Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Pembelajaran Ips Kelas V Di Mi Annurain Lonrae

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek
dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada pembelajaran IPS kelas V
MI Annurain Lonrae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar
siswa pada pembelajaran IPS di MI Annurain Lonrae, berdasarkan nilai posttest
berfikir kreatif siswa dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek.
Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 165 orang siswa dan
sampel berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12
orang siswa perempuan. Penentuan sampel peneliti menggunakan teknik sampling
purposive. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes unjuk kerja.
Teknik analisis data adalah data deskriptif dan data infersial yang terdiri dari uji
normalitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan data deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk berfikir kreatif (posttest) adalah 80,6522,
standar deviasi adalah 9,38802, hasil persentase kriteria ketuntasan minimum
sebanyak 6 orang siswa dalam kategori tidak tuntas dengan persentase 26,1%, dan
sebanyak 17 orang siswa dengan kategori tuntas dengan persentase 73,9%.
Sedangkan hasil analisis statistik infersial menunjukkan hasil pada uji normalitas
yaitu 0,081>0,05 ini membuktikan bahwa data termasuk normal. Kemudian
digunakan uji hipotesis pertama menunjukkan hasil nilai rata-rata berfikir kreatif
siswa (postest) yaitu 80,6522 ≥ 75 berarti dalam kategori tuntas dan dilakukan uji
hipotesis kedua menunjukkan hasil diketahui nilai probabilitas (signifikansi ) 2-
tailed adalah 0,009 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Atau jika
menggunakan Thitung 2,887 > Ttabel 2.07 jadi H1 diterima dan H0 ditolak. Maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini Efektif dalam meningkatkan
kemampuan berfikir kreatif pada pembelajaran IPS kelas V di MI Annurain
Lonrae.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang efektivitas
pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif
pada pembelajaran IPS kelas V di MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone. Maka
penulis dapat menyimpulkan:
1. Berdasarkan hasil rekapitulasi lembar observasi sebelum penggunaan
pembelajaran berbasis proyek dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dalam
kategori sangat kurang
2. Hasil rekapitulasi nilai posttest berfikir kreatif siswa mendapatkan skor
tertinggi adalah 95 dan skor terendah adalah 62,5 dengan jumlah rata-rata 80,
6522 dan jumlah total 1855 serta standar devisiasi 9,38802. Jadi berdasarkan
hipotetis dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata berfikir kreatif siswa (postest)
yaitu 80,6522 ≥ 75 berarti dalam kategori tuntas.
3. Berdasarkan perhitungan dari tabel uji t posttest siswa diatas, dapat diketahui
nilai probabilitas (signifikansi ) 2-tailed adalah 0,009 < 0,05 maka Ho ditolak
dan H1 diterima. Atau jika menggunakan Thitung 2,887 > Ttabel2.07 jadi H1
diterima dan H0 ditolak, berarti Pembelajaran berbasis proyek efektif dalam
meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada pembelajaran IPS kelas V di
MI Annurain Lonrae.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
berisikan dikemukakan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bervariatif pada
pembelajaran lainya. Guru sebaiknya menggunakan pembelajaran berbasis
proyek dalam proses pembelajaran karena dapat membuat siswa tertarik
untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran serta meningkatkan berfikir
kreatif pada siswa.
2. Bagi siswa diharapkan dapat secara mandiri dalam belajar,mampu
mempelajari materi tanpa harus terlalu bergantung kepada orang tua. Serta
lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya atau bertanya untuk mencari
tahu materi yang bersangkutan.
3. Bagi peneliti lain diharapkaan dapat dikembangkan untuk penelitian
selanjutnya agar dapat terus memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada,
mengingat banyaknya permasalahan yang mungkin terjadi dalam kegitatan
pendidikan
Ketersediaan
STAR20220129129/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

129/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top