Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Nasyarina Anas/ 02.14.5021 - Personal Name
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai
Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Amin
Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone”, pokok permasalahan yang dikaji
dalam skripsi ini adalah Pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI AL-Amin Cabalu.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dari
pengaruh penggunaan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis analisis deskriftif kuantitatif
dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-Test
(Eksperimen). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil
belajar siswa kelas IV di MI Al-Amin Cabalu. Sedangkan observasi, wawancara dan
dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran menggunakan
media lingkungan sekolah dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran
berlangsung. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis
statistik dengan menggunakan analisis Uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di
MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu adanya perbedaan
rata-rata nilai siswa pada kelas IV yang diberikan penggunaan media lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar, dibandingkan dengan yang hanya menggunakan
metode ceramah. Dapat dilihat dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung
adalah 17,15 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t dengan taraf
signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel sebesar 3,16. Maka dapat kita ketahui bahwa
thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 17,15 > 3,16. Dengan demikian
pembelajaran yang menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam meningkatkan hasil belajar siswa lebih efektif dibandingkan yang hanya
menggunakan metode ceramah pada kelas IV di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete
Riattang Barat Kab.Bone.
A.
Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis
uraikan dalam bab III mengenai pengaruh penggunaan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI
Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Kab. Bone. Maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Dengan media lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar
membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran dan mempermudah
siswa menerima pesan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, siswa
lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru ketika
menerapkan media lingkungan sekolah dibandingkan ketika hanya
menyampaikan materi pelajaran dengan menerapkan metode ceramah.
Karena dengan menggunakan media lingkungan, siswa tidak hanya
mendengar materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru tapi juga bisa
melihat secara langsung/nyata yang berkaitan dengan materi yang
disampaikan oleh guru melalui benda-benda yang diperlihatkan sehingga
lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lingkungan dalam
pembelajaran tematik di kelas IV MI Al-Amin Cabalu sangat efektif untuk
memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan membuat
siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Adapun
langkah-langkah pelaksanaanatau penyajian media lingkungan,
pembelajaran tematik dengan cara menyiapkan media, menyampaikan
tujuan pembelajaran, menjelaskan teks atau pesan yang terdapat pada
lingkungan sekolah, dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan yang
terakhir melakukan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
materi pelajaran dengan menerapkan media lingkungan sekolah.
2. Hasil belajar dapat dilihat melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk
mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan tingkat
kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Adapun hasil kognitif yang diperoleh siswa dalam preoses belajar
dengan menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar,
siswa mampu mengemukakan materi yang telah dipelajari karena pada
dasarnya siswa melangsungkan proses belajar secara PAKEM. Sehingga
nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari
hasil nilai yang diperoleh sebelumnya.
Adapun hasil afektif yang diperoleh siswa dalam proses belajar
dengan menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar,
siswa mampu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan melakukan
kerja bakti secara gotong royong dan membuang sisa sampah atau bekas
makanan yang telah dimakan untuk dibuang ketempat sampah, karena
sebelumnya guru telah memberikan kebiasaan kepada siswa untuk
menjaga dan membersihan lingkungan sekolah dengan baik.
Adapun hasil psikomotorik yang diperoleh siswa dalam proses
belajar dengan menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar, siswa mampu memahami gerakan yang diperagakan oleh guru
pada saat melakukan gerakan tarian dan begitu pun pada saat memberikan
contoh bernyanyi pada pembelajaran seni.
3. Pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Amin Cabalu Kec.
Tanete Riattang Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis yang dilakukan
peneliti terhadap nilai siswa pada saat sebelum menggunakan lingkungan
siswa memiliki nilai rata-rata dibawah 70 yang telah ditentukan oleh guru,
kemudian setelah menggunakan lingkungan nilai siswa mengalami
kenaikan yang jauh lebih baik dengan nilai rata-rata diatas 70 yang
menyebabkan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV memiliki pengaruh yang
besar terhadap peningkatan hasil nilai belajar siswa.
Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Amin
Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone”, pokok permasalahan yang dikaji
dalam skripsi ini adalah Pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI AL-Amin Cabalu.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dari
pengaruh penggunaan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
Penelitian ini menggunakan penelitian jenis analisis deskriftif kuantitatif
dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-Test
(Eksperimen). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil
belajar siswa kelas IV di MI Al-Amin Cabalu. Sedangkan observasi, wawancara dan
dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran menggunakan
media lingkungan sekolah dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran
berlangsung. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis
statistik dengan menggunakan analisis Uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di
MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu adanya perbedaan
rata-rata nilai siswa pada kelas IV yang diberikan penggunaan media lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar, dibandingkan dengan yang hanya menggunakan
metode ceramah. Dapat dilihat dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung
adalah 17,15 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t dengan taraf
signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel sebesar 3,16. Maka dapat kita ketahui bahwa
thitung adalah lebih besar daripada ttabel yaitu 17,15 > 3,16. Dengan demikian
pembelajaran yang menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam meningkatkan hasil belajar siswa lebih efektif dibandingkan yang hanya
menggunakan metode ceramah pada kelas IV di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete
Riattang Barat Kab.Bone.
A.
Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis
uraikan dalam bab III mengenai pengaruh penggunaan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI
Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Kab. Bone. Maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Dengan media lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar
membantu guru dalam penyampaian materi pelajaran dan mempermudah
siswa menerima pesan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, siswa
lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru ketika
menerapkan media lingkungan sekolah dibandingkan ketika hanya
menyampaikan materi pelajaran dengan menerapkan metode ceramah.
Karena dengan menggunakan media lingkungan, siswa tidak hanya
mendengar materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru tapi juga bisa
melihat secara langsung/nyata yang berkaitan dengan materi yang
disampaikan oleh guru melalui benda-benda yang diperlihatkan sehingga
lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lingkungan dalam
pembelajaran tematik di kelas IV MI Al-Amin Cabalu sangat efektif untuk
memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan membuat
siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Adapun
langkah-langkah pelaksanaanatau penyajian media lingkungan,
pembelajaran tematik dengan cara menyiapkan media, menyampaikan
tujuan pembelajaran, menjelaskan teks atau pesan yang terdapat pada
lingkungan sekolah, dan guru menyimpulkan materi pelajaran dan yang
terakhir melakukan evaluasi untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap
materi pelajaran dengan menerapkan media lingkungan sekolah.
2. Hasil belajar dapat dilihat melalui kegiatan evaluasi yang bertujuan untuk
mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan tingkat
kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Adapun hasil kognitif yang diperoleh siswa dalam preoses belajar
dengan menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar,
siswa mampu mengemukakan materi yang telah dipelajari karena pada
dasarnya siswa melangsungkan proses belajar secara PAKEM. Sehingga
nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari
hasil nilai yang diperoleh sebelumnya.
Adapun hasil afektif yang diperoleh siswa dalam proses belajar
dengan menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber belajar,
siswa mampu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan melakukan
kerja bakti secara gotong royong dan membuang sisa sampah atau bekas
makanan yang telah dimakan untuk dibuang ketempat sampah, karena
sebelumnya guru telah memberikan kebiasaan kepada siswa untuk
menjaga dan membersihan lingkungan sekolah dengan baik.
Adapun hasil psikomotorik yang diperoleh siswa dalam proses
belajar dengan menggunakan media lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar, siswa mampu memahami gerakan yang diperagakan oleh guru
pada saat melakukan gerakan tarian dan begitu pun pada saat memberikan
contoh bernyanyi pada pembelajaran seni.
3. Pengaruh penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Amin Cabalu Kec.
Tanete Riattang Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis yang dilakukan
peneliti terhadap nilai siswa pada saat sebelum menggunakan lingkungan
siswa memiliki nilai rata-rata dibawah 70 yang telah ditentukan oleh guru,
kemudian setelah menggunakan lingkungan nilai siswa mengalami
kenaikan yang jauh lebih baik dengan nilai rata-rata diatas 70 yang
menyebabkan penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV memiliki pengaruh yang
besar terhadap peningkatan hasil nilai belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20200219 | 219/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
219/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
