Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Muslim (Studi Kasus pada BSI KCP Sengkang Sudirman
Rahma Niar/01.18.5104 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan
Nasabah, Kualitas Pelayanan Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah
Muslim (Studi Kasus Nasabah BSI KCP Sengkang Sudirman). Penelitian ini bertujuan
untuk menguji dan menganalisa apakah nilai pelanggan, kepuasan nasabah, kualitas
pelayanan dan relationship marketing memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah
muslim.
Jenis penelitian yang digunakan adalah expost facto yaitu mengamati faktor
yang menjadi penyebab kejadian tersebut dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling insidental, yaitu siapa saja yang secara
kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila
dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Data dianalisis
menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesisi dan uji
regresi linear berganda dengan menggunakan sofware dari SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) relationship
marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah muslim dengan nilai
signifikansi 0,558 > 0,05 sedangkan nilai pelanggan, kepuasan nasabah dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah muslim dengan
nilai signifikansi untuk nilai pelanggan 0,041 < 0,05, nilai signifikansi untuk kepuasan
nasabah 0,033 < 0,05 serta nilai signifikansi untuk kualitas pelayanan 0,000 < 0,05.
Dan secara simultan (uji F) nilai pelanggan, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan dan
relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah muslim di
BSI KCP Sengkang Sudirman dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Untuk uji
determinasi diperoleh Rsquare sebesar 38,8%, hal ini menunjukkan bahwa nilai
pelanggan, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan dan relationship marketing memiliki
pengaruh sebesar 38,8% terhadap loyalitas nasabah muslim sedangkan sisanya sebesar
61,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan,
maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Nilai Pelanggan tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Muslim BSI KCP
Sengkang Sudirman. Variabel Nilai Pelanggan diperoleh t hitung sebesar
2,068 dan nilai Sig. 0,041. Nilai t hitung 2,068 > 1,660 t tabel dan nilai Sig.
0,041 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
Nasabah, Kualitas Pelayanan Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah
Muslim (Studi Kasus Nasabah BSI KCP Sengkang Sudirman). Penelitian ini bertujuan
untuk menguji dan menganalisa apakah nilai pelanggan, kepuasan nasabah, kualitas
pelayanan dan relationship marketing memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah
muslim.
Jenis penelitian yang digunakan adalah expost facto yaitu mengamati faktor
yang menjadi penyebab kejadian tersebut dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
untuk menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling insidental, yaitu siapa saja yang secara
kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila
dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Data dianalisis
menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesisi dan uji
regresi linear berganda dengan menggunakan sofware dari SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) relationship
marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah muslim dengan nilai
signifikansi 0,558 > 0,05 sedangkan nilai pelanggan, kepuasan nasabah dan kualitas
pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah muslim dengan
nilai signifikansi untuk nilai pelanggan 0,041 < 0,05, nilai signifikansi untuk kepuasan
nasabah 0,033 < 0,05 serta nilai signifikansi untuk kualitas pelayanan 0,000 < 0,05.
Dan secara simultan (uji F) nilai pelanggan, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan dan
relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah muslim di
BSI KCP Sengkang Sudirman dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Untuk uji
determinasi diperoleh Rsquare sebesar 38,8%, hal ini menunjukkan bahwa nilai
pelanggan, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan dan relationship marketing memiliki
pengaruh sebesar 38,8% terhadap loyalitas nasabah muslim sedangkan sisanya sebesar
61,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan,
maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Nilai Pelanggan tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Muslim BSI KCP
Sengkang Sudirman. Variabel Nilai Pelanggan diperoleh t hitung sebesar
2,068 dan nilai Sig. 0,041. Nilai t hitung 2,068 > 1,660 t tabel dan nilai Sig.
0,041 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
Ketersediaan
| SFEBI20220122 | 122/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
122/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
