Meningkatkan Bahasa Anak Melalui Metode Mendongeng di TK Asri Kelompok B Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Marhana/02.18.6030 - Personal Name
Penelitian ini berjudul, Meningkatkan bahasa anak melalui dongeng di TK Asri
Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecematan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,
dan untuk mengetahuai apakah dongeng dapat meningkatkan bahasa anak di TK Asri
Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecematan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui metode yang dapat digunakan
dalam meningkatkan bahasa anak melalui media mendongeng; 2) mengetahui
perkembangan bahasa anak, setelah dan sebelum pembelajaran dongeng.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
psikologis, sosiologis dan pedagogik, untuk memperoleh data yang di inginkan yaitu
data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara: mereduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan bahasa
anak melalui metode mendongeng pada siswa kelompok B TK Asri di Desa Waru,
Kelurahan Bulu Tempe, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone:
1.persiapan 2.pelaksanaan 3. Evaluasi. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk
membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak dan memberikan
pengalaman belajar yang menyenangkan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi data penelitian, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan bahasa anak melalui
media dongeng pada kelompok B TK Asri Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, melibatkan guru dan anak
secara langsung. Proses pembelajaran dimulai dengan berbagai macam
persiapan, kemudian pelaksanaan, dan evaluasi. Pada persiapan pembelajaran
guru akan mempersiapkan tema dongng, teks dongng, media pendukung
sesuai dengan tema dongng yang telah ditetapkan dan ragam suara karakter
dongng. pada pelaksanaan pembelajaran, guru mengatur tempat duduk anak
dengan rapih, guru mengkomunikasikan tujuan dan tema dalam dongng
kepada anak, dan guru mendongng menggunakan karakter suara didepan
anak. Dan pada kegiatan akhir, guru mengadakan evaluasi dengan memilih
beberapa anak untuk melakukan tanya jawab tentangdongng yang
disampaikan, dan guru menilai pemahaman anak berkaitan dengan metode
mendongeng dalam meningkatkan bahsa anak karena dengan mengadakan
evaluasi guru akan mengetahui perkembangan anak setelah melakukan
pembelajaran.
2. Mendongeng dapat meningkatkan bahasa anak di TK Asri Desa Waru
Kelurahan Bulu Tempe Kecematan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,
karna dengan membacakan dongeng pada anak dapat menambah
3. pembendaharaan kosa kata pada anak serta meningkatkan kemampuan
mendengar dan kemampuan berbicara pada anak.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki perkembangan kemampuan bahasa yang berbeda-
beda oleh karena itu guru harus pandai dalam melihat perkembangan
bahasa anak dan metode pembelajaran dapat menstimulasi anak
mengembangkan kemampuan bahasanya.
2. Dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa pada anak di TK Asri
sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang sering dilakukan anak dalam
proses pembelajaran. Oleh karena itu sangat penting bagi guru memilih
metode yang tepat yang dapat memberikan pengalamann secara langsung
kepada anak dalam proses pembelajaran, karena anak akan lebih mudah
belajar dari pengalamannya.
Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecematan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,
dan untuk mengetahuai apakah dongeng dapat meningkatkan bahasa anak di TK Asri
Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe Kecematan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui metode yang dapat digunakan
dalam meningkatkan bahasa anak melalui media mendongeng; 2) mengetahui
perkembangan bahasa anak, setelah dan sebelum pembelajaran dongeng.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
psikologis, sosiologis dan pedagogik, untuk memperoleh data yang di inginkan yaitu
data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan cara: mereduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan bahasa
anak melalui metode mendongeng pada siswa kelompok B TK Asri di Desa Waru,
Kelurahan Bulu Tempe, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone:
1.persiapan 2.pelaksanaan 3. Evaluasi. Pada proses pembelajaran ini dilakukan untuk
membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak dan memberikan
pengalaman belajar yang menyenangkan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi data penelitian, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan bahasa anak melalui
media dongeng pada kelompok B TK Asri Desa Waru Kelurahan Bulu Tempe
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, melibatkan guru dan anak
secara langsung. Proses pembelajaran dimulai dengan berbagai macam
persiapan, kemudian pelaksanaan, dan evaluasi. Pada persiapan pembelajaran
guru akan mempersiapkan tema dongng, teks dongng, media pendukung
sesuai dengan tema dongng yang telah ditetapkan dan ragam suara karakter
dongng. pada pelaksanaan pembelajaran, guru mengatur tempat duduk anak
dengan rapih, guru mengkomunikasikan tujuan dan tema dalam dongng
kepada anak, dan guru mendongng menggunakan karakter suara didepan
anak. Dan pada kegiatan akhir, guru mengadakan evaluasi dengan memilih
beberapa anak untuk melakukan tanya jawab tentangdongng yang
disampaikan, dan guru menilai pemahaman anak berkaitan dengan metode
mendongeng dalam meningkatkan bahsa anak karena dengan mengadakan
evaluasi guru akan mengetahui perkembangan anak setelah melakukan
pembelajaran.
2. Mendongeng dapat meningkatkan bahasa anak di TK Asri Desa Waru
Kelurahan Bulu Tempe Kecematan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone,
karna dengan membacakan dongeng pada anak dapat menambah
3. pembendaharaan kosa kata pada anak serta meningkatkan kemampuan
mendengar dan kemampuan berbicara pada anak.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap anak memiliki perkembangan kemampuan bahasa yang berbeda-
beda oleh karena itu guru harus pandai dalam melihat perkembangan
bahasa anak dan metode pembelajaran dapat menstimulasi anak
mengembangkan kemampuan bahasanya.
2. Dalam upaya mengembangkan kemampuan bahasa pada anak di TK Asri
sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang sering dilakukan anak dalam
proses pembelajaran. Oleh karena itu sangat penting bagi guru memilih
metode yang tepat yang dapat memberikan pengalamann secara langsung
kepada anak dalam proses pembelajaran, karena anak akan lebih mudah
belajar dari pengalamannya.
Ketersediaan
| STAR20220396 | 396//2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
396//2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
