Metode Pendidikan Islam Pada Zaman Nabi Muhammad SAW
Muliamar/02.1510.92 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Metode Pendidikan Islam Pada Zaman Nabi
Muhammad SAW” Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni Bagaimana
metode pendidikan Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW dan Bagaimana
dampak metode pendidikan Islam pada zaman nabi Muhammad SAW terhadap
pendidikan Islam saat ini
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian pustaka (library research) dengan cara pengumpulan data melalui Kutipan
langsung, kutipan tidak langsung serta beberapa Ulasan. Adapun metode pengolahan
data yang digunakan adalah metode Induktif, Metode deduktif dan metode
Komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pertama, Metode pendidikan Islam pada
zaman Nabi Muhammad SAW ada beberapa yang digunakan yakni metode diskusi,
metode ceramah, metode pemberian hadiah, metode deduktif, metode nasihat, metode
kisah, dan metode keteladanan. Kedua, Dampak metode pendidikan Islam pada
zaman nabi Muhammad SAW terhadap pendidikan Islam saat ini yakni pendidik
mampu menyesuaikan metode yang digunakan sesuai dengan materi ajar, tujuan,
perbedaan individu, kemampuan guru, sifat bahan pelajaran, situasi kelas,
kelengkapan fasilitas, dan kelebihan serta kelemahan metode pengajaran. Serta yang
terpenting bahwa tidak ada metode yang paling ideal, karena setiap metode
mempunyai karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya masing-masing, oleh karena
itu dalam proses pembelajaran di lapangan, pendidiklah yang paling mengetahui
metode-metode apa saja yang sesuai dan tepat untuk diterapkan kepada siswanya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil kajian diatas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa ada
dua yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini yaitu:
1. Metode pendidikan Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW ada
beberapa yang digunakan yakni metode diskusi, metode ceramah, metode
pemberian hadiah, metode deduktif, metode nasihat, metode kisah, dan
metode keteladanan.
2. Dampak metode pendidikan Islam pada zaman nabi Muhammad SAW
terhadap pendidikan Islam saat ini yakni Sepanjang pendidik mampu
menyesuaikan metode yang digunakan sesuai dengan materi ajar, tujuan,
perbedaan individu, kemampuan guru, sifat bahan pelajaran, situasi kelas,
kelengkapan fasilitas, dan kelebihan serta kelemahan metode pengajaran.
Serta yang terpenting bahwa tidak ada metode yang paling ideal, karena
setiap metode mempunyai karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya
masing-masing, oleh karena itu dalam proses pembelaj aran di lapangan,
pendidiklah yang paling mengetahui metode-metode apa saja yang sesuai
dan tepat untuk diterapkan kepada siswanya.
B. Implikasi
1. Bagi pendidik
Hendaknya pendidik menerapkan metode mengajar yang dilakukan Nabi
Muhammad SAW. Dengan kepribadian yang pantas untuk dijadikan
teladan dan penerapan metode belajar yang memadai, Rasulullah mampu
menciptakan generasi dan lingkungan yang bernuansa penuh keilmuan,
akhlak yang mulia, dan ber-agama. Sehingga tercipta tujuan pendidikan
yang dapat berpengaruh positif pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu
sebaiknya pendidik memiliki metode mengajar yang dapat meneladani
Nabi Muhammad SAW.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Pembahasan peneliti dalam penelitian ini hanya dalam mengungkap
variasi metode pengajaran Nabi Muhammad SAW bersama dengan para
sahabat. Sehingga untuk penelitian selanjutnya yang hendak meneliti
masalah ini, selayaknya dapat mengembangkan pembahasan yang lebih
dalam lagi sehingga lebih komprehensif. Atau membahas lebih kepada
tekhnik, model atas strategi yang lebih luas. Sebab, selama penulis
meneliti masih jarang sekali pembahasan penelitian tentang metode,
pengajaran, atau pembelajaran Nabi Muhammad SAW.
