Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain Lonra Kabupaten Bone
Meliana/02.18.3030 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia
Terhadap Keterampilan Kerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di
MTs Annurain Lonrae”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui apakah kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap
keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain
Lonrae. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitati (field research) dengan pendekatan
penelitian ialah pendekatan manajemen. Populasi penelitian yaitu seluruh tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan dan menggunakan sampel jenuh yaitu
manjadikan seluruh populasi sebagai sampel yaitu keseluruhan tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan yang terdari dari 22 orang. Metode yang digunakan
adalah pengolahan secara kuantitatif (statistik), untuk analisis data yang bersifat
deskriptif mnggunaan rumus proporsi atau persentase dan juga menggunakan
analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara veriabel
independen dengan variabel dependen. Hasil dari analisis angket yang diperoleh
rata-rata untuk variabel kompetensi sumber daya manusia atau variabel X adalah
81,35. Angka 81,35 berada pada kategori baik, jadi dapat dibuktikan bahwa
kompetensi sumber daya manusia yang berkaitan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap di MTs Annurain Lonrae dalam kondisi baik. Hasil
analisis angket yang diperoleh rata-rata untuk variabel keterampilan kerja tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan atau variabel Y adalah 64,08 artinya bahwa
keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain
Lonrae berada dalam kondisi yang kurang baik. Adapun pengaruh kompetensi
sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan berdasarkan hasil analisis regresi linier sedarhana dan kemudian
diuji statistik berdistribusi F sehingga memperoleh hasil F h = 0,9< F tabel = 4,35 hal
ini menunjukkan bahwa H 0 diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan kompetensi sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain Lonrae. Berdasarkan hasil
dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini penulis dapat
menyimpulkan bahwa sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk
dimiliki, tanpa adanya sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan,
keterampilan dan sikap yang baik tentu tidak akan mampu bersaing dengan
lembaga pendidikan yang lain. Kompetensi sumber daya manusia juga
berpengaruh terhadap keterampilan kerja sehingga dapat menghasilkan tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan yang baik dan kompeten.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Tenaga kependidikan di MTs Annurain Lonrae terdapat 22 orang yang terdiri
dari 7 orang laki-laki dan 15 orang perempuan dengan usia 20-29 sebanyak 9
orang, 30-39 sebanyak 7 orang, 40-49 sebanyak 5 orang dan >49 sebanyak 1
orang, pendidikan terakhir para tenaga kependidikan didominasi dengan
pedidikan SMA sebanyak 6 orang, S1 sebanyak 14 orang dan S2 sebanyak 2
orang, dan lama bekerja tenaga kependidikan 1-5 tahun sebanyak 13 orang, 6-
10 tahun sebanyak 5 orang dan >10 tahun sebanyak 4 orang.
2. Hasil analisis angket kompetensi sumber daya manusia (Variabel X) dapat
dipahami bahwa rata-rata untuk variabel kompetensi sumber daya manusia
(Variabel X) adalah angka 81,35% berada pada kategori baik. Jadi dapat
dibuktikan bahwa kompetensi sumber daya manusia yang terkait dengan
pengetahuan, keterampiln dan sikap di MTs Annurain Lonrae berada dalam
kondisi yang baik. Keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan di MtsAnnurain Lonrae dari analisis angket (Variabel Y) dapat
dipahami bahwa rata-rata untuk variabel angket keterampilan kerja tenaga
pendidik dan tenaga kepemimpinan (Variabel Y) adalah 64,08%. Jadi dapat
dibuktikan bahwa keterampilan kerja tenaga kependidikan di MTs Annurain
Lonrae dalam kondisi kurang baik.
3. Berdasarkan model persamaan regresi, diperoleh rata-rata (a) -1,4 ini berarti
walaupun tidak ada faktor kompetensi sumber daya manusia, terdapat rata-
rata keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebesar -1,4.
Sedangkan koefisien pengaruh (b) diperoleh nilai positif yaitu 1,0 hal ini
menunjukkan terdapat pengaruh kompetensi sumber daya manusia sebesar
1,0. Jadi secara deskriptif dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh
kompetensi sumber daya manusia dalam keterampilan kerja tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan dengan lemah/ rendah antara dua variabel itu
sebesar 0,30. Kemudian berdasarkan perhitungan tersebut menunjukkan
bahwa F h sebesar 0,9< F tabel sebesar 4,35. Hal ini menunjukan bahwa H 0
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi
sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan diatas maka
diajukan beberapa saran yang bertujuan untuk kemajuan MTs Annurain Lonrae
sebagai berikut:
1. Bagi MTs Annurain Lonrae
Penulis menyarankan kepada kepala madrasah agar dapat mempertahankan
dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para tenaga kependidikan,
dengan memberikan pelatihan tambahan agar dapat mengoptimalkan
kompetensi setiap individu sehingga produktivitas kerja dapat tercapai kearah
yang lebih baik lagi.
2. Bagi penulis
Diharapkan agar pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lebih
mendalam lagi mengenai kompetensi sumber daya manusia dengan
menambahkan variabel lain yang berhubungan dengan keterampilan kerja
tenaga kependidikan.
