Implementasi Sistem Dan Prosedur Penyaluran Pembiayaan Dalam Membangun Loyalitas Nasabah Pada Kspps Bakti Huria Syariah
Nina Arsyita/ 01.18.3165 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Sistem dan Prosedur
Penyaluran pembiayaan dalam Membangun Loyalitas Nasabah pada KSPPS
Bakti Huria”. Pokok permasalahnya adalah bagaimana implementasi sistem
dan prosedur penyaluran pembiayan pada KSPPS Bakti Huria dan bagaimana
prosedur penyaluran pembiayaan dalam membangun loyalitas nasabah.
Adapun tujuan dari permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui
bagaimana implementasi sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan pada
KSPPS Bakti Huria dan untuk mengetahui prosedur penyaluran pembiayaan
dalam membangun loyalitas nasabah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field reseach dengan
menggunakan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jln.
Langsat Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dalam waktu satu
bulan yaitu November 2021, adapun sumber data yang di gunakan yaitu data
primer dan data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu nasabah dan
pengurus KSPPS Bakti Huria Cabang Bone dan objek penelitian yaitu tentang
sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan. Teknik pengumpulan data
menggunakan Teknik observasi atau pengamatan, wawancara serta
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Penerapan sistem dan
prosedur yang sesuai dengan SOP (Standar Opersional Prosedur) serta
menggunakan Sistem Digital memberikan kemudahan bagi calon nasabah
yang membutuhkan pinjaman serta adanya aplikasi U-mobile dan aplikasi
anggotaku bertujuan untuk memudahkan berbagai transaksi finansial anggota.
kedua Sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan yang ada di KSPPS Bakti
Huria dapat memberikan dampak positif dalam membangun loyalitas nasabah,
dimana dalam pelayanannya dapat memberikan kepuasan, kenyamanan serta
kepercayaan bagi nasabah dalam bertransaksi. Selain itu KSPPS Bakti Huria
juga mempunyai produk pinjaman berupa mikro pintas dan mikro prima yang
memudahkan nasabah dalam proses penyaluran pembiayaan yang dapat
meningkatkan minat nasabah
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat di simpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan sistem dan prosedur yang sesuai dengan SOP (standar Opersional
Prosedur) serta menggunakan sistem digital memberikan kemudahan bagi
calon nasabah yang membutuhkan pembiayaanserta adanya aplikasi U-Mobile
juga terdapat aplikasi ANGGOTAKU yang bertujuan untuk memudahkan
berbagai transaksi finansial anggota.
2. Prosedur penyaluran pembiayaan yang ada di KSPPS Bakti Huria dapat
memberikan dampak positif dalam membangun loyalitas nasabah, dimana
dalam pelayanannya dapat memberikan kepuasan, kenyamanan serta
kepercayaan bagi nasabah dalam bertransaksi. Selain itu KSPPS Bakti Huria
juga mepunyai produk pembiayaanberupa pembiayaanmikro pintas dan mikro
prima yang memudahkan nasabah dalam proses penyaluran pembiayaan yang
dapat meningkatkan minat nasabah.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian maka saran dari peneliti diantaranya:
1. Koperasi pembiayaan syariah ini menjadi salah satu koperasi yang dapat
bertahan serta berdampingan dengan bank swasta atau perusahaan yang
bergerak di bidang pembiayaan maka harus senantiasa berbenah diri
khususnya dalam pengelolaan koperasi secara transparat dan akuntabel.
2. Sebaiknya dalam permohonan pemberian pembiayaan bisa di lakukan secara
online hal tersebut akan lebih mempermudah lagi dalam sistem pemberian
pembiayaan karena melihat kondisi sekarang yang dimana semua pendaftaran
bisa dilakukan secara online dan dapat mempermuda dalam pembuatan sistem
data nasabah.
C. Implikasi
Penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti sendiri
maupun bagi KSPPS Bakti Huria bagi peneliti, penelitian ini menambah wawasan
penelitian mengenai sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan yang ada di
KSPPS Bakti Huria. Sedangkan bagi KSPPS Bakti Huria, penelitian ini sebagai
masukan untuk terus meningkatkan pelayanan yang ada di KSPPS Bakti Huria
sehingga nasabah dapat loyal dan terus melakukan transaksi di koperasi tersebut.
