Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Muslim Terhadap Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Cabang Watampone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Muslim
Terhadap Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Cabang Watampone. Penelitian ini
menggunakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan data primer, teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, adapun jumlah sampel
40 orang dengan teknik accidental sampling (pengambilan sampel secara kebetulan).
Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi
klasik, dimana pengujian dalam penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistic
Product And Service Solution) Versi 24.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil uji linearitas diketahui nilai sig.
deviation from linearity sebesar 0,327 > 0,05, maka dapat disimpulakan bahwa
terdapat hubungan yang linear antara kepuasan nasabah dengan gadai emas.
Sedangkan uji linearitas dengan melihat nilai F, dimana diketahui nilai Fhitung 1.223 <
Ftabel 2,14, sehingga dapat disimpulkan bahwa juga terdapat hubungan yang linear
antara kepuasan nasabah dengan gadai emas. Dari hasil analisis regresi linear
sederhana diketahui bahwa nilai Fhitung = 105,633 dengan tingkat signifikansi sebesar
0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel
religiusitas atau dengan kata lain ada pengaruh variabel religiusitas (X) terhadap
variabel Agresivitas (Y). Sedangkan berdasarkan hasil pengujian koefisien
determinasi dijelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,858, dari
output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,735, yang
mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Religiusitas) X terhadap
variabel terikat (Agresifitas) Y adalah sebesar 73,5%.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan nasabah
muslim terhadap produk gadai emas pada pt.pegadaian cabang watampone.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian kami dapat menunjukan, bahwa untuk
menguukur kepuasan nasabah terdapat beberapa indikator yaitu kesetiaan,
kepercayaan, partisipasi, keluhan dan komplain. Dari kuesioner yang telah
dibagikan peneliti melalui online terdapat 40 responden, dari ke 40
responden tersebut terdapat 16 orang yang kurang puas dan 24 orang yang
puas dengan jasa pegadaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nasabah
kurang puas mereka akan mengeluh dan komplain, adapun bentuk keluhan
nasabah yaitu disebabkan oleh terlalu lama menunggu yang membuat
nasabah bosan. Sedangkan nasabah yang puas akan selalu mengulang
menggunakan jasa gadai secara berkesinambungan, adapun bentuk kepuasan
nasabah seperti proses pengajuan gadai cepat.
2. Secara umum dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil uji
linearitas diketahui nilai sig. deviation from linearity sebesar 0,327 > 0,05,
maka dapat disimpulakan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang
linear antara kepuasan nasabah dengan gadai emas. Sedangkan uji linearitas
44
45
dengan melihat nilai F, dimana diketahui nilai Fhitung 1.223 < Ftabel 2,14,
sehingga dapat disimpulkan bahwa juga terdapat pengaruh yang linear antara
kepuasan nasabah dengan gadai emas. Dari hasil analisis regresi linear
sederhana diketahui bahwa nilai Fhitung = 105,633 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi
variabel religiusitas atau dengan kata lain ada pengaruh variabel religiusitas
(X) terhadap variabel Agresivitas (Y). Sedangkan berdasarkan hasil
pengujian koefisien determinasi dijelaskan besarnya nilai korelasi atau
hubungan (R) sebesar 0,858, dari output tersebut diperoleh koefisien
determinasi (R Square) sebesar 0,735, yang mengandung pengertian bahwa
pengaruh variabel bebas (Religiusitas) X terhadap variabel terikat
(Agresifitas) Y adalah sebesar 73,5%.
B. Saran
Bagi masyarakat, penelitian ini dapat membantu memberikan gambaran
mengenai kepuasan yang diperoleh nasabah dalam menggadaikan emas. Peran
masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kualitas perusahaan dan
terlaksananya pelayanan-pelayanan perusahaan yang lebih baik. Bagi peneliti
yang akan melakukan penelitian dengan tema atau topik yang sama diharapkan
mampu melakukan penyempurnaan dengan memperluas ruang lingkup terkait
variabel, jumlahnya, teknik analisis data maupun lokasi penelitian atau melakukan
penelitian pada perusahaan lainnya yang bergerak dibidang produk/jasa.
Penelitian ini disarankankan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat
bagi PT. Pegadaian Cabang Watampone dalam melakukan peningkatan pelayanan
dengan sebaik-baiknya sehingga nasabah merasa puas dengan pegadaian.
C. Keterbatasan penelitian
Penelitian ini tentunya masih memiliki keterbatasan yang dapat dijadikan
bahan pertimbangan bagi para peneliti berikutnya agar mendapatkan hasil yang
lebih baik, keterbatsan tersebut diantaranya:
1. Dalam penelitian ini hanya menggunakan dua variabel, sehingga analisis yang
digunakan masih terbatas
2. Peneliti ini terbatas pada metode penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan
data, sehingga terdapat beberapa kelemahan yaitu jawaban responden
kemungkinan tidak jujur serta ada kemungkinan responden tidak paham
dengan pernyataan yang diajukan.
3. Penelitian ini hanya menggunakan sampel nasabah yang ada di Pegadaian
Cabang Watampone sehingga hasil dan kesimpulan penelitian ini tidak dapat
digeneralisasikan untuk seluruh nasabah pegadaian yang ada di Indonesia
4. Keterbatasan jurnal terkait pengaruh variabel kepuasan nasabah terhadap
gadai emas.
Ketersediaan
SFEBI20220131131/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

131/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top