Muhammad SAW” Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni Bagaimana
metode pendidikan Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW dan Bagaimana
dampak metode pendidikan Islam pada zaman nabi Muhammad SAW terhadap
pendidikan Islam saat ini
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian pustaka (library research) dengan cara pengumpulan data melalui Kutipan
langsung, kutipan tidak langsung serta beberapa Ulasan. Adapun metode pengolahan
data yang digunakan adalah metode Induktif, Metode deduktif dan metode
Komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pertama, Metode pendidikan Islam pada
zaman Nabi Muhammad SAW ada beberapa yang digunakan yakni metode diskusi,
metode ceramah, metode pemberian hadiah, metode deduktif, metode nasihat, metode
kisah, dan metode keteladanan. Kedua, Dampak metode pendidikan Islam pada
zaman nabi Muhammad SAW terhadap pendidikan Islam saat ini yakni pendidik
mampu menyesuaikan metode yang digunakan sesuai dengan materi ajar, tujuan,
perbedaan individu, kemampuan guru, sifat bahan pelajaran, situasi kelas,
kelengkapan fasilitas, dan kelebihan serta kelemahan metode pengajaran. Serta yang
terpenting bahwa tidak ada metode yang paling ideal, karena setiap metode
mempunyai karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya masing-masing, oleh karena
itu dalam proses pembelajaran di lapangan, pendidiklah yang paling mengetahui
metode-metode apa saja yang sesuai dan tepat untuk diterapkan kepada siswanya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil kajian diatas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa ada
dua yang menjadi kesimpulan dalam penelitian ini yaitu:
1. Metode pendidikan Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW ada
beberapa yang digunakan yakni metode diskusi, metode ceramah, metode
pemberian hadiah, metode deduktif, metode nasihat, metode kisah, dan
metode keteladanan.
2. Dampak metode pendidikan Islam pada zaman nabi Muhammad SAW
terhadap pendidikan Islam saat ini yakni Sepanjang pendidik mampu
menyesuaikan metode yang digunakan sesuai dengan materi ajar, tujuan,
perbedaan individu, kemampuan guru, sifat bahan pelajaran, situasi kelas,
kelengkapan fasilitas, dan kelebihan serta kelemahan metode pengajaran.
Serta yang terpenting bahwa tidak ada metode yang paling ideal, karena
setiap metode mempunyai karakteristik, kelebihan, dan kelemahannya
masing-masing, oleh karena itu dalam proses pembelaj aran di lapangan,
pendidiklah yang paling mengetahui metode-metode apa saja yang sesuai
dan tepat untuk diterapkan kepada siswanya.
B. Implikasi
1. Bagi pendidik
Hendaknya pendidik menerapkan metode mengajar yang dilakukan Nabi
Muhammad SAW. Dengan kepribadian yang pantas untuk dijadikan
teladan dan penerapan metode belajar yang memadai, Rasulullah mampu
menciptakan generasi dan lingkungan yang bernuansa penuh keilmuan,
akhlak yang mulia, dan ber-agama. Sehingga tercipta tujuan pendidikan
yang dapat berpengaruh positif pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu
sebaiknya pendidik memiliki metode mengajar yang dapat meneladani
Nabi Muhammad SAW.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Pembahasan peneliti dalam penelitian ini hanya dalam mengungkap
variasi metode pengajaran Nabi Muhammad SAW bersama dengan para
sahabat. Sehingga untuk penelitian selanjutnya yang hendak meneliti
masalah ini, selayaknya dapat mengembangkan pembahasan yang lebih
dalam lagi sehingga lebih komprehensif. Atau membahas lebih kepada
tekhnik, model atas strategi yang lebih luas. Sebab, selama penulis
meneliti masih jarang sekali pembahasan penelitian tentang metode,
pengajaran, atau pembelajaran Nabi Muhammad SAW.
Ketersediaan
| STAR20190320 | 320/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
320/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
