Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata Pelajaran Tematik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas “Implementasi Model PAKEM pada Mata Pelajaran Tematik
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswadi MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone. Pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah
pelaksanaan model PAKEM pada mata pelajaran tematik, Motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran tematik setelah di terapkan model PAKEM dan Kontribusi implementasi model
PAKEM dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Model PAKEM pada mata
pelajaran tematik, Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik setelah di terapkan
model PAKEM dan Kontribusi implementasi model PAKEM dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran tematik.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang menghasilkan data secara
deskriptif yang berupa fakta-fatka tertulis maupun lisan, dengan menggunakan pendekatan
pedagogis dan psikologis. Pengumpulan data melalui field research yang menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan
menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Pelaksanaan Model PAKEM dalam mata
pelajaran tematik MI Syamsu Rasyidi Majang sudah dilakukan dengan baik untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa karena guru tematik sudah melakukan beberapa tahap
yaitu melakukan persiapan sebelum mengajar, dapat membangkitkan motivasi siswa,
menggunakan strategi pembelajaran, memilih media cocok dalam pembelajaran tematik dan
melakukan evaluasi dalam pembelajaran. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
tematik setelah di terapkan model PAKEM di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone cukup tinggi karena mereka memiliki keinginan untuk maju,
dorongan untuk belajar, ceta-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang
menerik dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. 3) penerapan model PAKEM telah
berkontribusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik di MI
Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu: Guru mata pelajaran
tematik telah dapat mendorong siswa secara aktif untuk belajar, melatih dan membimbing
siswa secara langsung sehinga dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis yang telah penulis uraikan
dalam bab III mengenai implementasi model PAKEM pada mata pelajaran tematik
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan model PAKEM pada mata pelajaran tematik di MI Syamsu Rasyidi
Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone. Sudah dilaksanakan dengan
baik karena guru tematik telah melakukan beberapa tahap yaitu:persiapan atau
perencanaan sebelum mengajar, dapat membangkitkan motivasi belajar siswa,
menggunakan strategi dalam pembelajaran, memilih media pembelajaran yang
cocok digunakan dalampem belajarantematik dan melakukan evaluasi atau
penilaian sebelum dan sesudah proses pembelajaran berlangsung.
2. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik setelah di terapkan model
PAKEM di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
cukup tinggi karena mereka memiliki keinginan untuk maju, dorongan untuk
belajar, ceta-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang
menarik dan adanya lingkungan belajar yang kondusif.
3. Penerapan model PAKEM telah berkontribusi dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran tematik di MI Syamsu Rasyidi Majang Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu: guru mata pelajaran tematik telah
dapat mendorong siswa secara aktif untuk belajar, melatih dan
membimbing siswa secara langsung sehinga dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah diuraikan simpulan, maka peneliti memberikan beberapa impikasi
baik untuk MI Syamsu Rasyidi Majang Kec.Tanete Riattang Barat Kab. Bone
maupun pihak yang terkait. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah:
1. Bagi MI Syamsu Rasyidi Majang Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk lebih
memperhatikan tentang keadaan sarana, prasarana, sumber belajar media, dan
metode belajar yang ada. Sehingga dapat meningkatkan kualitas kegiatan
belajar mengajar Agar dapat memotivasi siswa untuk lebih bersemangat
dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
2. Bagi guru
Penggunaan model PAKEM dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan
motivasi siswa. Sebagai seorang panutan bagi para siswa, guru hendaknya
bisa memberikan motivasi lebih kepada siswa sehingga proses pembelajaran
bisa tercapai secara maksimal dan para siswa mempunyai semangat belajar
yang tinggi.
3. Bagi Siswa
Kepada para siswa hendaknya lebih meningkatkan semangat belajar,
khususnya dalam pelajaran tematik dan siswa harus mampu bekerja secara
individual, berpasangan atau berkelompok sesuai dengan tuntutan skenario
pembelajara.
Ketersediaan
STAR20180339339/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

339/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top