Minat Masyarakat Muslim Dalam Menggunakan Aplikasi Ovo Sebagai Alat Transaksi (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Bone)
Hasnidar/01.18.5008 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat muslim dalam
menggunakan aplikasi ovodi Kabupaten Bone dan faktor yang mempengaruhi minat
masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa minat masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo
di Kabupaten Bone yaitubanyak masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasi ovo
karena memberikan banyak keuntungan yaitu point berlipat, promo memikat,
merchant di banyak tempat, dan pembayaran lebih cepat dan aman sehingga
masyarakat muslim merasa senang dan terbantu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada Bab
IV, maka dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti
yang telah dirumuskan pada Bab 1 Pendahuluan. Adapun kesimpulan yang dapat
ditarik dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut:
1. Minat masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo si Kabupaten
Bone yang berdasarkan komponen minat yaitu kognitif merupakan
pengetahuan dan persepsi yang diperoleh melalui pengalaman dengan suatu
objek, sikap, dan informasi dari berbagai sumber. Komponen afektif
menggambarkan perasaan dan emosi seseorang terhadap objek. Perasaan
tersebut sering dilandasi dengan perasaan senang maupun tidak senang.
Komponen konatif menunjukkan tidakan seseorang atau kecenderungan
perilaku terhadap suatu objek. Dalam hal ini menyatakan bahwa minat
masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo membuat banyak
masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut karena memberikan
berbagai kemudahan sehingga masyarakat muslim merasa senang dan
terbantu.
2. Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat muslim dalam menggunakan
aplikasi ovo yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini
masyarakat muslim di Kabupaten Bone sangat cerdas menggunakan aplikasi
ovo khusunya dari aspek pengelolaan keuangan. Akan tetapi masih banyak
masyarakat belum bisa menggunakan aplikasi ovo, maka dari itu, diperlukan
sosialisasi untuk menjelaskan mengenai aplikasi ovo, agar masyarakat yang
lain juga pintar menggunakan aplikasi ovo sehingga dapat membantu dan
mempermudah dalam melakukan transaksi.
B. Saran
Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah penulis uraikan di atas, maka
saran yang perlu penulis sampaikan :
1. Disarankan agar aplikasi ovo lebih ditingkatkan lagi baik dari fitur atau
layananya agar lebih mudah digunakan dibanding sekarang.
2. Disarankan kepada masyarakat muslim agar menggunakan aplikasi ovo dengan
sebaik-sebaikya agar mendapat manfaatnya baik diri sendiri maupun orang lain
dan tidak menyalahgunakan aplikasi tersebut.
menggunakan aplikasi ovodi Kabupaten Bone dan faktor yang mempengaruhi minat
masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa minat masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo
di Kabupaten Bone yaitubanyak masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasi ovo
karena memberikan banyak keuntungan yaitu point berlipat, promo memikat,
merchant di banyak tempat, dan pembayaran lebih cepat dan aman sehingga
masyarakat muslim merasa senang dan terbantu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada Bab
IV, maka dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti
yang telah dirumuskan pada Bab 1 Pendahuluan. Adapun kesimpulan yang dapat
ditarik dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut:
1. Minat masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo si Kabupaten
Bone yang berdasarkan komponen minat yaitu kognitif merupakan
pengetahuan dan persepsi yang diperoleh melalui pengalaman dengan suatu
objek, sikap, dan informasi dari berbagai sumber. Komponen afektif
menggambarkan perasaan dan emosi seseorang terhadap objek. Perasaan
tersebut sering dilandasi dengan perasaan senang maupun tidak senang.
Komponen konatif menunjukkan tidakan seseorang atau kecenderungan
perilaku terhadap suatu objek. Dalam hal ini menyatakan bahwa minat
masyarakat muslim dalam menggunakan aplikasi ovo membuat banyak
masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut karena memberikan
berbagai kemudahan sehingga masyarakat muslim merasa senang dan
terbantu.
2. Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat muslim dalam menggunakan
aplikasi ovo yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini
masyarakat muslim di Kabupaten Bone sangat cerdas menggunakan aplikasi
ovo khusunya dari aspek pengelolaan keuangan. Akan tetapi masih banyak
masyarakat belum bisa menggunakan aplikasi ovo, maka dari itu, diperlukan
sosialisasi untuk menjelaskan mengenai aplikasi ovo, agar masyarakat yang
lain juga pintar menggunakan aplikasi ovo sehingga dapat membantu dan
mempermudah dalam melakukan transaksi.
B. Saran
Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah penulis uraikan di atas, maka
saran yang perlu penulis sampaikan :
1. Disarankan agar aplikasi ovo lebih ditingkatkan lagi baik dari fitur atau
layananya agar lebih mudah digunakan dibanding sekarang.
2. Disarankan kepada masyarakat muslim agar menggunakan aplikasi ovo dengan
sebaik-sebaikya agar mendapat manfaatnya baik diri sendiri maupun orang lain
dan tidak menyalahgunakan aplikasi tersebut.
Ketersediaan
| SFEBI20220200 | 200/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
200/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
