Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Tematik di SD INPRES 5/81 Mattirowalie Kabupaten Bone
Muh. Hasyim/02.18.5020 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru Dalam
Menggunakan Media Pembelajaran Tematik di SD INPRES 5/81 Mattirowalie
Kab.Bone, Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kualitatif Deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru SD INPRES 5/81 Mattirowalie Kec. Mare Kab.Bone
sebagai sampel dalam Penelitian Ini.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuaitatif Deskriptif
dengan menggunakan pendekatan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengelolaan dan analisis datanya melalui beberapa tahap yaitu redukasi data
(Data Reduction), penyajian data (Data Display), penarikan kesimpulan dan
Verifikasi (Conslusion Drawing Verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya kreativitas guru dalam
menggunakan media pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat belajar dan
pemahaman siswa di SD INPRES 5/81 Mattirowalie Kec. Mare Kab.Bone. Dengan
menggunakan media, sarana dan prasarana sekolah yang seadanya, guru harus kreatif
dalam menciptakan bahan ajar dan trik untuk menarik perhatian siswa agar lebih
fokus pada pelajaran. Adapun bentuk kreativitas guru dapat dilihat dari Kelancaran
Berpikir (Fluency of Thinking), Keluwesan Berpikir (Fleksibility), Elaborasi
(Elaboration), Originalitas (Originality). kemudian dampak kreativitas guru dalam
menggunakan media pembelajaran terhadap siswa yaitu peningkatan minat belajar
dan pemahaman siswa. Adapun dampak terhadap sekolah yaitu merupakan
kebanggaan tersendiri dalam membentuk siswa yang unggul dengan adanya guru
yang kreatif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik
kesimpulan bahwa :
1. Bentuk kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran yaitu Kelancaran
Berpikir (Fluency of Thinking), Keluasan Berpikir (Fleksibility), Elaborasi (Elaboration),
Originalitas (Originality).
2. Faktor yang menyebabkan pentingnya kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran tematik di SD adalah minat belajar siswa yang meningkat saat belajar
dengan menggunakan media, sarana dan prasarana sekolah yang kurang sehingga guru
harus kreatif dalam menciptakan bahan ajar, dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
3. Dampak kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap siswa
yaitu peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa. Dampak terhadap sekolah yaitu
merupakan kebanggan tersendiri bagi sekolah dan membentuk siswa yang unggul.
B. Saran
Saran yang terkait tentang kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran
tematik adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru, agar tetap selalu membimbing, mendidik, melatih, dan mengajar peserta
didik dengan penuh kesabaran dan berusaha membuat pembelajaran semenarik mungkin
agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran dikelas.
2. Kepada peserta didik, agar tetap semangat belajar dalam kelas dan dapat meningkat pola
belajarnya dengan baik agar ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan.
3. Kepada sekolah diupayakan agar terus memperhatikan, membimbing, dan membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran agar mampu menghasikan peserta didik yang
bermutu dan bermanfaat bagi bangsa.
Menggunakan Media Pembelajaran Tematik di SD INPRES 5/81 Mattirowalie
Kab.Bone, Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kualitatif Deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru SD INPRES 5/81 Mattirowalie Kec. Mare Kab.Bone
sebagai sampel dalam Penelitian Ini.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuaitatif Deskriptif
dengan menggunakan pendekatan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengelolaan dan analisis datanya melalui beberapa tahap yaitu redukasi data
(Data Reduction), penyajian data (Data Display), penarikan kesimpulan dan
Verifikasi (Conslusion Drawing Verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya kreativitas guru dalam
menggunakan media pembelajaran tematik dalam meningkatkan minat belajar dan
pemahaman siswa di SD INPRES 5/81 Mattirowalie Kec. Mare Kab.Bone. Dengan
menggunakan media, sarana dan prasarana sekolah yang seadanya, guru harus kreatif
dalam menciptakan bahan ajar dan trik untuk menarik perhatian siswa agar lebih
fokus pada pelajaran. Adapun bentuk kreativitas guru dapat dilihat dari Kelancaran
Berpikir (Fluency of Thinking), Keluwesan Berpikir (Fleksibility), Elaborasi
(Elaboration), Originalitas (Originality). kemudian dampak kreativitas guru dalam
menggunakan media pembelajaran terhadap siswa yaitu peningkatan minat belajar
dan pemahaman siswa. Adapun dampak terhadap sekolah yaitu merupakan
kebanggaan tersendiri dalam membentuk siswa yang unggul dengan adanya guru
yang kreatif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik
kesimpulan bahwa :
1. Bentuk kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran yaitu Kelancaran
Berpikir (Fluency of Thinking), Keluasan Berpikir (Fleksibility), Elaborasi (Elaboration),
Originalitas (Originality).
2. Faktor yang menyebabkan pentingnya kreativitas guru dalam menggunakan media
pembelajaran tematik di SD adalah minat belajar siswa yang meningkat saat belajar
dengan menggunakan media, sarana dan prasarana sekolah yang kurang sehingga guru
harus kreatif dalam menciptakan bahan ajar, dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
3. Dampak kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap siswa
yaitu peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa. Dampak terhadap sekolah yaitu
merupakan kebanggan tersendiri bagi sekolah dan membentuk siswa yang unggul.
B. Saran
Saran yang terkait tentang kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran
tematik adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru, agar tetap selalu membimbing, mendidik, melatih, dan mengajar peserta
didik dengan penuh kesabaran dan berusaha membuat pembelajaran semenarik mungkin
agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran dikelas.
2. Kepada peserta didik, agar tetap semangat belajar dalam kelas dan dapat meningkat pola
belajarnya dengan baik agar ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan.
3. Kepada sekolah diupayakan agar terus memperhatikan, membimbing, dan membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran agar mampu menghasikan peserta didik yang
bermutu dan bermanfaat bagi bangsa.
Ketersediaan
| STAR20230177 | 177/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
177/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
