Peranan Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kreativitas Pegawai Di SMK 8 Bone
Arwinda/02.18. 3111 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peranan pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan
kinerja pegawai di SMKN 8 BONE. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan pegawai di SMKN 8 BONE.
Metode yang digunakan penelitian kualitatif ( penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang peranan
pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai di SMKN 8 BONE.
Hasil penelitian yang menunjukkan pertama, peranan pendidikan dan pelatihan di
SMKN 8 BONE di mana di dalam peranan pendidikan dan pelatihan dari judul
penelitian di dalam pendidikan ada yang dinamakan suatu pelatihan di mana
pendidikan dan pelatihan ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan kualitas
sumber daya aparatur yaitu aparatur pegawai yang professional baik dalam hal
kompetensi, sikap dan perilaku yang diharapkan sesuai dengan tugas dan peranannya
masing – masing. Suatu pelatihan dapat membantu meningkatkan kemampuan
pegawai dalam melaksanakan tugasnya dan seperti halnya dengan pendidikan yang
dapat berorientasi pada peningkatan produktivitas kerja pegawai di masa depan. Di
mana pendidikan dan pelatihan dapat mempersiapkan suatu anggota organisasi dan
dapat memperbaiki kinerja lewat peningkatan pengetahuan, dan keterampilan . Dan
yang kedua,Tentang peningkatan kinerja pegawai di mana di sekolah SMKN 8
BONE ini, peningkatan kerja dapat merujuk pada jumlah kerja yang telah di capai
dan dapat diliat dari kecepatan kerja setiap pegawai dalam pelaksanaan tugas
seberapa jauh pegawai mampu melakukan pekerjaannya dengan akurat atau tidak ada
kesalahan. Dan juga dapat menunjukkan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan
untuk menyelesaikan pekerjaannya.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan
pelatihan pegawai di smkn 8 bone memiliki peran yang penting, hal ini dibuktikan
dengan: Isi pelatihan yang diadakan sangat bagus bahwa suatu pelatihan dapat
membantu mengembangkan kompetensi, serta Metode pelatihan yang digunakan
sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan, Sikap dan keterampilan
instruktur pada saat pelatihan sikap nya humoris dan ramah serta bagus dalam
penyampaian materi, dan Lamanya waktu pelatihan ini sudah bagus krna diadakan
selama 2 hari dan ada juga sampai 1 minggu agar pelatihan yang diadakan dapat di
liat dari perkembangan pengetahuan dan teknologi beragam media yang tersedia di
lingkungan begitupun Fasilitas yang diberikan sudah bagus seperti perlengkapan
yang di berikan sudah terpenuhi seperti biaya makan di tanggung serta biaya
transportasi juga di tanggung.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
kinerja pegawai di SMKN 8 BONE hal ini dibuktikan dengan: Kualitas kerja tersebut
sudah bagus dan peningkatan mutu pekerjaannya sangat meningkat, serta Kuantitas
kerja sudah maksimal dan jumlah kerjanya telah di capai, Ketetapan waktu dalam
mengerjakan tugas ada yang sudah tepat waktu dan ada juga yang tidak tepat waktu
tetapi peningkatan kompetensinya sudah bagus, dan Efektivitas kinerja sudah dapat
mencapai suatu tujuan, dan dapat di ukur dari keterampilan kerja di lingkungan
sebuah sekolah begitupun Kemandirian dalam suatu pekerjaan tidak bisa di kerjakan
tanpa bantuan dari orang lain karna selalu ada keterkaitan atau selalu ada komunikasi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran- saran. Adapun saran- saran
yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Pendidikan di Indonesia sangat mengedepankan nilai nilai karakter pada
peserta didiknya maka dari itu dalam dunia pendidikan ada yang
dinamakan suatu pelatihan di mana pelatihan ini memiliki peran strategis
untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya yang diharapkan sesuai
dengan tugas dan peranannya masing masing.
2. Peningkatan kinerja memerlukan motivasi yang kuat agar melaksanakan
pekerjaannya secara bersemangat dan dapat menentukan bagaimana
usaha untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi dalam suatu
organisasi.
kinerja pegawai di SMKN 8 BONE. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan pegawai di SMKN 8 BONE.
