Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi Di SMK Negeri 1 Bone
Ika Yusriani/02.18.3160 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Pasca Pandemi di SMK Negeri 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pokok permasalah dalam penelitian meliputi 1) Untuk mengetahui Upaya Guru
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di SMK Negeri 1
Bone. 2) Untuk mengetahui Strategi dan Indikator Motivasi Belajar Siswa Pasca
Pandemi di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam
penelitian ini adalah pendekatan manajemen dan psikologi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh kemudian diolah melalui redukasi data, penyajian data dan konklusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pasca pandemi di SMK Negeri 1 Bone telah terlaksana dengan baik.
Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara guru dalam proses pembelajaran selalu
menciptakan suasana yang baik dan meningkatkan semangat siswa-siswanya
untuk belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah. Strategi motivasi belajar
siswa dilihat dari cara guru membengkitkan minat belajar, mendorong rasa ingin
tahu, menggunakan variasi dan metode penyajian yang menarik, membantu siswa
merumuskan tujuan, memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa,
menciptakan persaingan dan kerjasama. Adapun indikator motivasi belajar
meliputi adanya harapan dan cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar
dan adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian di Bab III, mengenai Upaya Guru dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di SMK Negeri 1 Bone
penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi di
SMK Negeri 1 Bone telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari
bagaimana cara guru dalam proses pembelajaran selalu mengarahkan siswa
agar selalu aktif, fokus dalam pelajaran, menciptakan suasana yang baik dan
meningkatkan semangat siswa-siswanya untuk belajar dengan baik di
sekolah.
2. Strategi motivasi belajar siswa pasca pandemi di SMK Negeri 1 Bone
dilihat dari keterlibatan guru dalam proses belajar mengajar untuk
meningkatkan motivasi belajar dengan cara membangkitkan minat belajar
siswa dengan menyampaikan materi dan mengembangkan kreatifitas siswa
dengan menggunakan metode dan variasi pembelajaran yang berbeda.
Adapun indikator motivasi belajar siswa adalah dengan melihat adanya
harapan dan cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya
dorongan dan kebutuhan dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka peneliti dapat
memberikan saran bahwa sebaiknya guru diharapkan untuk tidak bosan
memberikan motivasi pada siswa dan lebih kreatif dalam melaksanakan proses
pembelajaran di kelas dengan tujuan agar siswa bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran di kelas agar meraih prestasi belajar sesuai yang diharapkan.
Sebaiknya siswa lebih giat dalam mengikuti proses pembelajaran karena guru
sudah memberikan motivasi dan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
Pasca Pandemi di SMK Negeri 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pokok permasalah dalam penelitian meliputi 1) Untuk mengetahui Upaya Guru
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di SMK Negeri 1
Bone. 2) Untuk mengetahui Strategi dan Indikator Motivasi Belajar Siswa Pasca
Pandemi di SMK Negeri 1 Bone.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam
penelitian ini adalah pendekatan manajemen dan psikologi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh kemudian diolah melalui redukasi data, penyajian data dan konklusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pasca pandemi di SMK Negeri 1 Bone telah terlaksana dengan baik.
Hal ini dapat dilihat dari bagaimana cara guru dalam proses pembelajaran selalu
menciptakan suasana yang baik dan meningkatkan semangat siswa-siswanya
untuk belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah. Strategi motivasi belajar
siswa dilihat dari cara guru membengkitkan minat belajar, mendorong rasa ingin
tahu, menggunakan variasi dan metode penyajian yang menarik, membantu siswa
merumuskan tujuan, memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa,
menciptakan persaingan dan kerjasama. Adapun indikator motivasi belajar
meliputi adanya harapan dan cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar
dan adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian di Bab III, mengenai Upaya Guru dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di SMK Negeri 1 Bone
penulis dapat menyimpulkan bahwa:
1. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi di
SMK Negeri 1 Bone telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari
bagaimana cara guru dalam proses pembelajaran selalu mengarahkan siswa
agar selalu aktif, fokus dalam pelajaran, menciptakan suasana yang baik dan
meningkatkan semangat siswa-siswanya untuk belajar dengan baik di
sekolah.
2. Strategi motivasi belajar siswa pasca pandemi di SMK Negeri 1 Bone
dilihat dari keterlibatan guru dalam proses belajar mengajar untuk
meningkatkan motivasi belajar dengan cara membangkitkan minat belajar
siswa dengan menyampaikan materi dan mengembangkan kreatifitas siswa
dengan menggunakan metode dan variasi pembelajaran yang berbeda.
Adapun indikator motivasi belajar siswa adalah dengan melihat adanya
harapan dan cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya
dorongan dan kebutuhan dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka peneliti dapat
memberikan saran bahwa sebaiknya guru diharapkan untuk tidak bosan
memberikan motivasi pada siswa dan lebih kreatif dalam melaksanakan proses
pembelajaran di kelas dengan tujuan agar siswa bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran di kelas agar meraih prestasi belajar sesuai yang diharapkan.
Sebaiknya siswa lebih giat dalam mengikuti proses pembelajaran karena guru
sudah memberikan motivasi dan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20220380 | 380/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
380/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
