Analisis Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Ditinjau dari Perspektif Keuangan Islam (Studi pada Kantor Jasa Raharja Kab. Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai analisis analisis kapasitas sumber daya
manusia dalam pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan ditinjau
dari perspektif keuangan Islam (Studi pada Kantor Jasa Raharja Kab. Bone). Adapun
tujuan yang dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kapasitas sumber
daya manusia terhadap kualitas manajemen pelayanan serta pemanfaatan teknologi
informasi terhadap aspek keuangan islam di Jasa Raharja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research).
Adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini,
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini
yaitu analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Kapasitas sumber daya
manusia terhadap kualitas manajemen pelayanan di Kantor Jasa Raharja Kab. Bone,
pertama melakukan penyebaran informasi mengenai kapasitas sumber daya manusia
dengan melakukan pemantauan dan mengontrol kinerja para karyawan serta
memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi pelayanan.
Kedua menciptakan pelayanan yang baik pada masyarakat dengan memberikan
pengajuan klaim atau santunan layanan online kapanpun dan di manapun
berdasarkan aturan-aturan serta undang-undang yang berlaku. Ketiga melakukan
penelusuran untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai sumber daya
manusia dengan melakukan pengembangan sumber daya manusia serta pengelolaan
dan pengembangan sumber daya manusia. 2) Pemanfaatan teknologi informasi
terhadap aspek keuangan Islam di Jasa Raharja Kab. Bone dilakukan dengan
beberapa alternative diantaranya pertama, melakukan pemeliharaan teknologi
informasi dengan melakukan pemanfaatan IT secara maksimal dalam melakukan
pelayanan serta mengembangkan fasilitas IT sesuai dengan kebutuhan pelayanan.
Kedua, melakukan rapat per bulan mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk
membangun kepercayaan antara manajemen dan karyawan dalam hal keuangan,
melakukan seleksi penerimaan karyawan, penggunaan teknologi keuangan digital
untuk meningkatkan kecepatan perputaran serta meningkatkan sumber daya manusia
yang di perlukan. Ketiga, menawarkan sistem pelayanan yang baik, menyediakan
beberapa bentuk pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat, memperbaiki sikap
karyawan pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, melakukan penilaian
individu karyawan pada setiap bulan atau tahunnya untuk menciptakan pelayanan
yang baik pada masyarakat, berusaha mencapai tujuan dalam hal keuangan untuk
kebutuhan rakyat dan menuju masyarakat yang adil.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa
kesimpulan diantaranya:
1. Kapasitas sumber daya manusia terhadap kualitas manajemen pelayanan di
Kantor Jasa Raharja Kab. Bone, pertama melakukan penyebaran informasi
mengenai kapasitas sumber daya manusia dengan melakukan pemantauan dan
mengontrol kinerja para karyawan, memberikan kemudahan kepada
masyarakat dalam mengakses informasi pelayanan, memenuhi jumlah pegawai
yang dimiliki sesuai dengan struktur organisasi serta memperluas tugas dan
membangun jaringan dan mengoptimalkan dengan kerja sama kemitraan.
Kedua menciptakan pelayanan yang baik pada masyarakat dengan
memberikan pengajuan klaim atau santunan layanan online kapanpun dan di
manapun, memberikan pelayanan berdasarkan aturan-aturan serta Undang-
Undang yang berlaku serta mengimplementasikan prinsip kesederhanaan
dalam pelayanan. Ketiga melakukan penelusuran untuk meningkatkan
pengetahuan masyarakat mengenai sumber daya manusia dengan melakukan
pengembangan sumber daya manusia, melakukan pengelolaan dan
pengembangan sumber daya manusia, meningkatkan minat dan antusias
masyarakat terkait dengan pelayanan, melengkapi fasilitas sarana dan
prasarana (IT) yang telah tersedia serta menyediakan waktu dan sumber daya
manusia yang mencukupi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.
2. Pemanfaatan teknologi informasi terhadap aspek keuangan Islam di Jasa
Raharja Kab. Bone dilakukan dengan beberapa alternative diantaranya
pertama, melakukan pemeliharaan Teknologi Informasi dengan melakukan
pemanfaatan IT secara maksimal dalam melakukan pelayanan serta
mengembangkan fasilitas IT sesuai dengan kebutuhan pelayanan. Kedua,
melakukan rapat per bulan mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk
membangun kepercayaan antara manajemen dan karyawan dalam hal
keuangan, melakukan seleksi penerimaan karyawan, penggunaan teknologi
keuangan digital untuk meningkatkan kecepatan perputaran serta
meningkatkan sumber daya manusia yang di perlukan. Ketiga, menawarkan
sistem pelayanan yang baik dengan cara cepat dan mudah memotivasi pegawai
atau karyawan agar kinerjanya sesuai dengan standar, menyediakan beberapa
bentuk pelayanan yang bermanfaat bagi masyarakat, memperbaiki sikap
karyawan pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, melakukan
penilaian individu karyawan pada setiap bulan atau tahunnya untuk
menciptakan pelayanan yang baik pada masyarakat, berusaha mencapai tujuan
dalam hal keuangan untuk kebutuhan rakyat dan menuju masyarakat yang adil.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis mengemukakan beberapa
saran sebagai berikut ini:
1. Bagi karyawan Jasa Raharja Kab. Bone memiliki pelayanan yang diberikan
cukup baik, namun perlu di tingkatkan lagi. Dan perusahaan berkewajiban
untuk lebih sering-sering mempublikasikan informasi mengenai Jasa Raharja
Kab. Bone agar nasabah semakin tinggi tingkat kepercayaannya Jasa Raharja.
2. Bagi peneliti berikutnya melihat masih banyaknya kekurangan yang terdapat
dalam penelitian ini sekiranya dapat melakukan penelitian yang lebih
mendalam mengenai pemanfaatan teknologi informasi terhadap aspek
keuangan Islam sehigga mendapatkan hasil yang lebih baik.
Ketersediaan
SFEBI20230244244/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

244/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top