Pengaruh Keunggulan Produk dan Komitmen Keagamaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Bone
Vini Quita/01.18.5060 - Personal Name
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
keunggulan produk dan komitmen keagamaan terhadap kepuasan nasabah pada
bank muamalat kcp bone. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah para
nasabah Bank Muamalat KCP Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket/kuesioner. Dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Metode
yang digunakan adalah SMART PLS. Metode penelitian yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantu SMART PLS versi 3.0.
Pengujian secara persial, kedua variabel bebas yaitu keunggulan produk (X1),
komitmen keagamaan (X2) dan kepuasan nasabah (Y) berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah dengan tingkat signifikan antara variabel Keunggulan produk (X1)
dengan kepuasan nasabah (Y) dilihat dari nilainya 0,456 ≤ 0,05 . dan terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara komitmen keagamaan (X2) terhadap
kepuasan nasabah (Y) dengan nilai 0,102 ≤ 0,05. Sedangkan hasil dari kolerasi secara
simultan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama
antara Keunggulan produk (X1), Komitmen keagamaan (X2) terhadap kepuasan
nasabah (Y), dengan nilai 0,194 ≤ 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
keunggulan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah,
komitmen keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dan
keunggulan produk dan komitmen keagamaan berpengaruh secara simultan terhadap
kepuasan nasabah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian masalah, hipotesis, dan temuan, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada
penelitian berjudul 'Pengaruh Kualitas Produk dan Komitmen
Keagamaan Terhadap Kepuasan Nasabah KCP Bone' meningkat.
Berdasarkan data yang terkumpul dan pengujian yang dilakukan dengan
menggunakan metode regresi linier berganda, dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut.
1. Kualitas produk sangat berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan. Artinya, semakin tinggi kualitas produk, semakin
tinggi kepuasan pelanggan.
2. Agama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Artinya semakin tinggi komitmen keagamaan maka
semakin tinggi pula kepuasan pelanggan.
3. Komitmen terhadap kualitas produk dan religi sangat
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Artinya, semakin
tinggi kualitas produk dan keyakinan agama, semakin tinggi
kepuasan pelanggan.
B. SARAN
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kami menemukan bahwa
kualitas produk dan komitmen keagamaan berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah Bank Muammalat Cabang Bone. Namun, peneliti
masih mengakui banyak kekurangan. Untuk itu peneliti menyarankan
untuk mendapatkan gambaran besarnya sebagai bahan pertimbangan dan
penyempurnaan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penelitian
sejenis. Oleh karena itu, penulis menyarankan beberapa hal sebagai
berikut.
1. sebuah. Bagi Bank Bank Muamalat Cabang Bone perlu menjaga
dan meningkatkan komitmen keagamaannya kepada nasabah
baik dari segi kualitas produk maupun fasilitasnya agar dapat
meningkatkan kepuasan nasabah dan menciptakan citra yang
lebih baik dimata nasabah.
2. Bagi peneliti lain, kinerja perbankan syariah yang mempengaruhi
kepuasan nasabah bukan satu-satunya faktor kualitas produk dan
komitmen agama, mengingat masih banyak lagi, saya sarankan
untuk melihat faktor-faktor lain yang penulis belum lihat.
3. Harapan bagi nasabah untuk menjadikan bank syariah sebagai
tempat berdagang sesuai ajaran Islam dan berbisnis dengan baik.
C. Implikasi
Persepsi pelanggan didefinisikan sebagai proses di mana pelanggan
memilih, mengatur, menafsirkan, dan menafsirkan masukan informasi
dan pengalaman yang ada ke dalam gambar yang bermakna. Di masa
depan, ini berarti bank akan dapat menarik nasabah dengan cara yang
akan menarik mereka untuk keunggulan produk mereka dan komitmen
agama mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.
keunggulan produk dan komitmen keagamaan terhadap kepuasan nasabah pada
bank muamalat kcp bone. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah para
nasabah Bank Muamalat KCP Bone. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket/kuesioner. Dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Metode
yang digunakan adalah SMART PLS. Metode penelitian yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantu SMART PLS versi 3.0.
Pengujian secara persial, kedua variabel bebas yaitu keunggulan produk (X1),
komitmen keagamaan (X2) dan kepuasan nasabah (Y) berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah dengan tingkat signifikan antara variabel Keunggulan produk (X1)
dengan kepuasan nasabah (Y) dilihat dari nilainya 0,456 ≤ 0,05 . dan terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara komitmen keagamaan (X2) terhadap
kepuasan nasabah (Y) dengan nilai 0,102 ≤ 0,05. Sedangkan hasil dari kolerasi secara
simultan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama
antara Keunggulan produk (X1), Komitmen keagamaan (X2) terhadap kepuasan
nasabah (Y), dengan nilai 0,194 ≤ 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
keunggulan produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah,
komitmen keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dan
keunggulan produk dan komitmen keagamaan berpengaruh secara simultan terhadap
kepuasan nasabah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian masalah, hipotesis, dan temuan, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada
penelitian berjudul 'Pengaruh Kualitas Produk dan Komitmen
Keagamaan Terhadap Kepuasan Nasabah KCP Bone' meningkat.
Berdasarkan data yang terkumpul dan pengujian yang dilakukan dengan
menggunakan metode regresi linier berganda, dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut.
1. Kualitas produk sangat berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan. Artinya, semakin tinggi kualitas produk, semakin
tinggi kepuasan pelanggan.
2. Agama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Artinya semakin tinggi komitmen keagamaan maka
semakin tinggi pula kepuasan pelanggan.
3. Komitmen terhadap kualitas produk dan religi sangat
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Artinya, semakin
tinggi kualitas produk dan keyakinan agama, semakin tinggi
kepuasan pelanggan.
B. SARAN
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kami menemukan bahwa
kualitas produk dan komitmen keagamaan berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah Bank Muammalat Cabang Bone. Namun, peneliti
masih mengakui banyak kekurangan. Untuk itu peneliti menyarankan
untuk mendapatkan gambaran besarnya sebagai bahan pertimbangan dan
penyempurnaan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penelitian
sejenis. Oleh karena itu, penulis menyarankan beberapa hal sebagai
berikut.
1. sebuah. Bagi Bank Bank Muamalat Cabang Bone perlu menjaga
dan meningkatkan komitmen keagamaannya kepada nasabah
baik dari segi kualitas produk maupun fasilitasnya agar dapat
meningkatkan kepuasan nasabah dan menciptakan citra yang
lebih baik dimata nasabah.
2. Bagi peneliti lain, kinerja perbankan syariah yang mempengaruhi
kepuasan nasabah bukan satu-satunya faktor kualitas produk dan
komitmen agama, mengingat masih banyak lagi, saya sarankan
untuk melihat faktor-faktor lain yang penulis belum lihat.
3. Harapan bagi nasabah untuk menjadikan bank syariah sebagai
tempat berdagang sesuai ajaran Islam dan berbisnis dengan baik.
C. Implikasi
Persepsi pelanggan didefinisikan sebagai proses di mana pelanggan
memilih, mengatur, menafsirkan, dan menafsirkan masukan informasi
dan pengalaman yang ada ke dalam gambar yang bermakna. Di masa
depan, ini berarti bank akan dapat menarik nasabah dengan cara yang
akan menarik mereka untuk keunggulan produk mereka dan komitmen
agama mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Ketersediaan
| SFEBI20220240 | 240/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
240/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
