Pengaruh Promosi dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Krasida di Pegadaian Cabang Watampone
Wildayana/01.18.5087 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh Promosi dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Krasida di Pegadaian Cabang Watampone. Menggunakan rumusan
masalah 1) Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk
krasida cabang Watampone. 2) Apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk krasida cabang Watampone. 3) Apakah promosi dan
literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk krasida cabang Watampone. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah promosi dan literasi keuangan ber[engaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk krasida di PT Pegadaian Cabang Watampone.
Untuk memperoleh data dari masalah diatas, penulis menggunakan pendekatan
kuantitatif dan study pustaka, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah
Pegadaian cabang Watampone yang menggunakan produk krasida dengan
menggunakan sampel yang berjumlah 100 responden. Teknis analisis yang digunakan
adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil regresi pada variabel promosi dan literasi keuangan dengan nilai
probabilitas 0,000 yang berarti nilainya lebih kecil dari 0.05 (α) (0.000 < 0.05)
menunjukkan variabel promosi dan literasi keuangan berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian produk krasida pada PT Pegadaian Cabang
Watampone.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa
kesimpulan. Adapun kesimpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan
dapat dijadikan sebagai acuan yang mendorong nasabah untuk mengambil
keputusan pembelian hal ini dikarenakan jika semakin banyak yang
melakukan promosi maka nasabah akan memiliki peningkatan.
2. Literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian yang semakin menguatkan nasabah untuk mengambil keputusan
dan dapat menjadi salah satu konstribusi untuk membuat essensi dari
strategi keputusan pembelian produk krasida di Pegadaian Cabang
Watampone.
3. Promosi dan literasi keuangan berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap keputusan pembelian produk krasida di Pegadaian Cabang
Watampone.
B. Saran
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka saran yang kiranya dapat
bermanfaat adalah sebagai berikut:
1. Bagi peneliti selanjutnya, yaitu dapat menambahkan variable lain sebagai
pengganti variable promosi dan literasi keuangan.
2. Bagi pihak PT Pegadaian diharapkan untuk selalu memberikan pemahaman
kepada nasabah tentang keuntungan yang dapat diperoleh dalam membeli
produk krasida.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas dapat diimplikasikan sebagai berikut.
Beberapa implikasi dari temuan ini baik secara ilmiah maupun praktis. Secara
ilmiah, temuan ini menguraikan gambaran tentang indikator mengenai
keputusan pembelian produk krasida di Pegadaian cabang watampone.
Temuan yang tidak sinkron dengan hasil penelitian sebelumnya akan
memberikan pengetahuan lebih lanjut dengan model dan metode yang
berbeda.
Selanjutnya secara praktis, penelitian ini mampu memberikan
gambaran yang jelas bagaimana pengaruh promosi dan literasi keuangan
dalam meningkatkan penjualan produk krasida di pegadaian cabang
watampone.
Pembelian Produk Krasida di Pegadaian Cabang Watampone. Menggunakan rumusan
masalah 1) Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk
krasida cabang Watampone. 2) Apakah literasi keuangan berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk krasida cabang Watampone. 3) Apakah promosi dan
literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk krasida cabang Watampone. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah promosi dan literasi keuangan ber[engaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian produk krasida di PT Pegadaian Cabang Watampone.
Untuk memperoleh data dari masalah diatas, penulis menggunakan pendekatan
kuantitatif dan study pustaka, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah
Pegadaian cabang Watampone yang menggunakan produk krasida dengan
menggunakan sampel yang berjumlah 100 responden. Teknis analisis yang digunakan
adalah regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil regresi pada variabel promosi dan literasi keuangan dengan nilai
probabilitas 0,000 yang berarti nilainya lebih kecil dari 0.05 (α) (0.000 < 0.05)
menunjukkan variabel promosi dan literasi keuangan berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian produk krasida pada PT Pegadaian Cabang
Watampone.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa
kesimpulan. Adapun kesimpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan
dapat dijadikan sebagai acuan yang mendorong nasabah untuk mengambil
keputusan pembelian hal ini dikarenakan jika semakin banyak yang
melakukan promosi maka nasabah akan memiliki peningkatan.
2. Literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian yang semakin menguatkan nasabah untuk mengambil keputusan
dan dapat menjadi salah satu konstribusi untuk membuat essensi dari
strategi keputusan pembelian produk krasida di Pegadaian Cabang
Watampone.
3. Promosi dan literasi keuangan berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap keputusan pembelian produk krasida di Pegadaian Cabang
Watampone.
B. Saran
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka saran yang kiranya dapat
bermanfaat adalah sebagai berikut:
1. Bagi peneliti selanjutnya, yaitu dapat menambahkan variable lain sebagai
pengganti variable promosi dan literasi keuangan.
2. Bagi pihak PT Pegadaian diharapkan untuk selalu memberikan pemahaman
kepada nasabah tentang keuntungan yang dapat diperoleh dalam membeli
produk krasida.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas dapat diimplikasikan sebagai berikut.
Beberapa implikasi dari temuan ini baik secara ilmiah maupun praktis. Secara
ilmiah, temuan ini menguraikan gambaran tentang indikator mengenai
keputusan pembelian produk krasida di Pegadaian cabang watampone.
Temuan yang tidak sinkron dengan hasil penelitian sebelumnya akan
memberikan pengetahuan lebih lanjut dengan model dan metode yang
berbeda.
Selanjutnya secara praktis, penelitian ini mampu memberikan
gambaran yang jelas bagaimana pengaruh promosi dan literasi keuangan
dalam meningkatkan penjualan produk krasida di pegadaian cabang
watampone.
Ketersediaan
| SFEBI20220148 | 148/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
148/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
