Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Kelas IV SD Inpres 6/75 Cabbeng

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Penggunaan Media Big book terhadap
Efektivitas Pembelajaran Di Kelas IV SD Inpres 6/75 Cabbeng Kec. Dua Boccoe
Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pengaruh penggunaan
media big book terhadap efektivitas pembelajaran di kelas IV SD Inpres 6/75
Cabbeng dan untuk mengidentifikasi bagaimana peran siswa dalam pengaruh
penggunaan media big book terhadap efektivitas pembelajaran di kelas IV SD
Inpres 6/75 Cabbeng.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
jenis penelitian kuantitatif dan data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes
soal.
Hasil rekapitulasi nilai pretest instrument tes soal dalam pengaruh belajar
dapat disimpulkan bahwa instrument pretesttes soal dalam pengaruh belajar
mendapatkan skor tertinggi adalah 70 dan skor terendah 20 , dengan jumlah rata-
rata 48,13 dan jumlah total 770 serta standar devisiasi sebesar 16,008. Setelah
mendapatkan hasil pretest atau hasil awal terhadap pengaruh, selanjutnya
diterapkan treatmentberupa penerapan media big book untuk membantu peserta
didik memahami materi pembelajaran dengan mudah dan meenyenangkan,agar
proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara maksimal.Setelah pemberian
perlakuan, peserta didik diberikan kembali tes soal untuk mengetahui pengaruh
belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan pada pembelajaran yang
dilakukan untuk mendapatkan nilai posttest. Hasil rekapitulasi nilai posttest dapat
disimpulkan bahwa tes soal dalam pengaruh belajar mendapatkan skor tertinggi
100 dan skor terendah 70, dengan jumlah rata-rata sebesar 82,50 dengan jumlah
total skor 1.320 Standar devisiasi 9,309. Dari pertemuan pertama hingga ketiga
terlihat adanya perubahan dalam pengaruh siswa tersebut yang perubahannya
menjadi sangat lebih baik. Dari semula mereka belum mengenal yang namanya
media big book dan antusias siswa dalam belajar sangat berpengaruh maka bisa di
katakana bahwa keefektivitas belajar siswa dalam penggunaan media big book ini
sangat bagus sehingga pengaruhnya tersampaikan di siswa kelas IV SD Inpres
6/75 Cabbeng.Jadi berdasarkan hasil penelitian tentang penggunaan media big
book ditemukan bahwa hasilnya efektif untuk meningkatkan efektivitas belajar
siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Cabbeng pada pembelajaran yang dilakukan
peneliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang analisis
keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media Big Book dalam
meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas IV di SD Inpres 6/75 Cabbeng
Kabupaten Bone,maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Hasil rekapitulasi nilai pretest instrument tes soal belajar dapat disimpulkan
bahwa instrument pretesttes soal pengaruh belajar mendapatkan skor
tertinggi adalah 70 dan skor terendah 20 , dengan jumlah rata-rata 48,13 dan
jumlah total 770 serta standar devisiasi sebesar 9,309. Setelah mendapatkan
hasil pretest atau hasil awal terhadap pengaruh belajar pada siswa kelas IV
SD Inpres 6/75 Cabbeng ,selanjutnya diterapkan treatmentberupa penerapan
media Big Book untuk membantu peserta didik memahami materi
pembelajaran dengan mudah dan meenyenangkan,agar proses pembelajaran
dapat dilaksanakan secara maksimal.Setelah pemberian perlakuan, peserta
didik diberikan kembali tes soal untuk mengetahui pengaruh belajar peserta
didik setelah diberikan perlakuan pada pembelajaran yang dilakukan untuk
mendapatkan nilai posttest. Hasil rekapitulasi nilai posttest dapat
disimpulkan bahwa tes soal dalam belajar mendapatkan skor tertinggi 100
dan skor terendah 70, dengan jumlah rata-rata sebesar 82,50 dengan jumlah
total skor 1.320 Standar devisiasi 16,008.
Dari pertemuan pertama hingga ketiga terlihat adanya perubahan
dalam keaktifan siswa tersebut yang perubahannya menjadi sangat lebih
baik. Dari semula mereka belum mengenal yang namanya media big book
dan antusias siswa dalam belajar sangat berpengaruh maka bisa di katakana
bahwa keefektivitas belajar siswa dalam penggunaan media Big Book ini
sangat bagus sehingga pengaruhnya tersampaikan di siswa kelas IV SD
Inpres 6/75 Cabbeng.
2. Jadi berdasarkan hasil penelitian tentang penggunaan media Big Book
ditemukan bahwa hasilnya efektif untuk meningkatkan efektivitas belajar
siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Cabbeng pada pembelajaran yang dilakukan
peneliti. Kekatifan belajar siswa dengan menggunakan media Big Book
dalam meningkatkan pembelajaran dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-
rata pretest (sebelum perlakuan ) dengan nilai rata-rata posttest (setelah
perlakuan),terdapat peningkatan pengaruh belajar setelah proses
pembelajaran menggunakan media Big Book.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-
saran penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah
Media Big Book sebaiknya lebih sering digunakan dalam
pembelajaran di kelas khususnya pada pembelajaran tematik. Media
pembelajaran ini dapat menjadi alternative yang tepat sebagai upaya untuk
menyajikan materi pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran
dapat terlaksana dengan baik dan juga keaktifan pembelajaran pada siswa
itu terkesan menarik sehingga siswa mampu berinteraksi dengan segala
keaktifan siswa. Dengan bervariasinya pembelajaran maka akan
meningkatkan keaktifan belajar siswa.
2. Bagi Guru
Guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bervariatif
pada pembelajaran lainya. Guru sebaiknya menggunakan media dalam
proses pembelajaran, alangkah baiknya guru menggunakan media dalam
pembelajaran seminggu dalam sekali agar pembelajaran membangungkan
nuansa yang aktif khususnya pada pembelajaran tematik agar tidak monoton
pembelajarannya. Karena hal itu dapat membuat siswa tertarik untuk
berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran serta keaktifan siswa dapat
meningkat.
3. Bagi Siswa
Bagi siswa diharapkan dapat secara mandiri dalam belajar, mampu
mempelajari materi tanpa harus terlalu bergantung kepada orang tua. Serta
lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya atau bertanya untuk
mencari tahu materi yang bersangkutan.
4. Bagi Peneliti Lain
Bagi peneliti lain diharapkaan dapat dikembangkan untuk penelitian
selanjutnya agar dapat terus memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada,
mengingat banyaknya permasalahan yang mungkin terjadi dalam kegitatan
pendidikan.
Ketersediaan
STAR20220390390/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

390/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top