Strategi Dalam Meningkatkan Usaha Bisnis Udang Lobster Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Pedagang UD. Laut IndahDi Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone)
Sri Yulianti/01.18.3137 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi dalam meningkatkan usaha
bisnis udang lobster pada Pedagang UD. Laut Indah di Desa Lamurukung Ditinjau
Dari Perspektif Ekonomi Syariah, bagaimana mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman strategi pemasaran yang dilakukan pada pedagang UD. Laut
Indah di Desa Lamurukung dan apakah strategi yang digunakan efektif untuk
meningkatkan usaha bisnis Udang Lobster. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
primer yaitu pihak yang terlibat dalam penelitian Udang Lobster UD. Laut Indah di
Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattinge. Sedangkan data sekunder yaitu data
dari bahan- bahan pustaka atau buku-buku referensi dan informasi lainnya yang
berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi
pemasaran pada pedagang UD. Laut Indah di Desa Lamurukung dilakukan dengan
tetap memperhatikan nilai-nilai pemasaran syariah, yakni Ketauhidan
(Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyah), Realistis (Al-Waqiyyah) dan Humanistis ( Al-
Insaniyah). Penerapan strategi pemasaran pada pedagang UD. Laut Indah
membuktikan mampu meningkatkan usaha bisnis karena miliki nama yang baik dan
visi misi yang terarah, mengutamakan kepuasan pelanggan, Kualitas produk
bermutu, Menggunakan media sosial dengan baik dan sudah banyaknya masyarakat
mengetahui usaha UD. Laut Indah dan strategi pemasaran yang diterapkan pada
bisnis ini terletak pada kuadran I yang menunjukan kebijakan pertumbuhan agresif
(growth oriental strategy).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, analisis, pegeloahan data dan pembahasan
dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang UD. Laut Indah yaitu
dengan menggunakan 4 strategi yaitu starategi produk, strategi harga, strategi
promosi dan strategi tempat. Strategi pemasaran pada pedagang UD. Laut
Indah di Desa Lamurukung dilakukan dengan tetap memperhatikan nilai-nilai
pemasaran syariah, yakni Ketauhidan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyah),
Realistis (Al-Waqiyyah) dan Humanistis ( Al-Insaniyah). Dimana pemasaran
dilakukan secara transparan, jujur, terbuka tanpa ada unsur kebohongan
terbebas dari sikap memaksa dan menekan, serta bersaing dengan bersaing
dengan perusahaan lain tanpa harus menjatuhkan atau menjelek-jelekkan
perusahaan pesaing.
2. Berdasarkan hasil analisis SWOT diatas diperoleh bahwa di dalam matriks
IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,65.
Hal ini mengindikasikan bahwa pedagang UD. Laut Indah di Desa Lamurukung
Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone memiliki posisi internal yang begitu
kuat. Selanjutnya, didalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang
dan ancaman memiliki total skor 3,67. Hal ini menunjukkan perusahaan UD.
Laut Indah memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan
peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman. Berdasarkan matriks
SWOT, strategi ini berada pada posisi SO. Maka strategi pemasaran yang
diterapkan pada bisnis ini terletak pada kuadran I yang menunjukan kebijakan
pertumbuhan agresif (growth oriental strategy)
3. Penerapan strategi pemasaran pada pedagang UD. Laut Indah membuktikan
mampu meningkatkan usaha bisnis karena memiliki nama yang baik dan visi
misi yang terarah, mengutamakan kepuasan pelanggan, Kualitas produk
bermutu, Menggunakan media sosial dengan baik dan sudah banyaknya
masyarakat mengetahui usaha UD. Laut Indah. Walaupun ada kendala dalam
menjalankan bisnisnya tetapi UD. Laut Indah selalu bertahan, menjaga dan
mencari solusi terhadap masalah tersebut.
B. Saran
Berdasrakan kesimpulan tersebut diatas, dapat diajukan beberapa hal yang
diharapkan bisa di terapkan yaitu:
1. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan memfaat dan diharapkan usaha
UD. Laut Indah akan lebih maju dan eksis dalam produk. Terus tetap menjaga
hubungan yang baik dan mempertahankan yang berkualitas.
