Efektivitas Rapor Digital Madrasah dalam Pengelolaan Pelaporan Hasil Belajar Siswa di MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone
Raodatul Jannah/02.18.3162 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Rapor Digital Madrasah dalam
Pengelolaan Pelaporan Hasil Belajar Siswa di MAS Pompanua Kecamatan
Ajangale Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok
permasalahan dalam penelitian meliputi 1) Untuk mengetahui proses penggunaan
RDM dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar siswa di MAS Pompanua
Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui efektivitas RDM
dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar siswa di MAS Pompanua Kecamatan
Ajangale Kabupaten Bone.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (Qualitatif Research).
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis, pedagogik dan
manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah melalaui
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penggunaan RDM dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar siswa di MAS
Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone dalam pelaksanaanya telah
berhasil mencapai tujuan RDM dalam pengelolaan penilaian hasil belajar siswa
secara cepat, tepat, akurat efektif dan efisien. Penggunaa RDM pelaporan hasil
belajar siswa di MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone sangat
membantu guru untuk penginputan nilai dan menjadikan proses pencatatan dan
pelaporan data evaluasi belajar siswa menjdi lebih efisisen terecord dalam sistem
data pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah. Pengeloalan pelaporan hasil
belajar siswa berujuan untuk memperoleh kepastian mengenai keberhasilan
belajar peserta didik dan masukan kepada guru mengenai apa yang telah diajarkan
sesuai apa yang diharapkan atau belum dan hasil penilaian yang didapat kemudian
diakumulasi dan masuk didalam nilai rapor.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian di BAB IV, mengenai Efektivitas Rapor
Digital Madrasah dalam Pengeloaan Pelporan Hasil Belajar Siswa Di
MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone penulis
menyimpulkan bahwa:
1. Penggunaan RDM pelaporan hasil belajar siswa di MAS Pompanua
Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone sangat membantu guru untuk
menginputan nilai dan manjadikan proses pencatatan dan pelaporan
data evaluasi belajar siswa menjdi lebih efisisen terecord dalam sistem
data pendidkan yang dimiliki oleh pemerintah. Pengeloaan pelaporan
hasil belajar siswa betujuan untuk memperoleh kepastian mengenai
keberhasilan belajar peserta didik dan masukan kepada guru mengenai
apa yang telah diajarkan sesuai apa yang diharapkan atau belum dan
hasil penilaian yang didapat kemudian diakumulasi dan masuk
didalam nilai rapor.
2. Efektivitas RDM dalam pengeloaan pelaporan hasil belajar siswa di
MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone dalam
pelaksanaaanya telah berhasil mencapai tujuan RDM dalam
pengelolaan penilaian hasil belajar siswa secara cepat, tepat, akurat
efektif dan efisien.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan mengenai
efektivitas aplikasi raport digital dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar
siswa di MAS Pompnua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone, penulis
mempunyai impilikasi berupa saran kepada pihak-pihak terkait, adapun
saran yang dimaksud sebagai:
1. Pertama kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan jaringan Wi-
Fi sehingga membuat para guru merasa nyaman dalam proses
penginputan nilai siswa.
2. Kedua kepada operator yang bertanggungjawab untuk membantu
guru-guru yang belum memahami penggunaan RDM agar seluruh
guru dapat menginput nilai-nilai siswa menggunakan RDM.
3. Selanjutnya kepada guru-guru agar tetap mengembangkan
kemampuan yang dimiliki dan tetap memperhatikan proses
penginputan nilai agar tidak terjadi kesalahan pada saat penginputan
nilai-nilai.
Pengelolaan Pelaporan Hasil Belajar Siswa di MAS Pompanua Kecamatan
Ajangale Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok
permasalahan dalam penelitian meliputi 1) Untuk mengetahui proses penggunaan
RDM dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar siswa di MAS Pompanua
Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui efektivitas RDM
dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar siswa di MAS Pompanua Kecamatan
Ajangale Kabupaten Bone.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (Qualitatif Research).
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis, pedagogik dan
manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah melalaui
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penggunaan RDM dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar siswa di MAS
Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone dalam pelaksanaanya telah
berhasil mencapai tujuan RDM dalam pengelolaan penilaian hasil belajar siswa
secara cepat, tepat, akurat efektif dan efisien. Penggunaa RDM pelaporan hasil
belajar siswa di MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone sangat
membantu guru untuk penginputan nilai dan menjadikan proses pencatatan dan
pelaporan data evaluasi belajar siswa menjdi lebih efisisen terecord dalam sistem
data pendidikan yang dimiliki oleh pemerintah. Pengeloalan pelaporan hasil
belajar siswa berujuan untuk memperoleh kepastian mengenai keberhasilan
belajar peserta didik dan masukan kepada guru mengenai apa yang telah diajarkan
sesuai apa yang diharapkan atau belum dan hasil penilaian yang didapat kemudian
diakumulasi dan masuk didalam nilai rapor.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian di BAB IV, mengenai Efektivitas Rapor
Digital Madrasah dalam Pengeloaan Pelporan Hasil Belajar Siswa Di
MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone penulis
menyimpulkan bahwa:
1. Penggunaan RDM pelaporan hasil belajar siswa di MAS Pompanua
Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone sangat membantu guru untuk
menginputan nilai dan manjadikan proses pencatatan dan pelaporan
data evaluasi belajar siswa menjdi lebih efisisen terecord dalam sistem
data pendidkan yang dimiliki oleh pemerintah. Pengeloaan pelaporan
hasil belajar siswa betujuan untuk memperoleh kepastian mengenai
keberhasilan belajar peserta didik dan masukan kepada guru mengenai
apa yang telah diajarkan sesuai apa yang diharapkan atau belum dan
hasil penilaian yang didapat kemudian diakumulasi dan masuk
didalam nilai rapor.
2. Efektivitas RDM dalam pengeloaan pelaporan hasil belajar siswa di
MAS Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone dalam
pelaksanaaanya telah berhasil mencapai tujuan RDM dalam
pengelolaan penilaian hasil belajar siswa secara cepat, tepat, akurat
efektif dan efisien.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan mengenai
efektivitas aplikasi raport digital dalam pengelolaan pelaporan hasil belajar
siswa di MAS Pompnua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone, penulis
mempunyai impilikasi berupa saran kepada pihak-pihak terkait, adapun
saran yang dimaksud sebagai:
1. Pertama kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan jaringan Wi-
Fi sehingga membuat para guru merasa nyaman dalam proses
penginputan nilai siswa.
2. Kedua kepada operator yang bertanggungjawab untuk membantu
guru-guru yang belum memahami penggunaan RDM agar seluruh
guru dapat menginput nilai-nilai siswa menggunakan RDM.
3. Selanjutnya kepada guru-guru agar tetap mengembangkan
kemampuan yang dimiliki dan tetap memperhatikan proses
penginputan nilai agar tidak terjadi kesalahan pada saat penginputan
nilai-nilai.
Ketersediaan
| STAR20230185 | 185/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
185/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
