Efektivitas Program Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 18 Bone
Riska Damayani/02.18.3084 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang efektivitas program sertifikasi guru dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone. Tujuan dari penelitian ini
yaitu 1) untuk mengetahui dan memahami efektivitas program sertifikasi guru di
SMA Negeri 18 Bone, dan 2) untuk mengetahui dan memahami cara meningkatkan
mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan psikologis dan manajemen. Teknik pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas program sertifikasi guru di SMA
Negeri 18 Bone secara keseluruhan sudah cukup efektif. Baik dari segi peningkatan
kompetensi guru, kemampuan mengajar guru, kualifikasi akademik guru, peningkatan
pengalaman belajar guru, dan peningkatan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. Hal-hal tersebut dilakukan semaksimal mungkin dengan cara
mengikuti berbagai pelatihan pendidikan dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti
MGMP dan workshop. 2) Mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone secara
keseluruhan sudah sangat baik, baik dari segi pelaksanaan dan pembimbingannya,
peningkatan kompetensi guru, strategi dan metode pembelajaran dan kegiatan-
kegiatan lainnya. Cara ini dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas belajar
sehingga dengan mengembangkan kemampuan mengajarnya dan menggunakan
strategi pembelajaran yang bervariasi akan membuat peserta didik merasa memiliki
ruang belajar yang menyenangkan sehingga mereka tertarik dengan pembelajaran di
kelas. Meskipun belum semua guru yang mengembangkannya tetapi guru tetap
berusaha semaksimal mungkin agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan
lebih efektif dan efisien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Efektivitas program sertifikasi guru di SMA Negeri 18 Bone secara
keseluruhan sudah cukup efektif. Baik dari segi peningkatan kompetensi
guru, kemampuan mengajar guru, kualifikasi akademik guru, peningkatan
pengalaman belajar guru, dan peningkatan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. Hal-hal tersebut dilakukan semaksimal mungkin dengan
cara mengikuti berbagai pelatihan pendidikan dan kegiatan-kegiatan
lainnya seperti MGMP dan workshop. Program sertifikasi guru ini
merupakan kegiatan yang sangat penting untuk guru dalam lembaga
pendidikan, karena dengan adanya program tersebut akan sangat
mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah.
2. Peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone secara
keseluruhan sudah sangat baik, baik dari segi pelaksanaan dan
pembimbingannya terhadap peserta didik, peningkatan kompetensi guru,
strategi dan metode pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lainnya. Cara ini
dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas belajar sehingga dengan
mengembangkan kemampuan mengajarnya dan menggunakan strategi
pembelajaran yang bervariasi akan membuat peserta didik merasa
memiliki ruang belajar yang menyenangkan sehingga mereka tertarik
dengan pembelajaran di kelas. Meskipun belum semua guru yang
mengembangkannya tetapi guru tetap berusaha semaksimal mungkin agar
proses pembelajaran di kelas berjalaan dengan lebih efektif dan efisien.
B. Impilikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada Tenaga Pendidik khususnya pendidik yang telah
bersertifikasi agar terus mengembangkan kompetensinya dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone.
2. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan-keterampilannya dengan terus mengikuti proses
pembelajaran dengan giat.
meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone. Tujuan dari penelitian ini
yaitu 1) untuk mengetahui dan memahami efektivitas program sertifikasi guru di
SMA Negeri 18 Bone, dan 2) untuk mengetahui dan memahami cara meningkatkan
mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan psikologis dan manajemen. Teknik pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, serta
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas program sertifikasi guru di SMA
Negeri 18 Bone secara keseluruhan sudah cukup efektif. Baik dari segi peningkatan
kompetensi guru, kemampuan mengajar guru, kualifikasi akademik guru, peningkatan
pengalaman belajar guru, dan peningkatan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. Hal-hal tersebut dilakukan semaksimal mungkin dengan cara
mengikuti berbagai pelatihan pendidikan dan kegiatan-kegiatan lainnya seperti
MGMP dan workshop. 2) Mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone secara
keseluruhan sudah sangat baik, baik dari segi pelaksanaan dan pembimbingannya,
peningkatan kompetensi guru, strategi dan metode pembelajaran dan kegiatan-
kegiatan lainnya. Cara ini dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas belajar
sehingga dengan mengembangkan kemampuan mengajarnya dan menggunakan
strategi pembelajaran yang bervariasi akan membuat peserta didik merasa memiliki
ruang belajar yang menyenangkan sehingga mereka tertarik dengan pembelajaran di
kelas. Meskipun belum semua guru yang mengembangkannya tetapi guru tetap
berusaha semaksimal mungkin agar proses pembelajaran di kelas berjalan dengan
lebih efektif dan efisien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Efektivitas program sertifikasi guru di SMA Negeri 18 Bone secara
keseluruhan sudah cukup efektif. Baik dari segi peningkatan kompetensi
guru, kemampuan mengajar guru, kualifikasi akademik guru, peningkatan
pengalaman belajar guru, dan peningkatan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran. Hal-hal tersebut dilakukan semaksimal mungkin dengan
cara mengikuti berbagai pelatihan pendidikan dan kegiatan-kegiatan
lainnya seperti MGMP dan workshop. Program sertifikasi guru ini
merupakan kegiatan yang sangat penting untuk guru dalam lembaga
pendidikan, karena dengan adanya program tersebut akan sangat
mendukung terhadap suksesnya proses pembelajaran di sekolah.
2. Peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone secara
keseluruhan sudah sangat baik, baik dari segi pelaksanaan dan
pembimbingannya terhadap peserta didik, peningkatan kompetensi guru,
strategi dan metode pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lainnya. Cara ini
dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas belajar sehingga dengan
mengembangkan kemampuan mengajarnya dan menggunakan strategi
pembelajaran yang bervariasi akan membuat peserta didik merasa
memiliki ruang belajar yang menyenangkan sehingga mereka tertarik
dengan pembelajaran di kelas. Meskipun belum semua guru yang
mengembangkannya tetapi guru tetap berusaha semaksimal mungkin agar
proses pembelajaran di kelas berjalaan dengan lebih efektif dan efisien.
B. Impilikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis
mengemukakan beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada Tenaga Pendidik khususnya pendidik yang telah
bersertifikasi agar terus mengembangkan kompetensinya dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 18 Bone.
2. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan-keterampilannya dengan terus mengikuti proses
pembelajaran dengan giat.
Ketersediaan
| STAR20220261 | 261/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
261/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
