasaran yang
memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas dan dari faktor
penghambatnya yaitu guru perlu memahami dan menguasai tentang
inovasi pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan
kecakapan untuk melaksanakan berbagai pendekatan dan metode
pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar. karena dengan kemampuan tersebut guru akan
mampu mengatur siswa dengan segala macam perbedaan yang dimilikinya
sehingga tercapainya tujuan pembelajaran
3. penerapan metode penugasan dengan tujuan meningkatkan efektifitas
pembelajaran PAI, ternyata memberikan kontribusi yang sangat besar
terhadap hasil belajar siswa karena dengan metode penugasan siswa lebih
rajin mengulangi materi pelajaran sehingga pemahaman mereka
bertambah luas. Secara langsung maupun tidak bahwa itu akan menjadi
suatu kebiasaan belajar siswa sehingga memberikan dampak yang baik
dalam proses pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Berdasarkan penelitian ini, hendaknya guru dapat memberikan tanggapan
atau respon terhadap siswa yang melakukan kesalahan atau kekeliruan
pada saat mengerjakan soal atau hasil tugasnya.
2. Penerapan metode penugasan pada pelajaran PAI hendaknya harus
dilakukan bimbingan secara terus menerus oleh guru pada setiap tugas
yang diberikan, walaupun membutuhkan ketelitian dan kesabaran saat
membimbing karena membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama.
Tetapi hasilnya dapat memuaskan dari pihak siswa maupun guru yang
bersangkutan.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan
informal.
Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo Kabupaten
Bone.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
Penugasan dalam meningkatkan efektifitas Pembelajaran PAI?, apa faktor pendukung
dan penghambat dalam penerapan metode penugasan dalam meningkatkan efektifitas
pembelajaran PAI?, serta bagaimana kontribusi metode penugasan dalam
meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis penelitian
kualitatif (qualitative research) data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Melakukan pendekatan paedagogik, psikologis, dan theologis normatif
dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap
yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan
kesimpulan (conclusion drawing).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Penugasan dalam
Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2 Barebbo Kab.Bone dapat
diuraikan berdasarkan dimensi pertama, penerapan metode penugasan dalam
meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI meliputi 1. pemberian tugas yakni
memberikan tugas kepada siswa untuk di kerjakan, 2. pelaksanaan tugas yakni siswa
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan memberikan bimbingan,
mengarahkan, dan mendorong siswa, 3. dan pertanggungjawaban tugas berupa siswa
mempertanggungjawabkan tugas yang telah dikerjakan dan guru menilai hasilnya..
Kedua, faktor pendukung penerapan metode penugasan yakni ketersediaan sarana dan
prasaran yang memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas dan dari faktor
penghambatnya yaitu guru kurang memahami dan menguasai tentang inovasi
pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan kecakapan untuk
melaksanakan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran untuk menunjang
keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Ketiga, kontribusi yang
sangat besar terhadap hasil belajar siswa karena dengan metode penugasan siswa
lebih rajin mengulangi materi pelajaran sehingga pemahaman mereka bertambah luas.
Secara langsung maupun tidak bahwa itu akan menjadi suatu kebiasaan belajar siswa
sehingga memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran.
A.
Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini yang telah diteliti yang berjudul Penerapan
Metode Penugasan dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMPN 2
Barebbo Kabupaten Bone yaitu:
1. Penerapan
metode
penugasan
dalam
meningkatkan
efektifitas
pembelajaran PAI meliputi 1. pemberian tugas yakni memberikan tugas
kepada siswa untuk di kerjakan, 2. pelaksanaan tugas yakni siswa
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru dengan memberikan
bimbingan,
mengarahkan,
dan
mendorong
siswa,
3.
dan
pertanggungjawaban tugas berupa siswa mempertanggungjawabkan tugas
yang telah dikerjakan dan guru menilai hasilnya. Yang disajikan dalam
pembelajaran efektif sebagai bentuk efektifitas atau keberhasilan metode
dalam pembelajaran di SMPN 2 Barebbo.
2. faktor pendukung penerapan metode penugasan dalam meningkatkan
efektifitas pembelajaran PAI yakni ketersediaan sarana dan prasaran yang
memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas dan dari faktor
penghambatnya yaitu guru perlu memahami dan menguasai tentang
inovasi pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan
kecakapan untuk melaksanakan berbagai pendekatan dan metode
pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajar. karena dengan kemampuan tersebut guru akan
mampu mengatur siswa dengan segala macam perbedaan yang dimilikinya
sehingga tercapainya tujuan pembelajaran
3. penerapan metode penugasan dengan tujuan meningkatkan efektifitas
pembelajaran PAI, ternyata memberikan kontribusi yang sangat besar
terhadap hasil belajar siswa karena dengan metode penugasan siswa lebih
rajin mengulangi materi pelajaran sehingga pemahaman mereka
bertambah luas. Secara langsung maupun tidak bahwa itu akan menjadi
suatu kebiasaan belajar siswa sehingga memberikan dampak yang baik
dalam proses pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Berdasarkan penelitian ini, hendaknya guru dapat memberikan tanggapan
atau respon terhadap siswa yang melakukan kesalahan atau kekeliruan
pada saat mengerjakan soal atau hasil tugasnya.
2. Penerapan metode penugasan pada pelajaran PAI hendaknya harus
dilakukan bimbingan secara terus menerus oleh guru pada setiap tugas
yang diberikan, walaupun membutuhkan ketelitian dan kesabaran saat
membimbing karena membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama.
Tetapi hasilnya dapat memuaskan dari pihak siswa maupun guru yang
bersangkutan.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didalam dunia pendidikan formal, nonformal maupun pendidikan
informal.
Ketersediaan
| STAR20200226 | 226/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
226/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
