Penerapan Manajemen Lingkungan Sosial Dalam Meningkatkan Kerja Sama Antara Madrasah Dan Orang Tua Siswa di MTs DDI Mulamenree Kec. Ulaweng Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai penerapan manajemen lingkungan sosial
dalam meningkatkan kerja sama antara madrasah dan orang tua siswa di MTs DDI
Mulamenree Kec. Ulaweng Kab. Bone. Adapun masalah yang diangkat adalah a).
Pelaksanaan manajemen lingkungan sosial, b). Bentuk kerja sama antara madrasah
dan orang tua siswa, dan c). Kontribusi manajemen lingkungan sosial dalam
meningkatkan kerja sama antara madrasah dan orang tua siswa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian. Bertujuan untuk memperoleh
data primer dan data skunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari
hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif
yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-
hal yang bersifat umum dan analisis deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang
bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat
khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; pelaksanaan manajemen
lingkungan sosial di MTs DDI Mulamenree meliputi perencanaan, yaitu penetapan
tujuan madrasah ditetapkan sesuai visi misi dan tujuan madrasah tersebut.
Selanjutnya tahap pengorganisasian, yaitu tujuan organisasi diketahui oleh semua
personel. Kemudian penggerakan, Dengan adanya kerja sama yang baik maka
seluruh kegiatan di madrasah tersebut akan terlaksana dengan baik. Yang terakhir
tahap pengendalian yaitu tujuan yang terdapat di madrasah dapat tercapai dengan
maksimal dan apabila tujuan tidak dapat tercapai secara maksimal maka hal yang
dilakukan adalah melakukan evaluasi atau pengecekan ulang terkait hal-hal yang
bermasalah. Kedua; adapun bentuk kerja sama madrasah dan orang tua siswa di
MTs DDI Mulamenree meliputi pembinaan bersama terhadap anak seperti
melakukan kerja sama yang baik, setiap siswa di madrasah mendapatkan dorongan
dan semangat untuk belajar, setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa telah
dilaksanakan pengontrolan dan pengawasan yang baik oleh pihak madrasah.
Selanjutnya pencegahan atau penanggulangan kenakalan remaja, pemenuhan
pembiayaan atau dana pendidikan. Ketiga; kontribusi manajemen lingkungan sosial
dalam meningkatkan kerja sama antara madrasah dan orang tua siswa di MTs DDI
Mulamenree Kec. Ulaweng Kab. Bone dengan melihat partisipasi orang tua dan
madrasah dalam melaksanakan tujuan pendidikan. Adapun kontribusinya meliputi
madrasah menjalin kerja sama yang baik dengan orang tua siswa, orang tua siswa
ikut berpartisipasi dalam kegiatan madrasah, menjaga komunikasi yang harmonis,
dan orang tua siswa senantiasa memberikan dana ataupun bantuan untuk madrasah.
A. Simpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian secara terperinci tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan topik pembahasan, maka tibalah pada uraian untuk
menyimpulkan hasil yang didapatkan oleh penulis.
1. Pelaksanaa manajemen lingkungan sosial di MTs DDI Mulamenree meliputi
perencanaan, yaitu penetapan tujuan madrasah di MTs DDI Mulamenree
ditetapkan sesuai Visi Misi dan tujuan madrasah tersebut. Selanjutnya tahap
pengorganisasian, yaitu tujuan organisasi diketahui oleh semua personel.
Kemudian penggerakan, adanya kerja sama yang baik maka seluruh kegiatan
di madrasah tersebut akan terlaksana dengan baik. Terakhir tahap
pengendalian yaitu tujuan dapat tercapai secara maksimal maka hal yang
dilakukan adalah melakukan evaluasi atau pengecekan ulang terkait hal-hal
yang bermasalah.
2. Bentuk kerja sama madrasah dan orang tua siswa di MTs DDI Mullamenree
meliputi pembinaan bersama terhadap anak seperti melakukan kerja sam yang
baik. Setiap siswa di madrasah mndapatkan dorongan dan semangat untuk
belajar. Setiap kegiatan yang dilakukan siswa telah dilaksanakan pengontrolan
dan penanggulangan kenakalan remaja, pemenuhan pembiayaan atau dana
pendidikan.
3. Manajemen lingkungan sosial dalam m,eningkatkan kerja sma antara
madrasah dan orang tua siswa di MTs DDI Mulamenree Kec. Ulaweng Kab.
Bone dengan melihat partisipasi orang tua dan madrasah dalam melaksanakan
tujuan pendidikan. Adapun kontribusinya meliputi madrasah menjalin kerja
sama yang baik dengan orang tua siswa. Orang tua siswa ikut berpartisipasi
dalam kegiatan madrasah, menjaga komunikasi yang harmonis, dan orang tua
siswa senantiasa memberikan dana ataupun bantuan untuk madrasah.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis menyarankan
beberapa hal yaitu:
1. Pihak madrasah perlu memperhatikan manajemen lingkungan sosial yang ada
di dalam madrasah tersebut agar berjalan dengan baik. Karena dengan adanya
manajemen lingkungan sosial dalam madrasah dapat meningkatkan kerjasama
antara madrasah dan orangtua siswa sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai..
2. Madrasah dan orangtua siswa dituntut untuk saling bekerja sama dengan baik
sehingga tujuan pendidikan terlaksana dengan efisien dan efektif.
Ketersediaan
STAR20200221221/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

221/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top