Penerapan Analisis Pasar Pada Produk Tabungan Emas Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Pt Pegadaian Cabang Watampone Ditinjau Dari Aspek Keuangan Syariah
Sindi/ 01.18.5085 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Analisis Pasar pada Produk
Tabungan Emas dalam Menarik Minat Nasabah pada PT Pegadaian Cabang
Watampone Ditinjau dari Aspek Keuangan Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui analisis pasar pada produk tabungan emas dalam menarik minat
nasabah di Pegadaian Cabang Watampone ditinjau dari aspek keuangan syariah serta
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan analisis pasar pada
produk tabungan emas dalam menarik minat nasabah di Pegadaian Cabang
Watampone.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan/narasumber dalam
penelitian ini adalah karyawan dan nasabah PT Pegadaian Cabang Watampone.
Objek pada penelitian ini adalah penerapan analisis pasar pada produk tabungan emas
dalam menarik minat nasabah ditinjau dari aspek keuangan syariah serta faktor
pendukung dan faktor penghambat penerapan analisis pasar pada produk tabungan
emas dalam menarik minat nasabah di Pegadaian Cabang Watampone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan analisis pasar pada PT
Pegadaian Cabang Watampone dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap
kebutuhan nasabah meliputi isu-isu pasar, kebutuhan dan permintaan, biaya peralihan
produk/merek, lokasi, posisi pasar, volume dan pertumbuhan pasar, daya beli dan
profitabilitas terhadap produk tabungan emas dan telah menerapkan aspek keuangan
syariah dengan tidak menerapkan bunga dalam produk tabungan emas serta
transparan dalam pengelolaannya. Faktor pendukung dalam analisis pasar pada
produk tabungan emas adalah adanya aplikasi digital Pegadaian yang memudahkan
nasabah dan literasi masyarakat yang tinggi terhadap tabungan emas. Sedangkan
faktor penghambat dalam analisis pasar pada produk tabungan emas adalah tingkat
pengetahuan nasabah terhadap produk tabungan emas.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya yang dilakukan oleh
peneliti di PT Pegadaian Cabang Watampone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan analisis pasar pada PT Pegadaian Cabang Watampone dilakukan
dengan melakukan pengamatan terhadap kebutuhan nasabah meliputi isu-isu
pasar, kebutuhan dan permintaan, biaya peralihan produk/merek, lokasi, posisi
pasar, volume dan pertumbuhan pasar, daya beli dan profitabilitas terhadap
produk tabungan emas dan telah menerapkan aspek keuangan syariah dengan
tidak menerapkan bunga dalam produk tabungan emas serta transparan dalam
pengelolaannya.
2. Faktor pendukung dalam analisis pasar pada produk tabungan emas adalah
adanya aplikasi digital Pegadaian yang memudahkan nasabah dan literasi
masyarakat yang tinggi terhadap tabungan emas. Sedangkan faktor
penghambat dalam analisis pasar pada produk tabungan emas adalah tingkat
pengetahuan nasabah terhadap produk tabungan emas.
B. Saran
Berdasarkan permasalahan yang penulis bahas dalam skripsi ini, maka
penulis hendak menyampaikan saran sebagai berikut:
1. Bagi Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan produk-produk yang lain
dalam penelitiannya guna mengembangkan produk pegadaian secara
keseluruhan.
2. Bagi pihak pegadaian agar selalu melaksanak literasi keuangan guna
menambah pengetahuan masyarakat terhadap produk utamanya produk
tabungan emas.
Tabungan Emas dalam Menarik Minat Nasabah pada PT Pegadaian Cabang
Watampone Ditinjau dari Aspek Keuangan Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui analisis pasar pada produk tabungan emas dalam menarik minat
nasabah di Pegadaian Cabang Watampone ditinjau dari aspek keuangan syariah serta
untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan analisis pasar pada
produk tabungan emas dalam menarik minat nasabah di Pegadaian Cabang
Watampone.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan/narasumber dalam
penelitian ini adalah karyawan dan nasabah PT Pegadaian Cabang Watampone.
Objek pada penelitian ini adalah penerapan analisis pasar pada produk tabungan emas
dalam menarik minat nasabah ditinjau dari aspek keuangan syariah serta faktor
pendukung dan faktor penghambat penerapan analisis pasar pada produk tabungan
emas dalam menarik minat nasabah di Pegadaian Cabang Watampone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan analisis pasar pada PT
Pegadaian Cabang Watampone dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap
kebutuhan nasabah meliputi isu-isu pasar, kebutuhan dan permintaan, biaya peralihan
produk/merek, lokasi, posisi pasar, volume dan pertumbuhan pasar, daya beli dan
profitabilitas terhadap produk tabungan emas dan telah menerapkan aspek keuangan
syariah dengan tidak menerapkan bunga dalam produk tabungan emas serta
transparan dalam pengelolaannya. Faktor pendukung dalam analisis pasar pada
produk tabungan emas adalah adanya aplikasi digital Pegadaian yang memudahkan
nasabah dan literasi masyarakat yang tinggi terhadap tabungan emas. Sedangkan
faktor penghambat dalam analisis pasar pada produk tabungan emas adalah tingkat
pengetahuan nasabah terhadap produk tabungan emas.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya yang dilakukan oleh
peneliti di PT Pegadaian Cabang Watampone, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1. Penerapan analisis pasar pada PT Pegadaian Cabang Watampone dilakukan
dengan melakukan pengamatan terhadap kebutuhan nasabah meliputi isu-isu
pasar, kebutuhan dan permintaan, biaya peralihan produk/merek, lokasi, posisi
pasar, volume dan pertumbuhan pasar, daya beli dan profitabilitas terhadap
produk tabungan emas dan telah menerapkan aspek keuangan syariah dengan
tidak menerapkan bunga dalam produk tabungan emas serta transparan dalam
pengelolaannya.
2. Faktor pendukung dalam analisis pasar pada produk tabungan emas adalah
adanya aplikasi digital Pegadaian yang memudahkan nasabah dan literasi
masyarakat yang tinggi terhadap tabungan emas. Sedangkan faktor
penghambat dalam analisis pasar pada produk tabungan emas adalah tingkat
pengetahuan nasabah terhadap produk tabungan emas.
B. Saran
Berdasarkan permasalahan yang penulis bahas dalam skripsi ini, maka
penulis hendak menyampaikan saran sebagai berikut:
1. Bagi Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan produk-produk yang lain
dalam penelitiannya guna mengembangkan produk pegadaian secara
keseluruhan.
2. Bagi pihak pegadaian agar selalu melaksanak literasi keuangan guna
menambah pengetahuan masyarakat terhadap produk utamanya produk
tabungan emas.
Ketersediaan
| SFEBI20220102 | 102/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
102/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