Penyaluran pembiayaan dalam Membangun Loyalitas Nasabah pada KSPPS
Bakti Huria”. Pokok permasalahnya adalah bagaimana implementasi sistem
dan prosedur penyaluran pembiayan pada KSPPS Bakti Huria dan bagaimana
prosedur penyaluran pembiayaan dalam membangun loyalitas nasabah.
Adapun tujuan dari permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui
bagaimana implementasi sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan pada
KSPPS Bakti Huria dan untuk mengetahui prosedur penyaluran pembiayaan
dalam membangun loyalitas nasabah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field reseach dengan
menggunakan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jln.
Langsat Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dalam waktu satu
bulan yaitu November 2021, adapun sumber data yang di gunakan yaitu data
primer dan data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu nasabah dan
pengurus KSPPS Bakti Huria Cabang Bone dan objek penelitian yaitu tentang
sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan. Teknik pengumpulan data
menggunakan Teknik observasi atau pengamatan, wawancara serta
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Penerapan sistem dan
prosedur yang sesuai dengan SOP (Standar Opersional Prosedur) serta
menggunakan Sistem Digital memberikan kemudahan bagi calon nasabah
yang membutuhkan pinjaman serta adanya aplikasi U-mobile dan aplikasi
anggotaku bertujuan untuk memudahkan berbagai transaksi finansial anggota.
kedua Sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan yang ada di KSPPS Bakti
Huria dapat memberikan dampak positif dalam membangun loyalitas nasabah,
dimana dalam pelayanannya dapat memberikan kepuasan, kenyamanan serta
kepercayaan bagi nasabah dalam bertransaksi. Selain itu KSPPS Bakti Huria
juga mempunyai produk pinjaman berupa mikro pintas dan mikro prima yang
memudahkan nasabah dalam proses penyaluran pembiayaan yang dapat
meningkatkan minat nasabah
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat di simpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan sistem dan prosedur yang sesuai dengan SOP (standar Opersional
Prosedur) serta menggunakan sistem digital memberikan kemudahan bagi
calon nasabah yang membutuhkan pembiayaanserta adanya aplikasi U-Mobile
juga terdapat aplikasi ANGGOTAKU yang bertujuan untuk memudahkan
berbagai transaksi finansial anggota.
2. Prosedur penyaluran pembiayaan yang ada di KSPPS Bakti Huria dapat
memberikan dampak positif dalam membangun loyalitas nasabah, dimana
dalam pelayanannya dapat memberikan kepuasan, kenyamanan serta
kepercayaan bagi nasabah dalam bertransaksi. Selain itu KSPPS Bakti Huria
juga mepunyai produk pembiayaanberupa pembiayaanmikro pintas dan mikro
prima yang memudahkan nasabah dalam proses penyaluran pembiayaan yang
dapat meningkatkan minat nasabah.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian maka saran dari peneliti diantaranya:
1. Koperasi pembiayaan syariah ini menjadi salah satu koperasi yang dapat
bertahan serta berdampingan dengan bank swasta atau perusahaan yang
bergerak di bidang pembiayaan maka harus senantiasa berbenah diri
khususnya dalam pengelolaan koperasi secara transparat dan akuntabel.
2. Sebaiknya dalam permohonan pemberian pembiayaan bisa di lakukan secara
online hal tersebut akan lebih mempermudah lagi dalam sistem pemberian
pembiayaan karena melihat kondisi sekarang yang dimana semua pendaftaran
bisa dilakukan secara online dan dapat mempermuda dalam pembuatan sistem
data nasabah.
C. Implikasi
Penelitian ini memiliki implikasi dan manfaat baik bagi peneliti sendiri
maupun bagi KSPPS Bakti Huria bagi peneliti, penelitian ini menambah wawasan
penelitian mengenai sistem dan prosedur penyaluran pembiayaan yang ada di
KSPPS Bakti Huria. Sedangkan bagi KSPPS Bakti Huria, penelitian ini sebagai
masukan untuk terus meningkatkan pelayanan yang ada di KSPPS Bakti Huria
sehingga nasabah dapat loyal dan terus melakukan transaksi di koperasi tersebut.
Ketersediaan
| SFEBI20220070 | 70/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
70/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
