Pengaruuh digitalisasi perbankan terhadap kepuasan nasabah melalui mediasi self service technology (Studi Pada BSI KC Bone)
Fahmi Sofyan/01.18.5067 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh digitalisasi perbankan terhadap kepuasan
nasabah melalui mediasi self service technology yang menggunakan penelitian
kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh digitalisasi perbankan
terhadap kepuasan nasabah melalui mediasi self service tecnology.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah seluruh
nasabah BSI KC BONE. Penentuan sampel menggunakan Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden. Dalam
membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji outer model, uji
validitas,uji reabilitas, uji Goodnes off fit,Nilai R-Square, pengujian inner model
dan uji Hipotesis.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan
terhadap self service technology,Terdapat pengaruh antara self service technology
terhadap kepuasan nasabah,Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan terhadap
kepuasan nasabah dan Terdapat pengaruh tidak langsung antara digitalisasi perbankan
terhadap kepuasan nasabah melalui self service technology
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan terhadap self service
technology.
2. Terdapat pengaruh antara self service technology terhadap kepuasan
nasabah.
3. Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan terhadap kepuasan nasabah.
4. Terdapat pengaruh tidak langsung antara digitalisasi perbankan terhadap
kepuasan nasabah melalui self service technology.
B. Implikasi
Implikasi pada penelitian ini adalah pihak perbankan hendaknya selalu
memberikan informasi kepada nasabah mengenai cara penggunaan aplikasi
karena dengan meningkatnya pemahaman nasabah maka akan meningkatkan pula
kepuasan yang mereka rasakan.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, maka
penulis menyadari masih terdapat banyak keterbatasan dan kekeliruan yang ada
dalam penelitian ini. Namun dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan
konstribusi yang bermanfaat.
1. Bagi pengguna layanan digitalisasi perbankan, diharapkan dari penelitian ini
dapat memberikan masukan dan kebijakan dengan upaya menarik keputusan
pengguna layanan digitalisasi perbankan dengan tetap menjaga kualitas
layanan digitalisasi
2. Bagi para akademisi dan pembaca untuk memperluas penelitian dengan
mempertimbangkan variabel lainnya. Dan bagi peneliti selanjutnya
diharapkan dimasa yang akan datang dapat digunakan sebagai salah satu
sumber data dan rujukan untuk penelitian dan dilakukan penelitian lebih
lanjut berdasarkan informasi yang lebih lengkap dan lebih luas.
nasabah melalui mediasi self service technology yang menggunakan penelitian
kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh digitalisasi perbankan
terhadap kepuasan nasabah melalui mediasi self service tecnology.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah seluruh
nasabah BSI KC BONE. Penentuan sampel menggunakan Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada responden. Dalam
membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji outer model, uji
validitas,uji reabilitas, uji Goodnes off fit,Nilai R-Square, pengujian inner model
dan uji Hipotesis.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan
terhadap self service technology,Terdapat pengaruh antara self service technology
terhadap kepuasan nasabah,Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan terhadap
kepuasan nasabah dan Terdapat pengaruh tidak langsung antara digitalisasi perbankan
terhadap kepuasan nasabah melalui self service technology
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan terhadap self service
technology.
2. Terdapat pengaruh antara self service technology terhadap kepuasan
nasabah.
3. Terdapat pengaruh antara digitalisasi perbankan terhadap kepuasan nasabah.
4. Terdapat pengaruh tidak langsung antara digitalisasi perbankan terhadap
kepuasan nasabah melalui self service technology.
B. Implikasi
Implikasi pada penelitian ini adalah pihak perbankan hendaknya selalu
memberikan informasi kepada nasabah mengenai cara penggunaan aplikasi
karena dengan meningkatnya pemahaman nasabah maka akan meningkatkan pula
kepuasan yang mereka rasakan.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, maka
penulis menyadari masih terdapat banyak keterbatasan dan kekeliruan yang ada
dalam penelitian ini. Namun dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan
konstribusi yang bermanfaat.
1. Bagi pengguna layanan digitalisasi perbankan, diharapkan dari penelitian ini
dapat memberikan masukan dan kebijakan dengan upaya menarik keputusan
pengguna layanan digitalisasi perbankan dengan tetap menjaga kualitas
layanan digitalisasi
2. Bagi para akademisi dan pembaca untuk memperluas penelitian dengan
mempertimbangkan variabel lainnya. Dan bagi peneliti selanjutnya
diharapkan dimasa yang akan datang dapat digunakan sebagai salah satu
sumber data dan rujukan untuk penelitian dan dilakukan penelitian lebih
lanjut berdasarkan informasi yang lebih lengkap dan lebih luas.
Ketersediaan
| SFEBI20220150 | 150/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
150/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