Metode yang digunakan penelitian kualitatif ( penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang peranan
pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai di SMKN 8 BONE.
Hasil penelitian yang menunjukkan pertama, peranan pendidikan dan pelatihan di
SMKN 8 BONE di mana di dalam peranan pendidikan dan pelatihan dari judul
penelitian di dalam pendidikan ada yang dinamakan suatu pelatihan di mana
pendidikan dan pelatihan ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan kualitas
sumber daya aparatur yaitu aparatur pegawai yang professional baik dalam hal
kompetensi, sikap dan perilaku yang diharapkan sesuai dengan tugas dan peranannya
masing – masing. Suatu pelatihan dapat membantu meningkatkan kemampuan
pegawai dalam melaksanakan tugasnya dan seperti halnya dengan pendidikan yang
dapat berorientasi pada peningkatan produktivitas kerja pegawai di masa depan. Di
mana pendidikan dan pelatihan dapat mempersiapkan suatu anggota organisasi dan
dapat memperbaiki kinerja lewat peningkatan pengetahuan, dan keterampilan . Dan
yang kedua,Tentang peningkatan kinerja pegawai di mana di sekolah SMKN 8
BONE ini, peningkatan kerja dapat merujuk pada jumlah kerja yang telah di capai
dan dapat diliat dari kecepatan kerja setiap pegawai dalam pelaksanaan tugas
seberapa jauh pegawai mampu melakukan pekerjaannya dengan akurat atau tidak ada
kesalahan. Dan juga dapat menunjukkan tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan
untuk menyelesaikan pekerjaannya.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan dan
pelatihan pegawai di smkn 8 bone memiliki peran yang penting, hal ini dibuktikan
dengan: Isi pelatihan yang diadakan sangat bagus bahwa suatu pelatihan dapat
membantu mengembangkan kompetensi, serta Metode pelatihan yang digunakan
sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan, Sikap dan keterampilan
instruktur pada saat pelatihan sikap nya humoris dan ramah serta bagus dalam
penyampaian materi, dan Lamanya waktu pelatihan ini sudah bagus krna diadakan
selama 2 hari dan ada juga sampai 1 minggu agar pelatihan yang diadakan dapat di
liat dari perkembangan pengetahuan dan teknologi beragam media yang tersedia di
lingkungan begitupun Fasilitas yang diberikan sudah bagus seperti perlengkapan
yang di berikan sudah terpenuhi seperti biaya makan di tanggung serta biaya
transportasi juga di tanggung.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan
kinerja pegawai di SMKN 8 BONE hal ini dibuktikan dengan: Kualitas kerja tersebut
sudah bagus dan peningkatan mutu pekerjaannya sangat meningkat, serta Kuantitas
kerja sudah maksimal dan jumlah kerjanya telah di capai, Ketetapan waktu dalam
mengerjakan tugas ada yang sudah tepat waktu dan ada juga yang tidak tepat waktu
tetapi peningkatan kompetensinya sudah bagus, dan Efektivitas kinerja sudah dapat
mencapai suatu tujuan, dan dapat di ukur dari keterampilan kerja di lingkungan
sebuah sekolah begitupun Kemandirian dalam suatu pekerjaan tidak bisa di kerjakan
tanpa bantuan dari orang lain karna selalu ada keterkaitan atau selalu ada komunikasi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran- saran. Adapun saran- saran
yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Pendidikan di Indonesia sangat mengedepankan nilai nilai karakter pada
peserta didiknya maka dari itu dalam dunia pendidikan ada yang
dinamakan suatu pelatihan di mana pelatihan ini memiliki peran strategis
untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya yang diharapkan sesuai
dengan tugas dan peranannya masing masing.
2. Peningkatan kinerja memerlukan motivasi yang kuat agar melaksanakan
pekerjaannya secara bersemangat dan dapat menentukan bagaimana
usaha untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi dalam suatu
organisasi.
Ketersediaan
| STAR20220199 | 199/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
199/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
