Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran Di Mts Baburahman Waetuwokab. Bone
Yuliana/02.18.3121 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam
Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo. Hal-
hal pokok yang dikaji dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan teknologi
pendidikan di MTs. Baburahman Waetuwo (2) Bagaimana kualitas layanan
pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo (3) Bagaimana strategi penggunaan
teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di MTs.
Baburahman Waetuwo.
Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan
pedagogik dan pendekatan manajemen. Data dikumpulkan dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperolah dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap
reduksi data, penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pertama penggunaan teknologi pendidikan di MTs.
Baburahman Waetuwo yang terdiri dari kawasan desain, kawasan pengembangan,
kawasan pemanfaatn, kawasan pengelolaan dan kawasan penilaian bahwa
penggunaan teknologi pendidikan sudah ada, akan tetapi penyediaan teknologi yang
ada sangat kurang atau terbatas . Hal ini disebabkan karena kondisi fasilitas yang ada
disekolah kurang memadai.. Kedua, peningkatan kualitas layanan pembelajaran di
MTs. Baburahman Waetuwo bahwa kualitas layanan pembelajaran yang ada belum
maksimal. Hal ini dikarenakan penyediaan bahan, metode dan alat pembelajaran
yang ada disekolah masih kurang dan sangat terbatas. Maka dari itu peningkatan
kualitas layanan pembelajaran dilakukan melalui pemilihan bahan dan metode
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta melakukan evaluasi
pembelajaran disetiap semester atau diakhir proses pembelajaran untuk mengetahui
sejauh pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan dan juga mengetahui
keberhasilan guru dalam mengajar. Ketiga, strategi penggunaan teknologi
pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di MTs. Baburahman
Waetuwo adalah mengadakan pelatihan kepada guru-guru tentang penggunaan
teknologi dalam proses pembelajaran terutama penggunaan aplikasi zoom. Aplikasi
ini sangat membantu dalam proses pembelajaran khususnya pada saat covid-19.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yangdilakukan oleh peneliti di Sekolah Mts. Baburahman Waetuwo, maka
peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan Teknologi Pendidikan di MTs. Baburahman Waetuwo yang
terdiri dari kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatn,
kawasan pengelolaan dan kawasan penilaian bahwa penggunaan teknologi
pendidikan sudah ada, akan tetapi penyediaan teknologi yang ada sangat
kurang atau terbatas . Hal ini disebabkan karena kondisi fasilitas yang ada
disekolah kurang memadai. Adapun upaya dilakukan sekolah dalam
penggunaan teknologi agar tetap bisa menunjang proses pembelajarann yaitu
guru mennyesuaikan dengan kondisi yang ada disekolah serta menyesuaikan
dengan kemampuan siswa agar pembelajaran dapat terlaksana dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
2. Kualitas Layanan Pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwobahwa
kualitas layanan pembelajaran yang ada belum maksimal. Hal ini dikarenakan
penyediaan bahan, metode dan alat pembelajaran yang ada disekolah masih
kurang dan sangat terbatas. Maka dari itu peningkatan kualitas layanan
pembelajaran dilakukan melaluipemilihan bahan dan metode pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta melakukan evaluasi pembelajaran
disetiap semester atau diakhir proses pembelajaran untuk mengetahui sejauh
pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan dan juga mengetahui
keberhasilan guru dalam mengajar.
3. Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas
Layanan Pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo bahwa penggunaan
teknologi dalam proses pembelajaran sangat berperan karena dapat
mewujudkan proses pembelajaran yang baik dan juga dapat membantu dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu penggunaan teknologi dalam proses
pembelajaran juga membuat para siswa untuk lebih tertarik mengikuti proses
pembelajaran. Dan selama pandemi covid-19 penggunaan teknologi
pendidikan sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa sebagai faktor pendukung
dalam proses belajar mengajar seperti penggunaan whatsapp grup dan
aplikasi zoom yang digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun strategi
yang dilakukan terhadap penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas
layanan pembelajaran yaitu mengadakan pelatiahan kepada guru-guru tentang
penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini
akan diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-
saran yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Kepala Madrasah MTs. Baburahman Waetuwo, diharapkan tetap menerapkan
penggunaan teknologi secara maksimal dalam meningkatkan perkembangan
sekolah terutama dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan keefektifan
penggunaan teknologi dan membiasakan penggunaan teknologi kepada
peserta didik agar memudahkan proses pembelajaran dan mudah dipahami.
3. Penggunaan teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan
pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo, diharapkan menggunakan
teknologi sebagai media pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan
dengan maksimal sehingga para peserta didika juga merasa puas dan tidak
bosan dalam proses pembelajaran
Meningkatkan Kualitas Layanan Pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo. Hal-
hal pokok yang dikaji dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penggunaan teknologi
pendidikan di MTs. Baburahman Waetuwo (2) Bagaimana kualitas layanan
pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo (3) Bagaimana strategi penggunaan
teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di MTs.
