Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi (Studi Kasus di MTs Mifathul KhaerMareKab.Bone)
Risda Rosalinda/ 02.18.3137 - Personal Name
Penelitian ini membahastentang pelaksanaan manajemen strategi kepala sekolah
dalam mempertahankan mutu pendidikan di masa pandemi (studi kasus di MTs
Miftahul KhaerMareKab.Bone).Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui
manajemen strategi kepala sekolah, mutu pendidikan di masa pandemi dan
manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MTs Miftahul Khaer Mare Kab.Bone.
Jenis penelitian yang digunakanadalah Penelitian kualitatif deskriftif
).Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen,
pendekatan sosiologis, dan pendekata psikologis.Pengumpulan data penelitian
menggunakan teknik observasi, wawancara dandokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen strategi kepala
sekolah di MTs Miftahul Khaer Mare meliputi perencanaan strategi,
pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi. Mutu pendidikan di MTs
Miftahul Khaer Mare sudah baik karena dapat dilihat dari adanya motivasi
belajar siswa, kemampuan guru, kurikulum, sarana dan prasarana dan juga
partisipasi masyarakat. Manajemen strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi di MTs Miftahul Khaer Mare
sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya 3 proses
manajemen strategi yaitu: 1). Perencanaan strategi yang mencakup
pengembangan visi, misi, dan tujuan, rencana jangka pendek, menengah, dan
panjang, serta penentuan strategi. 2). Pelaksanaan strategi dengan menentukan
kebijakan sekolah, memotivasi guru dan staf, serta mengembangkan budaya
yang mendukung strategi. 3). Evaluasi strategi yang mencakup usaha-usaha
untuk memonitor seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi,
mengukur kerja individu dan sekolah, dan mengambil langkah-langkah
perbaikan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan,
yaitu:
1. Manajemen strategi kepala sekolah di MTs Miftahul Khaer Mare
meliputi perencanaan strategi, pelaksanaan strategi dan evaluasi
strategi.
2. Mutu pendidikan di MTs Miftahul Khaer Mare sudah baik karena
dapat dilihat dari adanya motivasi belajar baik instrinsik maupun
ekstrinsik dari siswa. Kemampuan guru dalam hal kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan
kompetensi sosial. Kurikulum dalam hal mampu membuat siswa
mengerti sistem pendidikan yang diterapkan. Sarana dan prasarana
sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan serta penunjang utama
terselenggaranya suatu proses pendidikan. Partisipasi masyarakat
sebagai sumber pelaksana dan pengguna hasil.
3. Manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di masa pandemi di MTs Miftahul Khaer Mare sudah
terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya 3 proses
manajemen strategi yaitu: 1) Perencanaan strategi yang mencakup
pengembangan visi, misi, dan tujuan, rencana jangka pendek,
menengah, dan panjang, serta penentuan strategi. 2) Pelaksanaan
strategi yang mencakup menetukan kebijakan sekolah, memotivasi
guru dan staf, serta mengembangkan budaya yang mendukung strategi.
3) Evaluasi strategi yang mencakup usaha-usaha untuk memonitor
seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi, mengukur kerja
individu dan sekolah, dan mengambil langkah-langkah perbaikan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Manajemen Strategi Kepala
sekolah dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi di
MTs Miftahul Khaer Mare Kab. Bone, maka saran ysng dapat penulis
sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan tetap memperhatikan dan meningkatkan
proses manajemen strategi di dalam menghadapi kondisi yang bisa
berubah sewaktu-waktu.
2. Kepala sekolah hendaknya tetap berusaha untuk terus memperhatikan
dan memperbaiki kualitas dan mutu pendidikan yang ada, baik di masa
pandemi hingga berakhirnya masa pandemi.
dalam mempertahankan mutu pendidikan di masa pandemi (studi kasus di MTs
Miftahul KhaerMareKab.Bone).Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui
manajemen strategi kepala sekolah, mutu pendidikan di masa pandemi dan
manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MTs Miftahul Khaer Mare Kab.Bone.
Jenis penelitian yang digunakanadalah Penelitian kualitatif deskriftif
).Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen,
pendekatan sosiologis, dan pendekata psikologis.Pengumpulan data penelitian
menggunakan teknik observasi, wawancara dandokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen strategi kepala
sekolah di MTs Miftahul Khaer Mare meliputi perencanaan strategi,
pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi. Mutu pendidikan di MTs
Miftahul Khaer Mare sudah baik karena dapat dilihat dari adanya motivasi
belajar siswa, kemampuan guru, kurikulum, sarana dan prasarana dan juga
partisipasi masyarakat. Manajemen strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi di MTs Miftahul Khaer Mare
sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya 3 proses
manajemen strategi yaitu: 1). Perencanaan strategi yang mencakup
pengembangan visi, misi, dan tujuan, rencana jangka pendek, menengah, dan
panjang, serta penentuan strategi. 2). Pelaksanaan strategi dengan menentukan
kebijakan sekolah, memotivasi guru dan staf, serta mengembangkan budaya
yang mendukung strategi. 3). Evaluasi strategi yang mencakup usaha-usaha
untuk memonitor seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi,
mengukur kerja individu dan sekolah, dan mengambil langkah-langkah
perbaikan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan,
yaitu:
1. Manajemen strategi kepala sekolah di MTs Miftahul Khaer Mare
meliputi perencanaan strategi, pelaksanaan strategi dan evaluasi
strategi.
2. Mutu pendidikan di MTs Miftahul Khaer Mare sudah baik karena
dapat dilihat dari adanya motivasi belajar baik instrinsik maupun
ekstrinsik dari siswa. Kemampuan guru dalam hal kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan
kompetensi sosial. Kurikulum dalam hal mampu membuat siswa
mengerti sistem pendidikan yang diterapkan. Sarana dan prasarana
sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan serta penunjang utama
terselenggaranya suatu proses pendidikan. Partisipasi masyarakat
sebagai sumber pelaksana dan pengguna hasil.
3. Manajemen strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di masa pandemi di MTs Miftahul Khaer Mare sudah
terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya 3 proses
manajemen strategi yaitu: 1) Perencanaan strategi yang mencakup
pengembangan visi, misi, dan tujuan, rencana jangka pendek,
menengah, dan panjang, serta penentuan strategi. 2) Pelaksanaan
strategi yang mencakup menetukan kebijakan sekolah, memotivasi
guru dan staf, serta mengembangkan budaya yang mendukung strategi.
3) Evaluasi strategi yang mencakup usaha-usaha untuk memonitor
seluruh hasil dari pembuatan dan penerapan strategi, mengukur kerja
individu dan sekolah, dan mengambil langkah-langkah perbaikan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Manajemen Strategi Kepala
sekolah dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi di
MTs Miftahul Khaer Mare Kab. Bone, maka saran ysng dapat penulis
sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Kepala sekolah diharapkan tetap memperhatikan dan meningkatkan
proses manajemen strategi di dalam menghadapi kondisi yang bisa
berubah sewaktu-waktu.
2. Kepala sekolah hendaknya tetap berusaha untuk terus memperhatikan
dan memperbaiki kualitas dan mutu pendidikan yang ada, baik di masa
pandemi hingga berakhirnya masa pandemi.
Ketersediaan
| STAR20220404 | 404/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
404/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
