Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Dan Pegawai Di Sd Inpres 7/83 Kading Kec. Awangpone Kab. Bone
Juamarniati/. 02.18.3102 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang pengaruh manajemen waktu
terhadap peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading Kec.
Awangpone Kab. Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini
adalah 1) bagaimana manajemen waktu di SD Inpres 7/83 Kading 2) bagaimana
kinerja guru dan pegawai di SD 7/83 Kading 3) bagaimana pengaruh manajemen
waktu terhadap peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading
Kec. Awanpone Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen. Pendekatan ini menggunakan teknik observasi, angket, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh manajemen waktu terhadap
peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading Kec. Awangpone
Kab. Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau
presentase dan korelasi produck moment,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen waktu di SD Inpres
7/83 Kading Kec. Awangpone Kab. Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai
dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 8 orang kinerja guru
dan 1 orang pegawai jadi jumlah keseluruhan responden adalah 9 orang mengenai
manajemen waktu. Rata-rata jawaban responden adalah 42,67. Angka 42,67
berada pada kategori cukup baik yang terletak pada interval antara 41-44.
Sedangkan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading Kec. Awangpone
Kab. Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket
yang dibagikan kepada 9 respoden mengenai kinerja guru dan pegawai. Rata-rata
dari jawaban responden adalah 41,78. Angka 41,78 berada pada kategori cukup
baik yang terletak pada interval 41-44. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung
sebesar 14,78111033 > Ftabel 5,59144785 serta uji Thitung sebesar 3,833450704 >
Ttabel sebesar 1,573215012. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan manajemen waktu terhadap peningkatan kinerja guru dan
pegawai.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Manajemen Waktu di SD Inpres 7/83 Kading dikatakan cukup baik
karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai
42,67. Angka 42,67 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada
interval antara 41-44.
2. Kinerja Guru dan Pegawai di SD Inpres 7/83 Kading dikatakan cukup
baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai
41,78. Angka 41,78 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada
interval antara 41-44.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan manajemen waktu (variabel X)
terhadap peningkatan (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua
variabel sebesar 0,006. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,823,
kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 14,78111033 > Ftabel sebesar
5,59144785. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan manajemen waktu terhadap
peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading
Kec.Awanpone Kab.Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah
di di SD Inpres 7/83 Kading Kec.Awanpone Kab.Bone. Adapun saran-saran
yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa manajemen waktu
memiliki korelasi yang cukup baik terhadap peningkatan kinerja guru dan
pegawai. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah
khususnya guru dan pegawai agar lebih ditingkatkan menjadi lebih baik
dalam mengelola waktu dengan baik.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya,
khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan manajemen waktu
dan kinerja guru dan pegawai.
terhadap peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading Kec.
Awangpone Kab. Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini
adalah 1) bagaimana manajemen waktu di SD Inpres 7/83 Kading 2) bagaimana
kinerja guru dan pegawai di SD 7/83 Kading 3) bagaimana pengaruh manajemen
waktu terhadap peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading
Kec. Awanpone Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan
manajemen. Pendekatan ini menggunakan teknik observasi, angket, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh manajemen waktu terhadap
peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading Kec. Awangpone
Kab. Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau
presentase dan korelasi produck moment,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen waktu di SD Inpres
7/83 Kading Kec. Awangpone Kab. Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai
dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 8 orang kinerja guru
dan 1 orang pegawai jadi jumlah keseluruhan responden adalah 9 orang mengenai
manajemen waktu. Rata-rata jawaban responden adalah 42,67. Angka 42,67
berada pada kategori cukup baik yang terletak pada interval antara 41-44.
Sedangkan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading Kec. Awangpone
Kab. Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket
yang dibagikan kepada 9 respoden mengenai kinerja guru dan pegawai. Rata-rata
dari jawaban responden adalah 41,78. Angka 41,78 berada pada kategori cukup
baik yang terletak pada interval 41-44. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung
sebesar 14,78111033 > Ftabel 5,59144785 serta uji Thitung sebesar 3,833450704 >
Ttabel sebesar 1,573215012. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan manajemen waktu terhadap peningkatan kinerja guru dan
pegawai.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Manajemen Waktu di SD Inpres 7/83 Kading dikatakan cukup baik
karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai
42,67. Angka 42,67 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada
interval antara 41-44.
2. Kinerja Guru dan Pegawai di SD Inpres 7/83 Kading dikatakan cukup
baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai
41,78. Angka 41,78 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada
interval antara 41-44.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan manajemen waktu (variabel X)
terhadap peningkatan (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua
variabel sebesar 0,006. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,823,
kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 14,78111033 > Ftabel sebesar
5,59144785. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan manajemen waktu terhadap
peningkatan kinerja guru dan pegawai di SD Inpres 7/83 Kading
Kec.Awanpone Kab.Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah
di di SD Inpres 7/83 Kading Kec.Awanpone Kab.Bone. Adapun saran-saran
yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa manajemen waktu
memiliki korelasi yang cukup baik terhadap peningkatan kinerja guru dan
pegawai. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah
khususnya guru dan pegawai agar lebih ditingkatkan menjadi lebih baik
dalam mengelola waktu dengan baik.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya,
khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan manajemen waktu
dan kinerja guru dan pegawai.
Ketersediaan
| STAR20220116 | 116/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
116/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
