Pengaruh Keunggulan Produk dan Atribut Keagamaan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone
Faiza/01.18.5092 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Keunggulan Produk dan Atribut
Keagamaan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia di Kab.
Bone. Yang terdiri dari dua rumusan masalah, yaitu 1) apakah terdapat pengaruh
keunggulan produk Bank Syariah Indonesia terhadap kepuasan nasabah; 2)
apakah terdapat pengaruh atribut keagamaan terhadap tingkat kepuasan nasabah
pada Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone. Penelitian ini berjenis kuantitatif
dengan metode lapangan (field research). Populasi dan sampel dalam penelitian
ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone dengan penentuan jenis
sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penggumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuesioner/angket kepada nasabah yang diambil sebankan 91
responden, data yang diambil kemudin diolah dengan alat bantu software E-Views
10. Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu, bahwa hasil dari perhitungan regresi
linier bahwa keunggulan produk (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah (Y) dengan nilai signifikan 0,509 yang dimana lebih besar 0,05. Dan
berdasarkan perhitungan regresi linier dengan hasil yang menunjukkan atribut
keagamaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan
nilai signifikan 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan dalam
Bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari hasil perhitungan regresi linier, maka penelitian dapat menyimpulkan
bahwa keunggulan produk (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah yaitu variabel (Y) dengan nilai sigifikan 0,509 > 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa X1 variabel keunggulan produk tidak berpengaruh
terhadap Y variabel kepuasan nasabah.
2. Berdasarkan perhitungan regresi linier dengan hasil yang menunjukkan
atribut keagamaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa penerapan nilai-nilai islam dapat mempengaruh
nasabah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran diantaranya:
1. Bagi Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone
Sebagai masukan untuk Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone
sebaiknya bank meningkatkan keunggulan produk dan atribut keagmaan
yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Serta menerapkan
prinsip perbankan yang sesuai dengan nilai-nilai islam, agar masyarakat
mudah dalam melakukan transaksi dan nasabah merasa puas dengan yang
diberikan Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone guna untuk meningkatkan
kepuasan nasabah.
2. Bagi Nasabah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan pada
pengetahuan nasabah pada perbankan syariah, dan menambah wawasan
masyarakat sebagai bacaan ilmiah, serta diharapkan agar dapat menjadikan
bank syariah sebagai tempat transaksi serta memgembangkan usaha yang
baik dan sesuai dengan ajaran islam.
3. Bagi Penelitian Selanjutnya
Penelitian berikutnya peneliti diharapkan untuk menambah
beberapa variabel lain yang mempengaruhi kepuasan nasabah, mengingat
masih banyak faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi tingkat kepuasan
dalam suatu perusahaan atau bank, sehingga disarankan bagi penelitian
berikutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh
penulis.
C. Implikasi
Peneltian mengenai pengaruh keunggulan produk dan atribut keagamaan
terhadap kepuasan nasabah pada bank syariah indonesia, memberikan informasi
mengenai keunggulan produk dan atribut keagamaan dalam mempengaruhi
kepuasan terhadap nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan
produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dan atribut keagamaan
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hal ini memiliki manfaat agar
perusahaan atau bank agar mampu memperbaiki keunggulan produk dan atribut
keagamaan jika dianggap masih kurang memuaskan nasabah dan berdampak
kurang baik bagi bank.
Keagamaan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia di Kab.
Bone. Yang terdiri dari dua rumusan masalah, yaitu 1) apakah terdapat pengaruh
keunggulan produk Bank Syariah Indonesia terhadap kepuasan nasabah; 2)
apakah terdapat pengaruh atribut keagamaan terhadap tingkat kepuasan nasabah
pada Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone. Penelitian ini berjenis kuantitatif
dengan metode lapangan (field research). Populasi dan sampel dalam penelitian
ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone dengan penentuan jenis
sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penggumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuesioner/angket kepada nasabah yang diambil sebankan 91
responden, data yang diambil kemudin diolah dengan alat bantu software E-Views
10. Hasil penelitian ini menunjukkan yaitu, bahwa hasil dari perhitungan regresi
linier bahwa keunggulan produk (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah (Y) dengan nilai signifikan 0,509 yang dimana lebih besar 0,05. Dan
berdasarkan perhitungan regresi linier dengan hasil yang menunjukkan atribut
keagamaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan
nilai signifikan 0,000 yang dimana lebih kecil dari 0,05.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan dalam
Bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari hasil perhitungan regresi linier, maka penelitian dapat menyimpulkan
bahwa keunggulan produk (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah yaitu variabel (Y) dengan nilai sigifikan 0,509 > 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa X1 variabel keunggulan produk tidak berpengaruh
terhadap Y variabel kepuasan nasabah.
2. Berdasarkan perhitungan regresi linier dengan hasil yang menunjukkan
atribut keagamaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa penerapan nilai-nilai islam dapat mempengaruh
nasabah.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran diantaranya:
1. Bagi Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone
Sebagai masukan untuk Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone
sebaiknya bank meningkatkan keunggulan produk dan atribut keagmaan
yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Serta menerapkan
prinsip perbankan yang sesuai dengan nilai-nilai islam, agar masyarakat
mudah dalam melakukan transaksi dan nasabah merasa puas dengan yang
diberikan Bank Syariah Indonesia di Kab. Bone guna untuk meningkatkan
kepuasan nasabah.
2. Bagi Nasabah
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan pada
pengetahuan nasabah pada perbankan syariah, dan menambah wawasan
masyarakat sebagai bacaan ilmiah, serta diharapkan agar dapat menjadikan
bank syariah sebagai tempat transaksi serta memgembangkan usaha yang
baik dan sesuai dengan ajaran islam.
3. Bagi Penelitian Selanjutnya
Penelitian berikutnya peneliti diharapkan untuk menambah
beberapa variabel lain yang mempengaruhi kepuasan nasabah, mengingat
masih banyak faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi tingkat kepuasan
dalam suatu perusahaan atau bank, sehingga disarankan bagi penelitian
berikutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh
penulis.
C. Implikasi
Peneltian mengenai pengaruh keunggulan produk dan atribut keagamaan
terhadap kepuasan nasabah pada bank syariah indonesia, memberikan informasi
mengenai keunggulan produk dan atribut keagamaan dalam mempengaruhi
kepuasan terhadap nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan
produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dan atribut keagamaan
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hal ini memiliki manfaat agar
perusahaan atau bank agar mampu memperbaiki keunggulan produk dan atribut
keagamaan jika dianggap masih kurang memuaskan nasabah dan berdampak
kurang baik bagi bank.
Ketersediaan
| SFEBI20220136 | 136/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
136/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
