Strategi Promosi Tabungan Emas Dalam Menarik Minat Nasabah Dalam Perspektif Keuangan Islam (Studi Pada PT.Pegadaian Unit Mare)

No image available for this title
Promosi merupakan salah satu bauran pemasaran yang wajib diterapkan pada
kegiatan marketing terutama yang berkaitan dengan tujuan memperkenalkan produk
baru atau lama yang dihasilkan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat atau
konsumen. Karena tujuan perusahaan untuk menciptakan suatu produk yaitu agar
produk tersebut diminati bahkan laku dikalangan konsumennya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi promosi tabungan emas yang dilakukan oleh PT.
Pegadaian Unit Mare dalam menarik minat nasabah adalah dengan menggunakan
strategi promosi seperti periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan, publisitas
dan hubungan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dari
perusahaan, melalui observasi, wawancara secara langsung dengan karyawan maupun
nasabah dan dokumentasi pada PT. Pegadaian Unit Mare. Berdasarkan hasil
pengumpulan data pada PT. Pegadaian Unit Mare dapat disimpulkan bahwa proses
yang dilakukan menggunakan strategi promosi yaitu periklanan, penjualan langsung,
promosi penjualan, publisitas dan hubungan masyarakat, strategi tempat, harga,
produk dan manfaat. Adapun kendala yaitu tidak adanya marketing khusus sehingga
kurang melakukan sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat sekitar mengenai apa
itu tabungan emas, apa manfaatnya, apa keuntungannya dan lain-lain sehingga masih
banyak masyarakat yang belum mengerti. Karena bagaimana suatu produk itu dapat
dipasarkan sedangkan masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang
produk tabungan emas tersebut.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PT. Pegadaian Unit Mare
mengenai Strategi Promosi Tabungan Emas dalam Menarik Minat Nasabah dalam
Perspektif Keuangan Islam, maka dapat ditarik kesimpulan:
1. Strategi promosi tabungan emas yang dilakukan PT. Pegadaian Unit Mare
ialah dengan menggunakan strategi promosi periklanan, penjualan langsung,
promosi penjualan, publisitas dan hubungan masyarakat. Strategi promosi
pada produk ditujukan dengan adanya inovasi dari produk MULIA yang telah
terdapat pada PT. Pegadaian Unit Mare yaitu produk tabungan emas. Dengan
harga yang murah yaitu setoran awal cuman 10.000 dan terjangkau. Strategi
tempat dilakukan dengan menentukan lokasi yang strategis dan mudah
dijangkau yaitu terletak dipusat kota. Strategi promosi yang paling efektif
dilakukan diantara strategi promosi tersebut ialah periklanan. Serta strategi
promosi yang dilakukan dengan periklanan yaitu mengadakan pembagian
brosur, melalui sosial media, media cetak serta melakukan aktivitas promosi
ke tempat yang berbeda contohnya tempat keramaian, pedesaan juga
perkotaan, ini bertujuan memberikan informasi pada nasabah supaya nantinya
nasabah bisa lebih mengenal produk tabungan emas. Strategi promosi
tabungan emas yang dilakukan pada PT. Pegadaian Unit Mare dalam menarik
minat nasabah telah sesuai yang diharapkan. Strategi promosi tabungan emas
yang dilakukan PT. Pegadaian Unit Mare sudah sesuai dengan prinsip syariah
karena dalam mempromosikan produk tabungan emas tetap memperhatikan
prinsip syariah seperti jujur, tidak menyembunyikan stigma produk, tidak
mengobral sumpah palsu, tidak menjelek-jelekkan atau menjatuhkan produk
saingan, dan menjaga agar selalu memenuhi akad serta kesepakatan kedua
belah pihak.
2. Minat nasabah dalam produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Unit Mare
relatif banyak. Minat nasabah pada produk tabungan emas juga dipengaruhi
oleh beberapa faktor yaitu faktor harga, produk, manfaat, tempat, transaksi
serta mekanisme. Adapun hasil dari pembahasan di atas, faktor yang lebih
berpengaruh terhadap minat nasabah dalam memakai produk tabungan emas
pada PT. Pegadaian Unit Mare merupakan faktor promosi. Dikarenakan
dengan adanya promosi yang dilakukan oleh pihak tempat kerja menggunakan
cara periklanan serta juga penyebaran brosur/pamphlet bisa mengenalkan
produk tabungan emas yang terdapat pada Pegadaian sehingga kita mudah
untuk bisa menawarkan produk pada para calon nasabah.
B. Saran
Bagi PT. Pegadaian Unit Mare dalam memperkenalkan produk tabungan
emas sebaiknya pihak PT. Pegadaian Unit Mare lebih maksimal mencari cara
yang efektif untuk mempromosikan, baik itu melalui periklanan maupun strategi
promosi lainnya. Dan semakin aktif lagi dalam meningkatkan inovasi pada
strategi promosi tabungan emas, sudah terbukti bahwa aktivitas promosi ini bisa
menarik minat nasabah. Akan tetapi para karyawan harus lebih giat lagi dalam
memperkenalkan serta menjelaskan produk-produk yang terdapat pada PT.
Pegadaian Unit Mare kepada masyarakat. Dan harus menguasai benar produk
yang ditawarkan kepada nasabah sehingga akan memudahkan nasabah untuk tahu
lebih jelasnya produk yang ditawarkan tersebut.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi
tabungan emas dalam menarik minat nasabah PT. Pegadaian Unit Mare sudah
bisa dilakukan dengan baik. Hal ini mengandung implikasi bahwa strategi
promosi mempunyai peranan yang sangat penting bagi pencapaian tujuan, sebab
strategi pomosi memberikan arah tindakan dan cara bagaimana tindakan tersebut
harus dilakukan supaya tujuan yang diinginkan bisa tercapai. Melalui strategi
yang tepat, maka diperlukan dapat meningkatkan minat terhadap tabungan emas
yang sesuai dengan hasrat masyarakat tersebut. Faktor produk, harga, dan manfaat
juga mensugesti minat nasabah tabungan emas dikarenakan bila harga serta
manfaat tidak sesuai yang diperlukan nasabah, hal tersebut akan mengurangi
minat masyarakat dalam memilih produk tabungan emas, begitu pula dengan
strategi promosi yang dilakukan bila kurang efektif dan tidak sesuai yang
diharapkan, maka masyarakat akan sulit tertarik untuk memakai produk tabungan
emas tersebut.
Ketersediaan
SFEBI2022007575/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

75/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top