Pengaruh Pengelolaan Dana Sekolah Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Sumber Belajar Di Tk Hajar Aswad Kecamatan Cina Kabupaten Bone
Fitri Nur Hikma/02.18.3109 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang pengaruh pengelolaan dana sekolah
terhadap pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad Kecamatan Cina
Kabupaten Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1)
bagaimana pengelolaan dana sekolah di TK Hajar Aswad 2) bagaimana pengelolaan
sumber belajar di TK Hajar Aswad 3) bagaimana pengaruh pengelolaan dana
sekolah terhadap pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan manajemen.
Pendekatan ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian
tentang pengaruh pengelolaan dana sekolah terhadap pemenuhan kebutuhan sumber
belajar di TK Hajar Aswad Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan rumus regresi linear sederhana dan korelasi product
moment,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana sekolah di TK Hajar
Aswad Kecamatan Cina Kabupaten Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan
hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 15 orang, yaitu 12 orang tua
siswa 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru. Rata-rata jawaban responden adalah
44,66. Angka 44,66 berada pada kategori cukup baik yang terletak pada interval
antara 41-44. Sedangkan pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad
Kecamatan Cina Kabupaten Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil
analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 15 orang, yaitu 12 orang tua siswa 1
orang kepala sekolah dan 2 orang guru. Rata-rata jawaban responden adalah 22,06.
Angka 22,06 berada pada kategori cukup baik yang terletak pada interval antara 41-
44. Dan pengelolaan dana sekolah dikatakan terdapat pengaruh terhadap pemenuhan
sumber belajar di TK Hajar Aswad. Hal ini sesuai dengan hasil uji anava sebesar
0,006. yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pengelolaan dana sekolah di TK Hajar Aswa Kecamatan Cina Kabupaten Bone
dikatakan cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
diperoleh nilai 44,66. Angka 44,66 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak
pada interval antara 42-47.
2. pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad Keacamatan Cina
Kabupaten Bone dikatakan cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari
para responden diperoleh nilai 22,06. Angka 22,06 berada pada kategori cukup
baik, yaitu terletak pada interval antara 21-23.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pengelolaan dana sekolah (variabel X) terhadap
pemenuhan kebutuhan sumber belajar (variabel Y) dengan kuat pengaruh antara
dua variabel sebesar 0,00026
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di TK
Hajar Aswas Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Adapun saran-saran yang penulis
maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengelolaan dana sekolah
memiliki korelasi yang cukup baik terhadap pemenuhan kebutuhan sumber
belajar. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah khususnya guru
dan pegawai agar lebih ditingkatkan menjadi lebih baik dalam mengelola waktu
dengan baik.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pengelolaan dana sekolah dan sumber
belajar
terhadap pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad Kecamatan Cina
Kabupaten Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1)
bagaimana pengelolaan dana sekolah di TK Hajar Aswad 2) bagaimana pengelolaan
sumber belajar di TK Hajar Aswad 3) bagaimana pengaruh pengelolaan dana
sekolah terhadap pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan manajemen.
Pendekatan ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian
tentang pengaruh pengelolaan dana sekolah terhadap pemenuhan kebutuhan sumber
belajar di TK Hajar Aswad Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Dalam menganalisis
data, penulis menggunakan rumus regresi linear sederhana dan korelasi product
moment,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana sekolah di TK Hajar
Aswad Kecamatan Cina Kabupaten Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan
hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 15 orang, yaitu 12 orang tua
siswa 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru. Rata-rata jawaban responden adalah
44,66. Angka 44,66 berada pada kategori cukup baik yang terletak pada interval
antara 41-44. Sedangkan pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad
Kecamatan Cina Kabupaten Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil
analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 15 orang, yaitu 12 orang tua siswa 1
orang kepala sekolah dan 2 orang guru. Rata-rata jawaban responden adalah 22,06.
Angka 22,06 berada pada kategori cukup baik yang terletak pada interval antara 41-
44. Dan pengelolaan dana sekolah dikatakan terdapat pengaruh terhadap pemenuhan
sumber belajar di TK Hajar Aswad. Hal ini sesuai dengan hasil uji anava sebesar
0,006. yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pengelolaan dana sekolah di TK Hajar Aswa Kecamatan Cina Kabupaten Bone
dikatakan cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
diperoleh nilai 44,66. Angka 44,66 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak
pada interval antara 42-47.
2. pemenuhan kebutuhan sumber belajar di TK Hajar Aswad Keacamatan Cina
Kabupaten Bone dikatakan cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari
para responden diperoleh nilai 22,06. Angka 22,06 berada pada kategori cukup
baik, yaitu terletak pada interval antara 21-23.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pengelolaan dana sekolah (variabel X) terhadap
pemenuhan kebutuhan sumber belajar (variabel Y) dengan kuat pengaruh antara
dua variabel sebesar 0,00026
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di TK
Hajar Aswas Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Adapun saran-saran yang penulis
maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengelolaan dana sekolah
memiliki korelasi yang cukup baik terhadap pemenuhan kebutuhan sumber
belajar. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah khususnya guru
dan pegawai agar lebih ditingkatkan menjadi lebih baik dalam mengelola waktu
dengan baik.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan pengelolaan dana sekolah dan sumber
belajar
Ketersediaan
| STAR20230011 | 11/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
11/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
