Efektifitas Pengawasan Guru Terhadap Kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale Kab. Bone
Musdalifah/02. 12. 3121 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Efektifitas Pengawasan Guru Terhadap
Kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale”. Hal
yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bentuk pengawasan
guru terhadap kedisiplinan siswa dan bentuk kedisiplinan siswa di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas di gunaka metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode reduksi data dan penyajian data, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi (Counclusion Drawing).
Berdasarkan hasil penelitian tentang bentuk pengawasan guru terhadap
kedisiplinan siswa diserta dengan membentuk kedisiplinan siswa di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale oleh karean itu, pengawasan guru
merupakan hal terpenting terhadap kedisiplinan siswa sehingga, guru haruslah
melakukan tindakan tegas dengan cara memberikan motivasi, bimbingan,
mengarahan, membina, mendidik, serta dorangan sehingga dalam proses pndidikan
dapat berjalan dengan mutu pendidikan yang diinginkan dan kedisiplinan yang
dilaksanakan guru kepada siswa yang merupakan tindakanyan sangat efektif dalam
sekolah atau madrasah untuk senantiasa mematuhi perturan dan tata tertib sehingga
dalam kegiatan belajar dikelas dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Bentuk pengawasan Guru Terhadap kedisilplinan siswa di MI Tunas Harapan
di Sugiale yaitu pengawasan guru merupakan hal terpenting terhadap
kedisiplinan siswa oleh karena itu, guru haruslah melakukan tindakan tegas
dengan cara memberikan motivasi, bimbingan, mengarahan, membina,
mendidik, serta dorangan sehingga dalam proses pndidikan dapat berjalan
dengan mutu pendidikan yang diinginkan
2. Kedisilplinan siswa di MI Tunas Harapan di Sugiale yaitu kedisiplinan yang
dilaksanakan guru kepada siswa yang merupakan tindakanyan sangat efektif
dalam sekolah atau madrasah untuk senantiasa mematuhi perturan dan tata
tertib sehingga dalam kegiatan belajar dikelas dapat mengikuti proses
pembelajaran dengan baik.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawa ini akan di
uraikakan saran-saran. Adapun saran–saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah:
1. Kepada guru seharusnya konsisten terhadap peraturan-peraturan yang
diterapkan kepada siswa di sekolah, sehingga siswa melakukan segala aktifitas
sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
2. Kepada siswa seharusnya mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah terutama
menyangkut hal kedisiplinan, baik itu disiplin di dalam kelas maupun di luar
kelas.
Kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale”. Hal
yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bentuk pengawasan
guru terhadap kedisiplinan siswa dan bentuk kedisiplinan siswa di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas di gunaka metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode reduksi data dan penyajian data, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi (Counclusion Drawing).
Berdasarkan hasil penelitian tentang bentuk pengawasan guru terhadap
kedisiplinan siswa diserta dengan membentuk kedisiplinan siswa di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Tunas Harapan Desa Sugiale oleh karean itu, pengawasan guru
merupakan hal terpenting terhadap kedisiplinan siswa sehingga, guru haruslah
melakukan tindakan tegas dengan cara memberikan motivasi, bimbingan,
mengarahan, membina, mendidik, serta dorangan sehingga dalam proses pndidikan
dapat berjalan dengan mutu pendidikan yang diinginkan dan kedisiplinan yang
dilaksanakan guru kepada siswa yang merupakan tindakanyan sangat efektif dalam
sekolah atau madrasah untuk senantiasa mematuhi perturan dan tata tertib sehingga
dalam kegiatan belajar dikelas dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Bentuk pengawasan Guru Terhadap kedisilplinan siswa di MI Tunas Harapan
di Sugiale yaitu pengawasan guru merupakan hal terpenting terhadap
kedisiplinan siswa oleh karena itu, guru haruslah melakukan tindakan tegas
dengan cara memberikan motivasi, bimbingan, mengarahan, membina,
mendidik, serta dorangan sehingga dalam proses pndidikan dapat berjalan
dengan mutu pendidikan yang diinginkan
2. Kedisilplinan siswa di MI Tunas Harapan di Sugiale yaitu kedisiplinan yang
dilaksanakan guru kepada siswa yang merupakan tindakanyan sangat efektif
dalam sekolah atau madrasah untuk senantiasa mematuhi perturan dan tata
tertib sehingga dalam kegiatan belajar dikelas dapat mengikuti proses
pembelajaran dengan baik.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawa ini akan di
uraikakan saran-saran. Adapun saran–saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah:
1. Kepada guru seharusnya konsisten terhadap peraturan-peraturan yang
diterapkan kepada siswa di sekolah, sehingga siswa melakukan segala aktifitas
sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
2. Kepada siswa seharusnya mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah terutama
menyangkut hal kedisiplinan, baik itu disiplin di dalam kelas maupun di luar
kelas.
Ketersediaan
| STAR20170323 | 323/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
323/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
