Pola Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Di Sd Inpres 6/75 Corawali
Ayu Sahari Samsuddin/03.16.2034 - Personal Name
Skripsi ini membahas tengtang Pola Komunikasi Guru dalam Meningkatkan
karakter Siswa SD Inpres 6/75 Corawali .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Strategi guru dalam meningkatkan karakteristik siswa SD Inpres 6/75 Corawali dan
Pola komunikasi guru dalam meningkatkan karakter siswa SD Inpres 6/75 Corawali.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif (penelitian
lapangan ) .pengumpulan data di lakukan dengan cara wawancara ,observasi dan
dokumentasi.sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah ,Guru dan siswa
SD Inpres 6/75 Corawali.
Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Starategi komunikasi guru dalam
meningkatkan Karakter siswa SD Inpres 6/75 Corawali yaitu mengadakan kegiatan –
kegiatan ekstrakulikuler secara terstruktur yang dapat menunjang peningkatan
karakter siswa dan juga guru selalu memberikan pesan – pesan moral kepada siswa
sebelum dan setelah pembelajaran agar siswa dapat menangkap informasi apa yang di
sampaikan. Komunikasi yang di lakukan guru terhadap siswa yakni komunikasi dua
arah, dimna dilakukan secara langsung. 2) pola komunikasi guru dalam meningkatkan
karakter siswa SD inpres 6/75 Corawali yakni pola komunikasi antara guru dengan
siswa, siswa dengan guru dan siswa siswa dengan siswa.. Pola komunikasi tersebut
digunakan untuk menunjang akhlak dan karakter siswa SD Inpres 6/75 Corawali
dengan memajang gambar-gambar para tokoh inspiratif dan lainnya. Pola komunikasi
tersebut sangat penting dilakukan agar siswa dapat membentuk karkter yang baik,
patuh dan taat terhadap agama.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian-uraian dari bab sebelumnya, maka penulis dapat
mengambil beberapa kesimpulan, yaitu :
1. Strategi guru dalam meningkatkan karakteristik siswa SD Inpres 6/75
Corowali yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler
seara terstruktur yang dapat menunjang peningkatan karakter siswa dan
juga guru selalu memberikan pesan-pesan moral kepada siswa sebelum dan
setelah pembelajaran agar siswa dapat menangkap informasi apa yang
disampaikan. Komunikasi yang dilakukan guru terhadap siswa yakni
komunikasi dua arah, dimana dilakukan secara langsung.
2. Pola komunikasi guru dalam meningkatkan karakteri siswa SD Inpres 6/75
Corowali yakni pola komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan
guru dan siswa dengan siswa. Selain itu terdapat 4 pola komunikasi yang
sering digunakan guru dalam peningkatan karakter siswa yakni, pola
komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear dan
pola komunikasi serkulasi. Pola komunikasi tersebut digunakan untuk
menunjang akhlak dan karakter siswa SD Inpres 6/75 Corowali dengan
memajang gambar-gambar para tokoh inspiratif dan lainnya. Pola
komunikasi tersebut sangat penting dilakukan agar siswa dapat membentuk
karakter yang baik, patuh dan taat terhadap agama.
B. Implikasi
Tanpa mengurangi rasa hormat kepada guru-guru SD Inpres 6/75 Corowali
dengan rendah hati penulis memberikan saran demi kebaikan bersama untuk
meningkatkan karakter siswa yang berakhlak ulkarimah.
1. Selalu mengedepankan dan memperhatikan etika komunikasi yang baik
dalam peningkatan karakter siswa.
2. Memperhatikan ajaran-ajaran Islam tentang bagaimana membentuk
karakter siswa-siswa sebagaimana mestinya.
3. Mengajarkan parasiswanya untuk bagaimana pemanfaatan media sosial
dengan baik agar siswa bisa lebih meningkatkan karakter akhlak ulkarimah
yang baik.
karakter Siswa SD Inpres 6/75 Corawali .Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Strategi guru dalam meningkatkan karakteristik siswa SD Inpres 6/75 Corawali dan
Pola komunikasi guru dalam meningkatkan karakter siswa SD Inpres 6/75 Corawali.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif (penelitian
lapangan ) .pengumpulan data di lakukan dengan cara wawancara ,observasi dan
dokumentasi.sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah ,Guru dan siswa
SD Inpres 6/75 Corawali.
Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa: 1) Starategi komunikasi guru dalam
meningkatkan Karakter siswa SD Inpres 6/75 Corawali yaitu mengadakan kegiatan –
kegiatan ekstrakulikuler secara terstruktur yang dapat menunjang peningkatan
karakter siswa dan juga guru selalu memberikan pesan – pesan moral kepada siswa
sebelum dan setelah pembelajaran agar siswa dapat menangkap informasi apa yang di
sampaikan. Komunikasi yang di lakukan guru terhadap siswa yakni komunikasi dua
arah, dimna dilakukan secara langsung. 2) pola komunikasi guru dalam meningkatkan
karakter siswa SD inpres 6/75 Corawali yakni pola komunikasi antara guru dengan
siswa, siswa dengan guru dan siswa siswa dengan siswa.. Pola komunikasi tersebut
digunakan untuk menunjang akhlak dan karakter siswa SD Inpres 6/75 Corawali
dengan memajang gambar-gambar para tokoh inspiratif dan lainnya. Pola komunikasi
tersebut sangat penting dilakukan agar siswa dapat membentuk karkter yang baik,
patuh dan taat terhadap agama.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian-uraian dari bab sebelumnya, maka penulis dapat
mengambil beberapa kesimpulan, yaitu :
1. Strategi guru dalam meningkatkan karakteristik siswa SD Inpres 6/75
Corowali yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler
seara terstruktur yang dapat menunjang peningkatan karakter siswa dan
juga guru selalu memberikan pesan-pesan moral kepada siswa sebelum dan
setelah pembelajaran agar siswa dapat menangkap informasi apa yang
disampaikan. Komunikasi yang dilakukan guru terhadap siswa yakni
komunikasi dua arah, dimana dilakukan secara langsung.
2. Pola komunikasi guru dalam meningkatkan karakteri siswa SD Inpres 6/75
Corowali yakni pola komunikasi antara guru dengan siswa, siswa dengan
guru dan siswa dengan siswa. Selain itu terdapat 4 pola komunikasi yang
sering digunakan guru dalam peningkatan karakter siswa yakni, pola
komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear dan
pola komunikasi serkulasi. Pola komunikasi tersebut digunakan untuk
menunjang akhlak dan karakter siswa SD Inpres 6/75 Corowali dengan
memajang gambar-gambar para tokoh inspiratif dan lainnya. Pola
komunikasi tersebut sangat penting dilakukan agar siswa dapat membentuk
karakter yang baik, patuh dan taat terhadap agama.
B. Implikasi
Tanpa mengurangi rasa hormat kepada guru-guru SD Inpres 6/75 Corowali
dengan rendah hati penulis memberikan saran demi kebaikan bersama untuk
meningkatkan karakter siswa yang berakhlak ulkarimah.
1. Selalu mengedepankan dan memperhatikan etika komunikasi yang baik
dalam peningkatan karakter siswa.
2. Memperhatikan ajaran-ajaran Islam tentang bagaimana membentuk
karakter siswa-siswa sebagaimana mestinya.
3. Mengajarkan parasiswanya untuk bagaimana pemanfaatan media sosial
dengan baik agar siswa bisa lebih meningkatkan karakter akhlak ulkarimah
yang baik.
Ketersediaan
| SFUD20200032 | 32/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
32/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