Baburahman Waetuwo.
Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan
pedagogik dan pendekatan manajemen. Data dikumpulkan dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperolah dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap
reduksi data, penyajian data (data display), dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pertama penggunaan teknologi pendidikan di MTs.
Baburahman Waetuwo yang terdiri dari kawasan desain, kawasan pengembangan,
kawasan pemanfaatn, kawasan pengelolaan dan kawasan penilaian bahwa
penggunaan teknologi pendidikan sudah ada, akan tetapi penyediaan teknologi yang
ada sangat kurang atau terbatas . Hal ini disebabkan karena kondisi fasilitas yang ada
disekolah kurang memadai.. Kedua, peningkatan kualitas layanan pembelajaran di
MTs. Baburahman Waetuwo bahwa kualitas layanan pembelajaran yang ada belum
maksimal. Hal ini dikarenakan penyediaan bahan, metode dan alat pembelajaran
yang ada disekolah masih kurang dan sangat terbatas. Maka dari itu peningkatan
kualitas layanan pembelajaran dilakukan melalui pemilihan bahan dan metode
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta melakukan evaluasi
pembelajaran disetiap semester atau diakhir proses pembelajaran untuk mengetahui
sejauh pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan dan juga mengetahui
keberhasilan guru dalam mengajar. Ketiga, strategi penggunaan teknologi
pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di MTs. Baburahman
Waetuwo adalah mengadakan pelatihan kepada guru-guru tentang penggunaan
teknologi dalam proses pembelajaran terutama penggunaan aplikasi zoom. Aplikasi
ini sangat membantu dalam proses pembelajaran khususnya pada saat covid-19.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yangdilakukan oleh peneliti di Sekolah Mts. Baburahman Waetuwo, maka
peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan Teknologi Pendidikan di MTs. Baburahman Waetuwo yang
terdiri dari kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatn,
kawasan pengelolaan dan kawasan penilaian bahwa penggunaan teknologi
pendidikan sudah ada, akan tetapi penyediaan teknologi yang ada sangat
kurang atau terbatas . Hal ini disebabkan karena kondisi fasilitas yang ada
disekolah kurang memadai. Adapun upaya dilakukan sekolah dalam
penggunaan teknologi agar tetap bisa menunjang proses pembelajarann yaitu
guru mennyesuaikan dengan kondisi yang ada disekolah serta menyesuaikan
dengan kemampuan siswa agar pembelajaran dapat terlaksana dan tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
2. Kualitas Layanan Pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwobahwa
kualitas layanan pembelajaran yang ada belum maksimal. Hal ini dikarenakan
penyediaan bahan, metode dan alat pembelajaran yang ada disekolah masih
kurang dan sangat terbatas. Maka dari itu peningkatan kualitas layanan
pembelajaran dilakukan melaluipemilihan bahan dan metode pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta melakukan evaluasi pembelajaran
disetiap semester atau diakhir proses pembelajaran untuk mengetahui sejauh
pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan dan juga mengetahui
keberhasilan guru dalam mengajar.
3. Strategi Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas
Layanan Pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo bahwa penggunaan
teknologi dalam proses pembelajaran sangat berperan karena dapat
mewujudkan proses pembelajaran yang baik dan juga dapat membantu dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu penggunaan teknologi dalam proses
pembelajaran juga membuat para siswa untuk lebih tertarik mengikuti proses
pembelajaran. Dan selama pandemi covid-19 penggunaan teknologi
pendidikan sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa sebagai faktor pendukung
dalam proses belajar mengajar seperti penggunaan whatsapp grup dan
aplikasi zoom yang digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun strategi
yang dilakukan terhadap penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas
layanan pembelajaran yaitu mengadakan pelatiahan kepada guru-guru tentang
penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini
akan diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-
saran yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Kepala Madrasah MTs. Baburahman Waetuwo, diharapkan tetap menerapkan
penggunaan teknologi secara maksimal dalam meningkatkan perkembangan
sekolah terutama dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran.
2. Kepada tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan keefektifan
penggunaan teknologi dan membiasakan penggunaan teknologi kepada
peserta didik agar memudahkan proses pembelajaran dan mudah dipahami.
3. Penggunaan teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas layanan
pembelajaran di MTs. Baburahman Waetuwo, diharapkan menggunakan
teknologi sebagai media pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan
dengan maksimal sehingga para peserta didika juga merasa puas dan tidak
bosan dalam proses pembelajaran
Ketersediaan
| STAR20220197 | 197/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
197/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
