Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Inpres 5/81 Bajoe Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai hubungan antara kompetensi pedagogik guru
dengan motivasi belajar siswa. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
1) Untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru
bahasa Indonesia di kelas IV SD Inpres 5/81 Bajoe. 2) Untuk mengetahui tingkat
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres
5/81 Bajoe. 3) Untuk mengetahui korelasi antara kompetensi pedagogik guru
dengan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di
kelas IV SD Inpres 5/81 Bajoe. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif, yaitu yang
berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau
sampel tertentu dan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Teknik
korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil yang ditemukan dalam
penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai
koefisien korelasi sebesar 0,967 dan termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata
kompetensi pedagogik guru bahasa Indonesia kelas IV termasuk dalam kategori
baik dengan presentase 42,85% dan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas
IV juga termasuk dalam kategori baik dengan presentase 61,90%. Dengan
demikian terdapat hubungan yang cukup kuat dan signifikan antara kompetensi
pedagogik guru dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV pada mata
pelajaran bahasa Indonesia di SD Inpres 5/81 Bajoe.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, maka peneliti menarik simpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis data tentang kompetensi pedagogik guru di
SD Inpres 5/81 Bajoe dapat dilihat frekuensi tertinggi adalah 9 siswa
dengan presentase 42,85% yang memperoleh kategori baik.
2. Berdasarkan hasil analisis data tentang motivasi belajar siswa di SD
Inpres 5/81 Bajoe dapat dilihat frekuensi tertinggi yaitu 13 siswa
dengan presentase 61,90% yang memperoleh kategori baik.
3. Berdasarkan perhitungan di atas, diperoleh r hitung 0,967 sedangkan r
tabel 0,433. Maka dapat disimpulkan “r” hitung lebih besar daripada
“r” tabel maka artinya Ha diterima dan H0 di tolak. Hal ini
menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan
kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran bahasa Indonesia di SD Inpres 5/81 Bajoe.
B. Saran
1. Untuk pihak sekolah hendaknya menghimbau guru dalam
peningkatan kompetensi yang dimilikinya, khususnya kompetensi
pedagogik. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pembekalan
guru dalam pengelolaan kelas sehingga siswa dapat termotivasi dalam
belajar.
2. Untuk guru hendaknya mengembangkan dan meningkatkan
kompetensi pedagogiknya dalam upaya peningkatan kualitas guru.
Selain itu guru harus mendekatkan diri dengan siswa untuk
memotivasinya sehingga siswa mempunyai motivasi yang kuat untuk
terus belajar.
Ketersediaan
STAR20220328328/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

328/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top