Terhadap Keterampilan Kerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di
MTs Annurain Lonrae”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui apakah kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap
keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain
Lonrae. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitati (field research) dengan pendekatan
penelitian ialah pendekatan manajemen. Populasi penelitian yaitu seluruh tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan dan menggunakan sampel jenuh yaitu
manjadikan seluruh populasi sebagai sampel yaitu keseluruhan tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan yang terdari dari 22 orang. Metode yang digunakan
adalah pengolahan secara kuantitatif (statistik), untuk analisis data yang bersifat
deskriptif mnggunaan rumus proporsi atau persentase dan juga menggunakan
analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara veriabel
independen dengan variabel dependen. Hasil dari analisis angket yang diperoleh
rata-rata untuk variabel kompetensi sumber daya manusia atau variabel X adalah
81,35. Angka 81,35 berada pada kategori baik, jadi dapat dibuktikan bahwa
kompetensi sumber daya manusia yang berkaitan dengan pengetahuan,
keterampilan dan sikap di MTs Annurain Lonrae dalam kondisi baik. Hasil
analisis angket yang diperoleh rata-rata untuk variabel keterampilan kerja tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan atau variabel Y adalah 64,08 artinya bahwa
keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain
Lonrae berada dalam kondisi yang kurang baik. Adapun pengaruh kompetensi
sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan berdasarkan hasil analisis regresi linier sedarhana dan kemudian
diuji statistik berdistribusi F sehingga memperoleh hasil F h = 0,9< F tabel = 4,35 hal
ini menunjukkan bahwa H 0 diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan kompetensi sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Annurain Lonrae. Berdasarkan hasil
dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini penulis dapat
menyimpulkan bahwa sumber daya manusia merupakan hal yang penting untuk
dimiliki, tanpa adanya sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan,
keterampilan dan sikap yang baik tentu tidak akan mampu bersaing dengan
lembaga pendidikan yang lain. Kompetensi sumber daya manusia juga
berpengaruh terhadap keterampilan kerja sehingga dapat menghasilkan tenaga
pendidik dan tenaga kependidikan yang baik dan kompeten.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Tenaga kependidikan di MTs Annurain Lonrae terdapat 22 orang yang terdiri
dari 7 orang laki-laki dan 15 orang perempuan dengan usia 20-29 sebanyak 9
orang, 30-39 sebanyak 7 orang, 40-49 sebanyak 5 orang dan >49 sebanyak 1
orang, pendidikan terakhir para tenaga kependidikan didominasi dengan
pedidikan SMA sebanyak 6 orang, S1 sebanyak 14 orang dan S2 sebanyak 2
orang, dan lama bekerja tenaga kependidikan 1-5 tahun sebanyak 13 orang, 6-
10 tahun sebanyak 5 orang dan >10 tahun sebanyak 4 orang.
2. Hasil analisis angket kompetensi sumber daya manusia (Variabel X) dapat
dipahami bahwa rata-rata untuk variabel kompetensi sumber daya manusia
(Variabel X) adalah angka 81,35% berada pada kategori baik. Jadi dapat
dibuktikan bahwa kompetensi sumber daya manusia yang terkait dengan
pengetahuan, keterampiln dan sikap di MTs Annurain Lonrae berada dalam
kondisi yang baik. Keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan di MtsAnnurain Lonrae dari analisis angket (Variabel Y) dapat
dipahami bahwa rata-rata untuk variabel angket keterampilan kerja tenaga
pendidik dan tenaga kepemimpinan (Variabel Y) adalah 64,08%. Jadi dapat
dibuktikan bahwa keterampilan kerja tenaga kependidikan di MTs Annurain
Lonrae dalam kondisi kurang baik.
3. Berdasarkan model persamaan regresi, diperoleh rata-rata (a) -1,4 ini berarti
walaupun tidak ada faktor kompetensi sumber daya manusia, terdapat rata-
rata keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebesar -1,4.
Sedangkan koefisien pengaruh (b) diperoleh nilai positif yaitu 1,0 hal ini
menunjukkan terdapat pengaruh kompetensi sumber daya manusia sebesar
1,0. Jadi secara deskriptif dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh
kompetensi sumber daya manusia dalam keterampilan kerja tenaga pendidik
dan tenaga kependidikan dengan lemah/ rendah antara dua variabel itu
sebesar 0,30. Kemudian berdasarkan perhitungan tersebut menunjukkan
bahwa F h sebesar 0,9< F tabel sebesar 4,35. Hal ini menunjukan bahwa H 0
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi
sumber daya manusia terhadap keterampilan kerja tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan diatas maka
diajukan beberapa saran yang bertujuan untuk kemajuan MTs Annurain Lonrae
sebagai berikut:
1. Bagi MTs Annurain Lonrae
Penulis menyarankan kepada kepala madrasah agar dapat mempertahankan
dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para tenaga kependidikan,
dengan memberikan pelatihan tambahan agar dapat mengoptimalkan
kompetensi setiap individu sehingga produktivitas kerja dapat tercapai kearah
yang lebih baik lagi.
2. Bagi penulis
Diharapkan agar pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lebih
mendalam lagi mengenai kompetensi sumber daya manusia dengan
menambahkan variabel lain yang berhubungan dengan keterampilan kerja
tenaga kependidikan.
Ketersediaan
| STAR20220329 | 329/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
329/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