2. Bagi para akademisi dan pembaca untuk memperluas penelitian dengan
mempertimbangkan variabel dan lainnya maupun indikator lainnya. Bagi
peneliti selanjutnya diharapkan di masa yang akan datang dapat digunakan
sebagai salah satu sumber data dan rujukan untuk penelitian dan dilakukan
penelitian lebih lanjut berdasarkan informasi yang lebih lengkap dan lebih
luas.
bisnis udang lobster pada Pedagang UD. Laut Indah di Desa Lamurukung Ditinjau
Dari Perspektif Ekonomi Syariah, bagaimana mengidentifikasi kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman strategi pemasaran yang dilakukan pada pedagang UD. Laut
Indah di Desa Lamurukung dan apakah strategi yang digunakan efektif untuk
meningkatkan usaha bisnis Udang Lobster. Penelitian ini merupakan penelitian
lapangan, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
primer yaitu pihak yang terlibat dalam penelitian Udang Lobster UD. Laut Indah di
Desa Lamurukung Kecamatan Tellusiattinge. Sedangkan data sekunder yaitu data
dari bahan- bahan pustaka atau buku-buku referensi dan informasi lainnya yang
berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi
pemasaran pada pedagang UD. Laut Indah di Desa Lamurukung dilakukan dengan
tetap memperhatikan nilai-nilai pemasaran syariah, yakni Ketauhidan
(Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyah), Realistis (Al-Waqiyyah) dan Humanistis ( Al-
Insaniyah). Penerapan strategi pemasaran pada pedagang UD. Laut Indah
membuktikan mampu meningkatkan usaha bisnis karena miliki nama yang baik dan
visi misi yang terarah, mengutamakan kepuasan pelanggan, Kualitas produk
bermutu, Menggunakan media sosial dengan baik dan sudah banyaknya masyarakat
mengetahui usaha UD. Laut Indah dan strategi pemasaran yang diterapkan pada
bisnis ini terletak pada kuadran I yang menunjukan kebijakan pertumbuhan agresif
(growth oriental strategy).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, analisis, pegeloahan data dan pembahasan
dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang UD. Laut Indah yaitu
dengan menggunakan 4 strategi yaitu starategi produk, strategi harga, strategi
promosi dan strategi tempat. Strategi pemasaran pada pedagang UD. Laut
Indah di Desa Lamurukung dilakukan dengan tetap memperhatikan nilai-nilai
pemasaran syariah, yakni Ketauhidan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyah),
Realistis (Al-Waqiyyah) dan Humanistis ( Al-Insaniyah). Dimana pemasaran
dilakukan secara transparan, jujur, terbuka tanpa ada unsur kebohongan
terbebas dari sikap memaksa dan menekan, serta bersaing dengan bersaing
dengan perusahaan lain tanpa harus menjatuhkan atau menjelek-jelekkan
perusahaan pesaing.
2. Berdasarkan hasil analisis SWOT diatas diperoleh bahwa di dalam matriks
IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,65.
Hal ini mengindikasikan bahwa pedagang UD. Laut Indah di Desa Lamurukung
Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone memiliki posisi internal yang begitu
kuat. Selanjutnya, didalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang
dan ancaman memiliki total skor 3,67. Hal ini menunjukkan perusahaan UD.
Laut Indah memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan
peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman. Berdasarkan matriks
SWOT, strategi ini berada pada posisi SO. Maka strategi pemasaran yang
diterapkan pada bisnis ini terletak pada kuadran I yang menunjukan kebijakan
pertumbuhan agresif (growth oriental strategy)
3. Penerapan strategi pemasaran pada pedagang UD. Laut Indah membuktikan
mampu meningkatkan usaha bisnis karena memiliki nama yang baik dan visi
misi yang terarah, mengutamakan kepuasan pelanggan, Kualitas produk
bermutu, Menggunakan media sosial dengan baik dan sudah banyaknya
masyarakat mengetahui usaha UD. Laut Indah. Walaupun ada kendala dalam
menjalankan bisnisnya tetapi UD. Laut Indah selalu bertahan, menjaga dan
mencari solusi terhadap masalah tersebut.
B. Saran
Berdasrakan kesimpulan tersebut diatas, dapat diajukan beberapa hal yang
diharapkan bisa di terapkan yaitu:
1. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan memfaat dan diharapkan usaha
UD. Laut Indah akan lebih maju dan eksis dalam produk. Terus tetap menjaga
hubungan yang baik dan mempertahankan yang berkualitas.
2. Bagi para akademisi dan pembaca untuk memperluas penelitian dengan
mempertimbangkan variabel dan lainnya maupun indikator lainnya. Bagi
peneliti selanjutnya diharapkan di masa yang akan datang dapat digunakan
sebagai salah satu sumber data dan rujukan untuk penelitian dan dilakukan
penelitian lebih lanjut berdasarkan informasi yang lebih lengkap dan lebih
luas.
Ketersediaan
| SFEBI20220212 | 212/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
212/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
