Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Dana
Iin Andriana Astuti/01.18.5058 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai kepuasan pelanggan terhadap aplikasi DANA
sebagai flatform pembayaran digital di Indonesia. DANA merupakan aplikasi yang
banyak memberi kemudahan transaksi digital. Gaya hidup Manusia yang mulai
mengalami pergeseran yang signifikan dimana segala sesuatu dituntut untuk
dilakukan secara cepat, mudah dan praktis. Salah satu wujud kepraktisan yang ada
ditengah masyarakat adalah maraknya sistem online. Saat ini aplikasi DANA
merupakan pembayaran e-Wallet yang masih tergolong baru di masyarakat. Karena
itulah aplikasi DANA ini masih pada masa pengembangan sehingga penelitian ini
perlu dilakukan untuk memberikan daya tarik kepada masyarakat. Adapun tujuan
yang akan dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan terhadap
apa yang disediakan oleh aplikasi tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field research). Adapun
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini teknik
pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Aplikasi DANA
memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi digital karena tidak perlu lagi
keluar rumah untuk melakukan transaksi dibank selain itu, fitur yang terdapat pada
aplikasi sangat mudah dipahami sehingga bisa digunakan oleh berbagai kalangan
usia. Adapun kekurangan pada aplikasi adalah gangguan transaksi pada saat koneksi
jaringan tidak stabil atau eror.
A. Kesimpulan
1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kel. TA Kecamatanamatan
Tanete Riattang, dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kepuasan
pelanggan pada aplikasi Dompet Digital berbasis Aplikasi Mobile
(DANA) berdasarkan dimensi efisiensi/kemudahan, kesesuaian harga,
minat menggunakan kembali, kesediaan merekomendasikan, pemberian
penilaian, kesesuaian harapan, serta kekurangan dan kelebihan yang ada
pada aplikasi DANA, bahwa aplikasi ini sangat memberikan kontribusi
dalam memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran digital.
Melihat dari kemudahan yang dapat dirasakan adalah mengurangi
penggunaan tenaga, waktu, biaya yang dibutuhkan ketika menggunakan
transaksi non digital karena pengguna tidak perlu lagi melakukan transaksi
di bank atau jasa lainnya.
2. Selanjutnya, kekurangan dari aplikasi DANA ialah terkadang mengalami
gangguan jaringan, top up saldo hanya bisa dilakukan dengan minimal Rp.
50.000-, memiliki resiko tinggi dan sering mengalami pembelian produk
error. Adapun kelebihan dari aplikasi ini ialah aplikasi ini mudah
digunakan, bisa diakses dimanapun dan kapanpun, memiliki sistem
keamanan yang mumpuni, cepat dan praktis, gratis 10 kali transfer setiap
bulan, aplikasi anak bangsa, terus mengembangkan inovasi, serta
merangkul semakin banyak UMKM. Hal ini didukung dengan pemberian
penilaian yang di berikan oleh masing-masing pengguna aplikasi.
B. Saran
Bagi pengguna yang mendaftrarkan akun DANA usahakan untuk terus
mengaktifkan nomor hp yang digunakan karena jika terjadi masalah pihak
aplikasi DANA akan mengirimkan kode ke nomor tersebut. Jika nomor
tersebut tidak aktif akan menyusahkan anda mengembalikan akun anda.
Untuk pihak aplikasi DANA usahakan mendengar dan memperbaiki keluhan
dari para penggunanya sehingga akan mengakibatkan timbulnya kepuasaan
masyarakat yang lebih lagi.
sebagai flatform pembayaran digital di Indonesia. DANA merupakan aplikasi yang
banyak memberi kemudahan transaksi digital. Gaya hidup Manusia yang mulai
mengalami pergeseran yang signifikan dimana segala sesuatu dituntut untuk
dilakukan secara cepat, mudah dan praktis. Salah satu wujud kepraktisan yang ada
ditengah masyarakat adalah maraknya sistem online. Saat ini aplikasi DANA
merupakan pembayaran e-Wallet yang masih tergolong baru di masyarakat. Karena
itulah aplikasi DANA ini masih pada masa pengembangan sehingga penelitian ini
perlu dilakukan untuk memberikan daya tarik kepada masyarakat. Adapun tujuan
yang akan dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan terhadap
apa yang disediakan oleh aplikasi tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field research). Adapun
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini teknik
pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Aplikasi DANA
memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi digital karena tidak perlu lagi
keluar rumah untuk melakukan transaksi dibank selain itu, fitur yang terdapat pada
aplikasi sangat mudah dipahami sehingga bisa digunakan oleh berbagai kalangan
usia. Adapun kekurangan pada aplikasi adalah gangguan transaksi pada saat koneksi
jaringan tidak stabil atau eror.
A. Kesimpulan
1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kel. TA Kecamatanamatan
Tanete Riattang, dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kepuasan
pelanggan pada aplikasi Dompet Digital berbasis Aplikasi Mobile
(DANA) berdasarkan dimensi efisiensi/kemudahan, kesesuaian harga,
minat menggunakan kembali, kesediaan merekomendasikan, pemberian
penilaian, kesesuaian harapan, serta kekurangan dan kelebihan yang ada
pada aplikasi DANA, bahwa aplikasi ini sangat memberikan kontribusi
dalam memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran digital.
Melihat dari kemudahan yang dapat dirasakan adalah mengurangi
penggunaan tenaga, waktu, biaya yang dibutuhkan ketika menggunakan
transaksi non digital karena pengguna tidak perlu lagi melakukan transaksi
di bank atau jasa lainnya.
2. Selanjutnya, kekurangan dari aplikasi DANA ialah terkadang mengalami
gangguan jaringan, top up saldo hanya bisa dilakukan dengan minimal Rp.
50.000-, memiliki resiko tinggi dan sering mengalami pembelian produk
error. Adapun kelebihan dari aplikasi ini ialah aplikasi ini mudah
digunakan, bisa diakses dimanapun dan kapanpun, memiliki sistem
keamanan yang mumpuni, cepat dan praktis, gratis 10 kali transfer setiap
bulan, aplikasi anak bangsa, terus mengembangkan inovasi, serta
merangkul semakin banyak UMKM. Hal ini didukung dengan pemberian
penilaian yang di berikan oleh masing-masing pengguna aplikasi.
B. Saran
Bagi pengguna yang mendaftrarkan akun DANA usahakan untuk terus
mengaktifkan nomor hp yang digunakan karena jika terjadi masalah pihak
aplikasi DANA akan mengirimkan kode ke nomor tersebut. Jika nomor
tersebut tidak aktif akan menyusahkan anda mengembalikan akun anda.
Untuk pihak aplikasi DANA usahakan mendengar dan memperbaiki keluhan
dari para penggunanya sehingga akan mengakibatkan timbulnya kepuasaan
masyarakat yang lebih lagi.
Ketersediaan
| SFEBI20230002 | 02/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
02/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
