Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Di Lingk. Awang Pasareng Kel. Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat
Rahmi/ 02.18.6022 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Orang Tua dalam Mendampingi
Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi di Lingkungan Awang
Pasareng Kelurahan Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat. Melalui
penelitian lapangan (Field Research) yang dengan jenis kualitatif deskripstif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi
penggunaan gadget pada anak usia dini yakni, (1) Orang tua mampu mengajarkan hal
baik dan hal buruk kepada anak (2) Orang tua mampu mengarahkan anak dalam
menggunakan gadget untuk mengembangkan keterampilannya (3) Orang tua mampu
membangun komunikasi yang baik kepada anak. (4) Orang tua mampu melindungi
kesehatan anak dalam penggunaan gadget, (5) Orang tua mampu melindungi
keamanan anak dalam penggunaan gadget, (6) Orang tua mampu mengontrol waktu
penggunaan gadget anak. (7) Orang tua mampu menasehati anak dalam penggunaan
gadget, (8) Orang tua mampu menegur ketika melanggar aturan penggunaan gadget,
(9) Orang tua mampu memberikan edukasi tentang dampak positif dan negatif
tentang gadget. Faktor pendukung dalam mendampingi penggunaan gadget pada
anak usia dini yakni orang tua bekerjasama dalam mendampingi penggunaan gadget,
orang tua memberikan perlindungan kepada anak berupa anti radiasi, memberikan jus
wortel kepada anak, memberikan batasan jarak dalam menggunakan gadget,
memberikan durasi penggunaan gadget pada anak, memberikan batasan tontonan
anak. Adapun faktor penghambat dalam mendampingi penggunaan gadget pada anak
usia dini yakni orang tua memiliki aktivitas yang sulit untuk ditinggalkan, sulit untuk
mengontrol penggunaan gadget anak, anak rewel, anak tidak mampu mengikuti
durasi waktu yang ditentukan oleh orang tuanya.
A. Simpulan
1. Peran orang tua dalam mendampingi penggunaan gadget pada anak usia
dini di masa pandemi di Lingkungan Awang Pasareng Kecamatan Tanete
Riattang Barat yaitu pertama orang tua sebagai pendidik, yakni orang tua
mampu mengajarkan hal baik dan hal buruk kepada anak, orang tua
mampu mengarahkan anak dalam menggunakan gadget untuk
mengembangkan keterampilannya, dan orang tua mampu membangun
komunikasi yang baik kepada anak. Kedua orang tua menjadi pelindung,
yakni orang tua mampu melindungi kesehatan anak dalam penggunaan
gadget, orang tua mampu melindungi keamanan anak dalam penggunaan
gadget, dan orang tua mampu mengontrol waktu penggunaan gadget anak.
Dan ketiga orang tua menjadi penasehat yakni, orang tua mampu
menasehati anak dalam penggunaan gadget, orang tua mampu menegur
ketika melanggar aturan penggunaan gadget, dan orang tua mampu
memberikan edukasi tentang dampak positif dan negatif tentang gadget.
2. Faktor pendukung dan penghambat
Adapun faktor pendukung dalam mendampingi penggunaan gadget
pada anak usia dini yakni orang tua bekerjasama dalam mendampingi
penggunaan gadget pada anak, orang tua memberikan perlindungan
kepada anak berupa anti radiasi, memberikan jus wortel kepada anak,
memberikan batasan jarak dalamnmenggunakan gadget,nmemberikan durasi
penggunaan gadget pada anak, memberikan batasan tontonan anak.
Adapun faktor penghambat dalam mendampingi penggunaan gadget pada
anak usia dini yakni orang tua memiliki aktivitas yang sulit untuk
ditinggalkan, sulit untuk mengontrol penggunaan gadget anak, anak rewel,
anak tidak mampu mengikuti durasi waktu yang ditentukan oleh orang
tuanya.
B. Implikasi
Orang tua mampu lebih peka dalam mendampingi penggunaan gadget
pada anak usia dini di masa pandemi di Lingkungan Awang Pasareng
Kelurahan Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat. Bagi pembaca
diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai sumber ilmu
pengetahuan guna menambah wawasan.
Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi di Lingkungan Awang
Pasareng Kelurahan Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat. Melalui
penelitian lapangan (Field Research) yang dengan jenis kualitatif deskripstif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi
penggunaan gadget pada anak usia dini yakni, (1) Orang tua mampu mengajarkan hal
baik dan hal buruk kepada anak (2) Orang tua mampu mengarahkan anak dalam
menggunakan gadget untuk mengembangkan keterampilannya (3) Orang tua mampu
membangun komunikasi yang baik kepada anak. (4) Orang tua mampu melindungi
kesehatan anak dalam penggunaan gadget, (5) Orang tua mampu melindungi
keamanan anak dalam penggunaan gadget, (6) Orang tua mampu mengontrol waktu
penggunaan gadget anak. (7) Orang tua mampu menasehati anak dalam penggunaan
gadget, (8) Orang tua mampu menegur ketika melanggar aturan penggunaan gadget,
(9) Orang tua mampu memberikan edukasi tentang dampak positif dan negatif
tentang gadget. Faktor pendukung dalam mendampingi penggunaan gadget pada
anak usia dini yakni orang tua bekerjasama dalam mendampingi penggunaan gadget,
orang tua memberikan perlindungan kepada anak berupa anti radiasi, memberikan jus
wortel kepada anak, memberikan batasan jarak dalam menggunakan gadget,
memberikan durasi penggunaan gadget pada anak, memberikan batasan tontonan
anak. Adapun faktor penghambat dalam mendampingi penggunaan gadget pada anak
usia dini yakni orang tua memiliki aktivitas yang sulit untuk ditinggalkan, sulit untuk
mengontrol penggunaan gadget anak, anak rewel, anak tidak mampu mengikuti
durasi waktu yang ditentukan oleh orang tuanya.
A. Simpulan
1. Peran orang tua dalam mendampingi penggunaan gadget pada anak usia
dini di masa pandemi di Lingkungan Awang Pasareng Kecamatan Tanete
Riattang Barat yaitu pertama orang tua sebagai pendidik, yakni orang tua
mampu mengajarkan hal baik dan hal buruk kepada anak, orang tua
mampu mengarahkan anak dalam menggunakan gadget untuk
mengembangkan keterampilannya, dan orang tua mampu membangun
komunikasi yang baik kepada anak. Kedua orang tua menjadi pelindung,
yakni orang tua mampu melindungi kesehatan anak dalam penggunaan
gadget, orang tua mampu melindungi keamanan anak dalam penggunaan
gadget, dan orang tua mampu mengontrol waktu penggunaan gadget anak.
Dan ketiga orang tua menjadi penasehat yakni, orang tua mampu
menasehati anak dalam penggunaan gadget, orang tua mampu menegur
ketika melanggar aturan penggunaan gadget, dan orang tua mampu
memberikan edukasi tentang dampak positif dan negatif tentang gadget.
2. Faktor pendukung dan penghambat
Adapun faktor pendukung dalam mendampingi penggunaan gadget
pada anak usia dini yakni orang tua bekerjasama dalam mendampingi
penggunaan gadget pada anak, orang tua memberikan perlindungan
kepada anak berupa anti radiasi, memberikan jus wortel kepada anak,
memberikan batasan jarak dalamnmenggunakan gadget,nmemberikan durasi
penggunaan gadget pada anak, memberikan batasan tontonan anak.
Adapun faktor penghambat dalam mendampingi penggunaan gadget pada
anak usia dini yakni orang tua memiliki aktivitas yang sulit untuk
ditinggalkan, sulit untuk mengontrol penggunaan gadget anak, anak rewel,
anak tidak mampu mengikuti durasi waktu yang ditentukan oleh orang
tuanya.
B. Implikasi
Orang tua mampu lebih peka dalam mendampingi penggunaan gadget
pada anak usia dini di masa pandemi di Lingkungan Awang Pasareng
Kelurahan Watang Palakka Kecamatan Tanete Riattang Barat. Bagi pembaca
diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai sumber ilmu
pengetahuan guna menambah wawasan.
Ketersediaan
| STAR20220066 | 66/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
66/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
