Sosialisasi Produk Dan Jasa Pegadaian Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Muslim Pedesaan (Studi pada PT. Pegadaian, Unit Mare)
Irawati/01.18.5163 - Personal Name
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya sosialisasi produk
dan jasa pegadaian yang dilakukan PT. Pegadaian, Unit Mare dalam meningkatkan
minat masyarakat muslim pedesaan menggunakan jasa pegadaian. Adapun rumusan
masalah dari skripsi ini adalah bagaimana sosialisasi produk dan jasa pegadaian dalam
meningkatkan minat masyarakat muslim pedesaan. Sedangkan tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sosialisasi produk dan jasa
pegadaian dalam meningkatkan minat masyarakat muslim pedesaan.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan
kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan. Data yang
digunakan diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi
data yang digunakan yaitu reduksi data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kegiatan sosialisasi yang
dilakukan pihak pegadaian UPC Mare untuk memperkenalkan produk dan jasanya
dirasa sudah sangat efektif dilihat dari sudah ada beberapa masyarakat yang sangat
antusias untuk mengetahui informasi tentang produk dan jasa yang ada di pegadaian
UPC Mare juga dilihat dari jumlah pertambahan nasabah di pegadaian UPC Mare dari
waktu ke waktu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan
bahwa kegiatan sosialisasi yang dilakukan pihak pegadaian UPC Mare untuk
memperkenalkan produk dan jasanya yaitu dengan melakukan pendekatan dan
pengenalan produk dan jasa untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat muslim
pedesaan, melakukan kegiatan pemasaran baik secara langsung maupun tidak
langsung dan menawarkan pinjaman modal dengan syarat cepat dan mudah.
Kegiatan ini dirasa sudah sangat efektif dilihat dari sudah ada beberapa
masyarakat yang sangat antusias untuk mengetahui informasi tentang produk dan
jasa yang ada di pegadaian UPC Mare juga dilihat dari jumlah pertambahan
nasabah di pegadaian UPC Mare dari waktu ke waktu.
B. Saran
Bagi pegadaian UPC Mare agar tetap konsisten dalam melakukan kegiatan
sosialisasi untuk mengenalkan produk dan jasa pegadaian kepada masyarakat
muslim pedesaan dan berusaha untuk mengjangkau lebih luas target pasaran
dalam melakukan pemasaran produk dan jasa pegadaian agar nasabah terus
bertambah setiap harinya.
Penulis menyadari hasil penelitian ini masih jauh dari kata sempurna dan
masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, diharapkan dapat
dikembangkan oleh peneliti selanjutnya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan dan panduan bagi panduan pegadaian dalam melakukan sosialisasi
untuk meningkatkan minat masyarakat muslim pedesaan di Kecamatan Mare
Kabupaten Bone menggunakan jasa pegadaian.
dan jasa pegadaian yang dilakukan PT. Pegadaian, Unit Mare dalam meningkatkan
minat masyarakat muslim pedesaan menggunakan jasa pegadaian. Adapun rumusan
masalah dari skripsi ini adalah bagaimana sosialisasi produk dan jasa pegadaian dalam
meningkatkan minat masyarakat muslim pedesaan. Sedangkan tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sosialisasi produk dan jasa
pegadaian dalam meningkatkan minat masyarakat muslim pedesaan.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan
kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan. Data yang
digunakan diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi
data yang digunakan yaitu reduksi data.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kegiatan sosialisasi yang
dilakukan pihak pegadaian UPC Mare untuk memperkenalkan produk dan jasanya
dirasa sudah sangat efektif dilihat dari sudah ada beberapa masyarakat yang sangat
antusias untuk mengetahui informasi tentang produk dan jasa yang ada di pegadaian
UPC Mare juga dilihat dari jumlah pertambahan nasabah di pegadaian UPC Mare dari
waktu ke waktu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan
bahwa kegiatan sosialisasi yang dilakukan pihak pegadaian UPC Mare untuk
memperkenalkan produk dan jasanya yaitu dengan melakukan pendekatan dan
pengenalan produk dan jasa untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat muslim
pedesaan, melakukan kegiatan pemasaran baik secara langsung maupun tidak
langsung dan menawarkan pinjaman modal dengan syarat cepat dan mudah.
Kegiatan ini dirasa sudah sangat efektif dilihat dari sudah ada beberapa
masyarakat yang sangat antusias untuk mengetahui informasi tentang produk dan
jasa yang ada di pegadaian UPC Mare juga dilihat dari jumlah pertambahan
nasabah di pegadaian UPC Mare dari waktu ke waktu.
B. Saran
Bagi pegadaian UPC Mare agar tetap konsisten dalam melakukan kegiatan
sosialisasi untuk mengenalkan produk dan jasa pegadaian kepada masyarakat
muslim pedesaan dan berusaha untuk mengjangkau lebih luas target pasaran
dalam melakukan pemasaran produk dan jasa pegadaian agar nasabah terus
bertambah setiap harinya.
Penulis menyadari hasil penelitian ini masih jauh dari kata sempurna dan
masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, diharapkan dapat
dikembangkan oleh peneliti selanjutnya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan
pertimbangan dan panduan bagi panduan pegadaian dalam melakukan sosialisasi
untuk meningkatkan minat masyarakat muslim pedesaan di Kecamatan Mare
Kabupaten Bone menggunakan jasa pegadaian.
Ketersediaan
| SFEBI20220043 | 43/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
43/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
