Inovasi layanan pendidikan berbasis Islami dalam menciptakan output yang berkualitas di SD Negeri 98 Sailong

No image available for this title
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk-bentuk layanan berbasis
Islami yang diterapkan di SD Negeri 98 Sailong, yang tentunya orientasi dari layanan
tersebut adalah menciptakan output yang berkualitas. Untuk mencapai target tersebut
tentunya memerlukan pendekatan-pendekatan dalam manajemen pendidikan sebagai
usaha personil pihak sekolah untuk meningkatkan prestasi peserta didik di sekolah.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, sosiologis dan teologis normatif untuk mendapatkan
data yang akurat. Obyek yang diteliti adalah dengan menggunakan data primer dan data
skunder. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang
tentunya dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 98 Sailong ialah penulis menemukan
sejumlah bentuk layanan berbasis Islami yang diterapkan oleh pihak-pihak sekolah. Pertama,
bentuk layanan pendidikan: (1) Mendidik peserta didik untuk berakhlak mulia sesuai
tuntunan Al-quran dan As-Sunah, (2) Berprilaku disiplin, baik dalam dan di luar kelas, (3)
Peserta didik juga dituntut untuk menghormati gurunya maupun sesama temannya.
Kebiasaan-kebiasaan seperti itu didukung oleh budaya yang berkembang di sekolah. Kedua,
usaha personil yang dilakukan sekolah: (1) Pendekatan keteladanan, (2) Pendekatan
pembiasaan, (3) Pendekatan kelompok. Pendekatan-pendekatan tersebut dilakukan agar
akhlak baik peserta didik bisa melekat dalam dirinya sampai dewasa. Ketiga, menghasilkan
output yang berkualitas: (1) Aspek akademik, (2) Non akademik. Sehingga memunculkan
kepuasan pelanggan baik dari peserta didik itu sendiri maupun orang tua siswa serta
masyarakat secara umum.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan
dalam BAB III mengenai inovasi layanan pendidikan berbasis Islami dalam
menciptakan output yang berkualitas di SD Negeri 98 Sailong, maka dapat ditarik
beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1. Bentuk layanan berbasis Islami yang diterapkan di SD Negeri 98 Sailong
antara lain: (a) Menciptakan komunitas yang bermoral dengan jalan saling
menghormati sama lain, (b) Menanamkan sikap disiplin dalam kerjasama
kelompok antara peserta didik, (c) Memaksimalkan peran budaya sekolah
dalam menanamkan pendidikan keagamaan bagi peserta didik sebagai basic
pemikiran.
2. Usaha personil sekolah dalam memberikan layanan berbasis Islami antara
lain: (a) Pendekatan keteladanan yakni lingkungan sekitarnya yang menjadi
contoh peserta didiknya, (b) Pendekatan pembiasaan sebagai tindak
lanjutdari pendekatan sebelumnya agar apa yang dicontoh tersebut dapat
berlangsung terus menerus, (c) Pendekatan kelompok yakni untuk
menumbuhkan sikap sosial kemanusiaan peserta didik di dalam maupun di
luar kelas.
3. Output yang berkualitas yang dihasilkan adalah meningkatnya hasil ujian
peserta didik setiap tahunnya. Selain itu, mampu meraihjuara tingkat
kecamatan dalam lomba dibidangsenidanolahraga. Pengembangan nilai-nilai
keagamaaan dengan jalan mendidik siswa praktek sholat pada agenda
pesantren kilat di bulan ramadhan. Output yang berkualitas lainnya adalah
peserta didik sudah terbiasa berkata jujur dan menghormati temannya
karena itu sudah menjadi budaya di sekolah.
B. Implikasi
Setelah diuraikan simpulan di atas, maka penulis menyampaikan beberapa
saran baik kepada pihak-pihak pelaksana di SD Negeri 98 Sailong maupun
birokrasi IAIN Bone, sebagai berikut:
1. Semoga dengan hadirnya hasil penelitian ini bisa menambah khazanah
keilmuan kita, khususnya materi tentang inovasi layanan pendidikan berbasis
Islami dalam menciptakan output yang berkualitas. Selain itu, Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan karya ilmiah ini sangat jauh dari kata
sempurna, maka dari itu sangat diperlukan adanya kritik dan saran
yangmembangun dari para pembaca.
2. Penulis berharap kepada biroksrasi IAIN Bone khususnya pihak
perpustakaan untuk memperbanyak literaturnya khusus buku-buku tentang
layanan berbasis Islami dalam manajemen pendidikan Islam.
3. Untuk pihak sekolah sendiri, hasil penelitian ini bisa dijadikan referensi
tambahan bagi pihak-pihak sekolah untuk memberikan pelayanan berbasis
Islami sebagai inovasi di masa mendatang.
Ketersediaan
STAR20180340.340/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

340/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top