Penerapan Model Pembelajaran Teams Game Turnament dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas XI MA BI Islam Galung Kec. Ulaweng Kab. Bone
Andi Irfandi/02.18.1107 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Teams
Game Turnament dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Siswa Kelas XI MA BI Islam Galung Kec. Ulaweng Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment one group pre-test-
posttest.Pendekatan yang digunakan terdiri atas tiga, yakni paedagogis, psikologis
serta sosiologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di MA BI Islam
Galung Kec. Ulaweng Kab. Bone yangberjumlah154 orang dengan jumlah
sampel sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
tes/angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deksriptif
kuantitatif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwanilai hasil belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Kelas XI MA BI Islam Galung
Kec. Ulaweng Kab. Bonesebelum penerapan model pembelajaran Teams Game
Turnament dalam kategori rendah yaitu sebesar 31,25. Sedangkan nilai hasil
belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Kelas XI MA
BI Islam Galung Kec. Ulaweng Kab. Bonesesudah penerapan model
pembelajaran Teams Game Turnament dalam kategori rendah yaitu sebesar
81,88.Penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament cukup efektif
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
di kelas XI MA BI Islam Galung, Kec. Ulaweng, Kab. Bone dengan nilai
signifikansi 0.000
Game Turnament dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Siswa Kelas XI MA BI Islam Galung Kec. Ulaweng Kab. Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment one group pre-test-
posttest.Pendekatan yang digunakan terdiri atas tiga, yakni paedagogis, psikologis
serta sosiologis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di MA BI Islam
Galung Kec. Ulaweng Kab. Bone yangberjumlah154 orang dengan jumlah
sampel sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
tes/angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni deksriptif
kuantitatif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwanilai hasil belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Kelas XI MA BI Islam Galung
Kec. Ulaweng Kab. Bonesebelum penerapan model pembelajaran Teams Game
Turnament dalam kategori rendah yaitu sebesar 31,25. Sedangkan nilai hasil
belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Kelas XI MA
BI Islam Galung Kec. Ulaweng Kab. Bonesesudah penerapan model
pembelajaran Teams Game Turnament dalam kategori rendah yaitu sebesar
81,88.Penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament cukup efektif
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
di kelas XI MA BI Islam Galung, Kec. Ulaweng, Kab. Bone dengan nilai
signifikansi 0.000
Ketersediaan
| STAR20230399 | 399/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
399/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
