Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Penyelesaian Konflik di SMP Negeri 2 Sibulue Kec. Sibulue
Rosmayasari/02.12.3115 - Personal Name
Skripsi ini berjudul“Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
terhadap Penyelesaian Konflik di SMP Negeri 2 Sibulue Kec. Sibulue”. Penelitian
ini bertujuan untuk memaparkan gambaran kemampuan kepala sekolah dalam
menyelesaikan konflik di SMP Negeri 2 Sibulue dan untuk mengetahui hubungan
gaya kepemimpinan dalam penyelesaian konflik di SMP Negeri 2 Sibulue
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut,
penulis menggunakan metode field research yang bersifat lite empirikal yakni
informasi yang diperoleh dari pengelolaan data yang dikumpulkan melalui
observasi langsung dan dokumentasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data Regresi Linear sederhana,
gaya kepemimpinan adalah variabel independet (x), penyelesaian konflik adalah
variabel dependent (y).
Gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 2 berada pada
kategori baik, karena kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata sebesar 51.83.
Angka 51.83 berada pada kategori baik. Gambaran penyelesaian konflik berada
pada kategori baik, karena kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata sebesar
63.16 Angka 63.16 berada pada kategori baik. Berdasarkan analisis regresi uji
anava diperoleh nilai Fhitung sebesar 5.81 > Ftabel sebesar 4,30, serta uji Thitung
sebesar 2,44 > Ttabel sebesar 2,20, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya
kepemimpinan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian
konflik di SMPN 2 Sibulue.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 2 berada pada
kategori baik, karena kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata
sebesar 51.83. Angka 51.83 berada pada kategori baik.
2. Gambaran penyelesaian konflik berada pada kategori baik, karena
kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata sebesar 63.16 Angka 63.16
berada pada kategori baik.
3. Berdasarkan analisis regresi uji anava diperoleh nilai Fhitung sebesar
5.81 > Ftabel sebesar 4,30, serta uji Thitung sebesar 2,44 > Ttabel sebesar
2,20, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan terdapat
pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian konflik di
SMPN 2 Sibulue.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemimpin atau kepala sekolah seharusnya lebih mampu mengatasi
kekurangan yang ada pada gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh
pemimpin tersebut.
2. Gaya kepemimpinan seharusnya sesuai dengan kebutuhan pendidikan
dan penempatan gaya kepemimpinan itu sendiri.
3. Gaya kepemimpinan yang baik dan efektif adalah gaya kepemimpinan
yang mampu menguasai fungsi manajemen yaitu (1) Planning, (2)
Organising, (3) Aktuating, (4) Controlling.
terhadap Penyelesaian Konflik di SMP Negeri 2 Sibulue Kec. Sibulue”. Penelitian
ini bertujuan untuk memaparkan gambaran kemampuan kepala sekolah dalam
menyelesaikan konflik di SMP Negeri 2 Sibulue dan untuk mengetahui hubungan
gaya kepemimpinan dalam penyelesaian konflik di SMP Negeri 2 Sibulue
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut,
penulis menggunakan metode field research yang bersifat lite empirikal yakni
informasi yang diperoleh dari pengelolaan data yang dikumpulkan melalui
observasi langsung dan dokumentasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data Regresi Linear sederhana,
gaya kepemimpinan adalah variabel independet (x), penyelesaian konflik adalah
variabel dependent (y).
Gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 2 berada pada
kategori baik, karena kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata sebesar 51.83.
Angka 51.83 berada pada kategori baik. Gambaran penyelesaian konflik berada
pada kategori baik, karena kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata sebesar
63.16 Angka 63.16 berada pada kategori baik. Berdasarkan analisis regresi uji
anava diperoleh nilai Fhitung sebesar 5.81 > Ftabel sebesar 4,30, serta uji Thitung
sebesar 2,44 > Ttabel sebesar 2,20, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya
kepemimpinan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian
konflik di SMPN 2 Sibulue.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
simpulan sebagai berikut:
1. Gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 2 berada pada
kategori baik, karena kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata
sebesar 51.83. Angka 51.83 berada pada kategori baik.
2. Gambaran penyelesaian konflik berada pada kategori baik, karena
kategori jawaban diperoleh nilai rata-rata sebesar 63.16 Angka 63.16
berada pada kategori baik.
3. Berdasarkan analisis regresi uji anava diperoleh nilai Fhitung sebesar
5.81 > Ftabel sebesar 4,30, serta uji Thitung sebesar 2,44 > Ttabel sebesar
2,20, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan terdapat
pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian konflik di
SMPN 2 Sibulue.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemimpin atau kepala sekolah seharusnya lebih mampu mengatasi
kekurangan yang ada pada gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh
pemimpin tersebut.
2. Gaya kepemimpinan seharusnya sesuai dengan kebutuhan pendidikan
dan penempatan gaya kepemimpinan itu sendiri.
3. Gaya kepemimpinan yang baik dan efektif adalah gaya kepemimpinan
yang mampu menguasai fungsi manajemen yaitu (1) Planning, (2)
Organising, (3) Aktuating, (4) Controlling.
Ketersediaan
| STAR20170321 | 321/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
321/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
